Selasa, 11 Agustus 2020

Didemo Penuh Emosi, Bupati Serang Malah Hadapi Santai di Pendopo

Senin, 20 Jul 2020 | 20:52 WIB - Serang Peristiwa

lBC, Serang - Tiga orang demonstran yang mengatasnamakan Fraksi Ciujung secara mendadak menggelar aksi di depan Pendopo Bupati Serang pada Senin, 20 Juli 2020. Selain tanpa izin, kehadiran mereka membuat ricuh sekitar pendopo karena saat bersamaan ada kunjungan kerja dari Komisi II DPR RI.

Sikap demonstrans dengan teriakan-teriakan dan penuh emosional, ternyata ditanggapi santai Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah. Usai wawancara dengan wartawan perihal kunjungan DPR, Tatu malah mengajak para demonstrans untuk diskusi di dalam Pendopo.

“Sini masuk aja mas ke Pendopo, jangan di situ nanti menghalangi jalan yang mau lewat,” ajak Tatu kepada pendemo. Permintaan Tatu tersebut sempat ditolak demonstran. Apalagi beberapa petugas keamanan tersulut emosi dan hendak mengusir mereka.

“Udah biarin, ajak masuk ada ke Pendopo. Kita diskusikan di dalam,” ujar Tatu. Permintaan tersebut akhirnya disetujui para demonstran. Mereka pun berdiskusi langsung dengan pimpinan tertinggi di Kabupaten Serang tersebut.

“Sebetulnya, jika ada persoalan apap un tinggal duduk bersama di sini (pendopo) dan mencari solusi bersama,” ujar Tatu saat menerima ketiga pendemo di dalam Pendopo Bupati.

Menurutnya, persoalan kali Ciujung merupakan kewenangan antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Banten, dan Pemkab Serang. “Kami sudah melakukan upaya yang sudah menjadi kewenangan kami. Bahkan ada perusahaan yang kami bawa ke meja hijau karena persoalan tersebut (pencemaran lingkungan). Bahkan sejumlah perusahaan sudah kena sanksi,” tegas Tatu.

Persoalan Sungai Ciujung sendiri sudah berlangsung lama, sebelum Kabupaten Serang dipimpin Ratu Tatu. Persoalan yang paling krusial adalah, adanya sedimentasi atau pendangkalan di hilir Sungai Ciujung. Saat kemarau, aliran Ciujung tidak mengalir dengan normal.

Tatu meminta, seluruh kalangan beregerak untuk mencari solusi bersama guna menyelesaikan persoalan sungai Ciujung dengan melibatkan akademisi,  perusahaan, masyarakat, dan pemerintah. “Kami selalu  meminta masukan dari perguruan tinggi juga untuk mengawal program yang kami jalankan agar terlaksana dengan baik,” tegas Tatu.

Pihaknya juga menerima masukan Fraksi Ciujung untuk membentuk Satgas Sungai Ciujung sebagai salah satu  solusi persoalan tersebut. “Kami juga sangat terbuka dan solusi tersebut. Kami lakukan di Tanara yang sudah dibuatkan Surat Keputusan (SK) Ciujung Institut dengan melibatkan masyarakat. Intinya Kami sangat terbuka,” tegasnya.

Ia juga berharap, masyarakat selalu terlibat dalam setiap program yang dijalankan oleh Pemkab Serang melalui tahapan yang disediakan. Ia pun meminta para demonstran untuk melakukan aksi dengan sopan dan damai. “Jika tidak duduk bersama, maka tidak akan ada solusi. Jika saling emosi, bukan solusi yang didapatkan,” ungkap Tatu.

Sementara itu, salah satu demonstran, Ridho Rifaldi meminta Pemkab Serang membentuk Satgas Sungai Ciujung agar masalah yang terjadi tuntas terselesaikan. “Kami minta agar dbuatkan satgas  untuk menanggulangi Sungai Ciujung,” kata Ridho.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Didemo Penuh Emosi, Bupati Serang Malah Hadapi Santai di Pendopo

PEMERINTAHAN

137 dibaca
Permudah Koordinasi, Ombudsman Banten Kunjungi Pemkab Serang
224 dibaca
Pemkot Bengkulu dan Pemkab Serang MoU Program Keagamaan

POLITIK

251 dibaca
Siap Menangkan Tatu-Pandji, Barata Fokus Perkuat Akar Rumput
134 dibaca
FSKP Baros Bantah Dukung Nasrul-Eki di Pilkada Kabupaten Serang
193 dibaca
Relawan Baret Sebut Tatu-Pandji Terbukti, Tak Mau Coba-coba

HUKUM & KRIMINAL

278 dibaca
Polda Banten Gagalkan Penyelundupan 150 Kg Ganja di Tol Tangerang-Merak
365 dibaca
Duh, Bocah 13 Tahun di Pontang Dicabuli Ayah Tirinya

PERISTIWA

331 dibaca
Simulasi, Polisi Tangani Gangguan Pilkada Kabupaten Serang
2414 dibaca
Ustadz di Pontang Meninggal Dunia Saat Menyembelih Hewan Kurban

EKONOMI & BISNIS

182 dibaca
Shopee Ikut Serta dalam ASEAN Online Sale Day 2020
216 dibaca
Atasi Kelangkaan LPG Melon, Pertamina Gerak Cepat
Top