Kamis, 18 Oktober 2018

Bahas Soal Bank Banten, Gubernur Temui Dirut BRI

[Foto Istimewa]
Minggu, 12 Agt 2018 | 20:01 WIB - Serang Ekonomi & Bisnis

lBC, Serang - Gubernur Banten Wahidin Halim melakukan kunjungan dan pertemuan dengan Direktur Utama PT. Bank rakyat Indonesia (BRI) Suprajarto di Gedung BRI 1 Jalan Jendral Sudirman kav 44-46 Semanggi,  Jakarta pada Jum’at, 10 Agustus 2018. Pembicaraan dalam pertemuan tersebut lebih banyak membahas persoalan seputar Bank Banten.

Selain persoalan Bank Banten Gubernur Banten juga membahas tindak lanjut Nota Kesepahaman (MoU) Provinsi Banten dengan BRI yang selama ini telah disepakati bersama. Menurut Gubernur, persoalan Bank Banten sebagai bank Pembangunan Daerah yang saat ini banyak mendapat sorotan dari sejumlah pihak, karena keberadaan BPD dinilai harus dapat menjadi instrumen bagi peningkatan pembangunan ekonomi di daerah. 

“Salah satu Indikasinya adalah tingginya penempatan dana BPD dalam bentuk Sertifikat Bank Indonesia (SBI) yang pada umumnya berasal dari Pemerintah Daerah (Pemda) dan dana Pemda (APBD) tersebut sebagian merupakan dari alokasi dari APBN,” kata Gubernur.

Hal itu disampaikan dalam siaran pers melalui Bidang Aplikasi Informatika dan Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Provinsi Banten pada Minggu, 12 Agustus 2018.

Selanjutnya, Gubernur menyatakan jika Bank Banten  memiliki relasi yang tidak dapat dipisahkan dengan perekonomian daerah. Selain menjalankan kegiatan bank umum, Bank Banten juga berfungsi sebagai kasir Pemda, seperti dana realisasi APBD, karena sebagian besar merupakan dana milik pemerintah, khususnya Pemprov Banten. 

“Dan saat ini Bank Banten perlu modal dan tambahan dana. Sementara dana APBD yang ada harus tetap dapat menjalankan urusan wajib dan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang selama ini diprioritaskan, seperti Pendidikan, Kesehatan dan Infrastruktur serta program pembangunan lainnya,”ungkap gubernur.  

Pertemuan dengan Dirut BRI adalah salah satu upaya Gubernur Banten dalam menyehatkan Bank Banten. Sebelumnya Pemprov Banten juga telah mengirimkan surat untuk meminta pendapat dan rekomendasi dari KPK terkait hal ini.

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Bahas Soal Bank Banten, Gubernur Temui Dirut BRI

PEMERINTAHAN

210 dibaca
ASN Pemprov Banten jangan Main-main dalam Absen
270 dibaca
HUT Ke-492, Pemkab Serang Diminta Perkuat Ekonomi Desa
247 dibaca
Dilantik, Pj Walikota Serang Diminta Perbaiki Jalan

POLITIK

129 dibaca
Pemilu 2019, Andika Ajak Masyarakat Cek Data Diri Sebagai Pemilih
415 dibaca
Ratusan Buruh Cikoja Deklarasi Pemilu Damai 2019
323 dibaca
Serempak di 29 Kecamatan, KPU Kabupaten Serang Lakukan GMHP

HUKUM & KRIMINAL

288 dibaca
6 Oknum Anggota Ormas Pengeroyok Polisi Terancam 7 Tahun Penjara
311 dibaca
Pengguna dan Pengedar Narkotika, Tiga Warga Cilegon Diringkus
216 dibaca
Alfamart Dibobol Maling, Uang Rp60 Juta Raib

PERISTIWA

156 dibaca
Polres Serang Kota Sita 3500 Lebih Botol Miras
184 dibaca
Tim PFA Dompet Dhuafa Pulihkan Anak-anak Pasca Gempa-Tsunami Sulteng
219 dibaca
Warga Petir Ditemukan Tewas Gantung Diri

EKONOMI & BISNIS

170 dibaca
MoU dengan DP3AKKB, Bank Banten Dukung Pemberdayaan Perempuan
181 dibaca
Andika Launching Toko Online Industri Rumahan Sijelita
Top