Senin, 10 Desember 2018

Bahas Soal Bank Banten, Gubernur Temui Dirut BRI

[Foto Istimewa]
Minggu, 12 Agt 2018 | 20:01 WIB - Serang Ekonomi & Bisnis

lBC, Serang - Gubernur Banten Wahidin Halim melakukan kunjungan dan pertemuan dengan Direktur Utama PT. Bank rakyat Indonesia (BRI) Suprajarto di Gedung BRI 1 Jalan Jendral Sudirman kav 44-46 Semanggi,  Jakarta pada Jum’at, 10 Agustus 2018. Pembicaraan dalam pertemuan tersebut lebih banyak membahas persoalan seputar Bank Banten.

Selain persoalan Bank Banten Gubernur Banten juga membahas tindak lanjut Nota Kesepahaman (MoU) Provinsi Banten dengan BRI yang selama ini telah disepakati bersama. Menurut Gubernur, persoalan Bank Banten sebagai bank Pembangunan Daerah yang saat ini banyak mendapat sorotan dari sejumlah pihak, karena keberadaan BPD dinilai harus dapat menjadi instrumen bagi peningkatan pembangunan ekonomi di daerah. 

“Salah satu Indikasinya adalah tingginya penempatan dana BPD dalam bentuk Sertifikat Bank Indonesia (SBI) yang pada umumnya berasal dari Pemerintah Daerah (Pemda) dan dana Pemda (APBD) tersebut sebagian merupakan dari alokasi dari APBN,” kata Gubernur.

Hal itu disampaikan dalam siaran pers melalui Bidang Aplikasi Informatika dan Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Provinsi Banten pada Minggu, 12 Agustus 2018.

Selanjutnya, Gubernur menyatakan jika Bank Banten  memiliki relasi yang tidak dapat dipisahkan dengan perekonomian daerah. Selain menjalankan kegiatan bank umum, Bank Banten juga berfungsi sebagai kasir Pemda, seperti dana realisasi APBD, karena sebagian besar merupakan dana milik pemerintah, khususnya Pemprov Banten. 

“Dan saat ini Bank Banten perlu modal dan tambahan dana. Sementara dana APBD yang ada harus tetap dapat menjalankan urusan wajib dan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang selama ini diprioritaskan, seperti Pendidikan, Kesehatan dan Infrastruktur serta program pembangunan lainnya,”ungkap gubernur.  

Pertemuan dengan Dirut BRI adalah salah satu upaya Gubernur Banten dalam menyehatkan Bank Banten. Sebelumnya Pemprov Banten juga telah mengirimkan surat untuk meminta pendapat dan rekomendasi dari KPK terkait hal ini.

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Bahas Soal Bank Banten, Gubernur Temui Dirut BRI

PEMERINTAHAN

2605 dibaca
Gaji Guru Naik Meningkatkan Kualitas Pendidikan dan Menekan Angka Pengangguran
303 dibaca
Walikota dan Wakil Walikota Serang Periode 2018-2023 Dilantik
337 dibaca
Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Pemkot Cilegon 2018
bkdcilegon

POLITIK

208 dibaca
Bahas Pemilu 2019 Damai di Banten
347 dibaca
Di Sertijab Danrem, Wagub Banten Ingatkan TNI Soal Pemilu 2019

HUKUM & KRIMINAL

251 dibaca
Meresahkan, Tiga Warga Lebak Tersangka Curanmor Diringkus
323 dibaca
Di Pandeglang, Seorang Anak Bacok Ibu Tirinya Hingga Meninggal

PERISTIWA

230 dibaca
Naik Tipe, Polda Banten Diminta Tingkatkan Kamtibmas
256 dibaca
Kapolri Resmikan Kenaikan Tipologi Polda Banten dari Tipe B ke Tipe A

EKONOMI & BISNIS

151 dibaca
Dishub Kota Serang Diminta Tertibkan Trayek Angkum
207 dibaca
Andika Janji Naikan Uang Saku dan Transportasi Penyuluh Pertanian
Top