Kamis, 15 April 2021

Diperlukan Komitmen Bersama dalam Penataan Pariwisata di Banten

Suasana pertemuan Pengurus ASITA Banten di kantor Dinas Pariwisata Provinsi Banten, KP3B Curug, Kota Serang pada Jumat, 3 Februari 2017. (Foto:InilahBanten/Ahmad Udi)
Jumat, 03 Feb 2017 | 22:39 WIB - Banten Serang Wisata

IB, Serang--Penataan pariwisata di Provinsi Banten memerlukan komitmen bersama seluruh pihak. Tidak hanya pemerintah melalui dinas pariwisata, melainkan stakeholder terkait seperti Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) juga sangat penting perannya dalam memajukan pariwisata Banten. 

"ASITA sebagai pelaku industri diharapkan berkontribusi positif dalam pengembangan pariwisata di Banten. Ini juga sejalan dengan komitmen Presiden Jokowi di yang menargetkan 15 juta kunjungan wisatawan pada tahun 2017. Paling tidak Banten juga harus berkontribusi dalam memenuhi target tersebut," ungkap Kepala Dinas Pariwisata Banten usai bertemu dengan Pengurus ASITA Banten di kantor Dinas Pariwisata Provinsi Banten, KP3B Curug, Kota Serang pada Jumat, 3 Februari 2017.

Menurutnya, kehadiran ASITA di Povinsi Banten juga diharapkan berperan dalam mempromosikan dan mendatangkan wisatawan ke Banten. Tidak hanya dari dalam negeri, melainkan wisatawan asing dari luar negeri juga bisa diajak untuk menikmati keindahan Banten.

"Kami berharap ASITA bisa mendatangkan wisatawan sebanyak-banyaknya. Karena data dari kementrian pariwisata wisatawan dari luar negeri misalnya masih terfokus datang ke Bali. Padahal Banten tidak kalah indahnya dengan Bali ," katanya. 

Ketua ASITA Banten Mukhlis Ikhsor Gatot mengakui kurang optimalnya pariwisata di Banten salah satunya disebabkan belum optimalnya Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD). Selanjutnya dijelaskan pula terkait keberadaan ASITA sampai saat ini, tambah Mukhlis masih fokus dalam  mendatangkan wisatawan domestik dari daerah lain. Meski diakui wisatawan asing juga terus kami ajak untuk menikmati keindahan Banten dan ASITA sudah bekerjasama dg Asosiasi Travel Agen dr negara lain.

"Untuk wisman kami baru promosi ke sejumlah negara di Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapore, Thailand dan Negara lainnya. Namun saat ini kami mulai marketing dari negara lain seperti Tiongkok," kata Mukhlis.

Reporter: Ahmad Udi
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Diperlukan Komitmen Bersama dalam Penataan Pariwisata di Banten

BERITA TERKAIT

pa aef

INILAH SERANG

65 dibaca
Beli Sabu Patungan, Dua Sekawan Dicokok Polres Serang
126 dibaca
Supporter Bola dan Club Motor Sepakat Jaga KondusivitasRamadhan

HUKUM & KRIMINAL

65 dibaca
Beli Sabu Patungan, Dua Sekawan Dicokok Polres Serang
119 dibaca
Lagi, Polres Serang Ringkus Penjual Obat Tramadol dan Hexymer

POLITIK

201 dibaca
Antisipasi Kerawanan Pilkades, Pemkab Serang Lakukan Pemetaan
759 dibaca
Ngopi Bareng Kapolres, Apdesi dan DPMD Bahas Pilkades Aman, Damai dan Sehat

PENDIDIKAN

424 dibaca
Mendikbud: Sekolah Diperbolehkan Belajar Tatap Muka Terbatas
549 dibaca
Pemkab Serang Akan Tingkatkan Penerima dan Insentif Guru Paud
Top