Sabtu, 20 April 2024

SMEA Korpri Rangkasbitung Nasibmu Dulu, Kini dan Nanti

Nurwata Wiguna, ketua IKA SMERIKAS ketika memberikan sambutan.(Foto-Fahdi Khalid/inilahbanten)
Minggu, 04 Mar 2018 | 16:01 WIB - Lebak Pendidikan

IBC, Lebak-Periode tahun 1980 sampai 1990 an, di jalan Siliwangi Pasir Ona Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, dulu pernah berdiri tegak sebuah sekolah menengah kejuruan yang menjadi tujuan para siswa yang telah lulus menempuh pendidikan tingkat SLTP.   Sekolah tersebut  adalah   Sekolah Menengah Ekonomi Atas (SMEA) Korpri yang kemudian berganti nama  menjadi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Korpri itu pernah menjadi destinasi atau tujuan  para pelajar SLTP yang melanjutkan studi ke jengjang selanjutnya.

            Saat itu, pada periodde 1980-1990 an, SMK Korpri memiliki siswa dari berbagai daerah  di berbagai pelosok Kabupaten Lebak, mulai dari Kecamatan Cibeber, Bayah, Panggarangan, Malingping, Cipanas, Maja, Muncang dan lainnya. Dulu, mereka para siswa dengan bangganya menyebutkan jika mereka mengaku sedang mengenyam pendidikan di SMK Korpri Rangkasbitung.

            Namun, memasuki tahun 2000 an, SMK Korpri mulai sepi peminat. Lantaran berbagai faktor yang menyebabkan calon siswa enggan memasuki sekolah tersebut, bukan karena kualitas mutu pengajarnya yang di bawah standar, akan tetapi keberadaan sekolah menengah di berbagai Kecamatan ikut menjadi peran utama merosotnya jumlah siswa di SMK Korpri Rangkasbitung.

            Sehingga saat ini, kejayaan dan saksi bisu keberadaan SMK Korpri Rangkasbitung itu adalah sisa sisa bangunan yang sebagian sudah rapuh di makan usia. Namun kondisi bangunan  tersebut seolah olah menegaskan kepada masyarakat tentang keberadaan sekolah  itu yang pernah menjadi kebanggaan masyarakat Lebak.

            Melihat kondisi sekolah kebanggaanya  itu dalam keadaan yang memprihatinkan, para alumni yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Alumni  SMEAK/SMK Korpri Rangkasbitung (IKA SMERIKAS), mencoba untuk mengetuk hati para alumni dan mantan civitas akademik lainnya untuk mencoba menghidupkan kembali sekolah kebanggaanya tersebut.

            “Melalui kegiatan yang di bungkus dengan acara silaturahmi dan diskusi temu alumni serta reuni akbar angkatan 1980-2015 ini, kami mencoba untuk kembali membangkitkan gairah agar sekolah kita ini bisa bangkit kembali dan hadir ditengah tengah masyarakat dalam rangka mencerdaskan masyarakat,”kata Nurwata Wiguna,  ketua IKA SMERIKAS, dalam sambutannya, Minggu 4- Maret-2018.

            Dalam acara reuni akbar ini kata Nurwata, pihaknya ingin mendeklarasikan tekad untuk mengembangkan dan mendirikan kembali sekolahnya dilandasi oleh kecintaan dan keperdulian terhadap almamater, dengan berbagai upaya diantaranya mendorong dan mendukung segala keputusan pengurus yayasan Korpri Kabupaten Lebak untuk melakukan penataan kembali atau restrukturisasi kepengurusan saat ini.

            Selain itu juga pihaknya mendorong dan mendukung segala keputusan pengurus yayasan Korpri untuk mengaktifkan kembali izin operasional SMK Korpri Rangkasbitung,”Untuk memberikan stimulus kepada pihak yayasan, kita saat ini telah mempunyai murid murid lagi, bahkan kami namakan gerenasi Milenial SMK Korpri. Meskipun jumlahya baru sekitar 15-19 orang, namun mudah mudahan hal tersebut menjadi semangat serta dorongan agar pihak yayasan mau mengaktifkan lagi sekolah kita,”tutur Nurwata.

            Sementara itu, kepala dinas Pendidikan Kabupaten Lebak, Wawan Ruswandi kepada wartawan mengatakan, mudah mudahan pada tahun 2018 ini SMK Korpri bisa kembali beroperasi,”Insyaallah tahun ini mudah mudahan SMK Korpri bisa kembali beroperasi,”kata wawan dalam pesan Whatapp-nya.

 

Reporter: Fahdi Khalid
Redaktur: Akew
Bagikan:

KOMENTAR

SMEA Korpri Rangkasbitung Nasibmu Dulu, Kini dan Nanti
aulmummc zf

INILAH SERANG

3620 dibaca
Diduga, Rumah Warga Cikande Dibakar Kawanan Maling

HUKUM & KRIMINAL

2015 dibaca
HUT Lantas Ke 62, Polres Lebak Gelar Khitanan Masal

POLITIK

1628 dibaca
18 Parpol Dinyatakan Lengkap Oleh KPU Pandeglang, Ini Daftarnya
Top