Senin, 01 Juni 2020

Calon Anggota DPRD Kabupaten Serang Terpilih dari PKB Dibatalkan

[Foto InilahBanten/Arif Soleh]
Minggu, 11 Agt 2019 | 22:06 WIB - Serang Politik

lBC, Serang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar Rapat Pleno Penetapan perolehan kursi parpol dan calon terpilih Anggota DPRD Kabupaten Serang pada Pemilihan Umum 2019 di salah satu hotel di Kecamatan Waringin Kurung pada Sabtu, 10 Agustus 2019. Calon terpilih dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) daerah pemilihan (dapil) satu, Abdul Gofur dibatalkan digantikan oleh Abdul Kholik.

Abdul Gofur sempat menyatakan keberatan atas penetapan tersebut usai Komisioner KPU selesai membacakan calon anggota DPRD Kabupaten Serang terpilih. Gofur menyatakan keberatan karena di dapil 1 seharusnya dirinyalah yang lolos, namun ternyata KPU menetapkan orang lain, Abdul Kholik.

hvMeski awalnya meminta penetapan ditunda, akhirnya Gofur yang saat ini masih duduk sebagai Anggota DPRD Kabupaten Serang mempersilahkan penetapan dilanjutkan.

Namun dirinya akan mengambil langkah ke jalur hukum.

“Walaupun menolak kita tidak bisa menghentikan karena mereka (KPU) diancam pidana jika seandainya mereka tidak menetapkan hari ini. Jadi kami menerima penetapan hari ini. Tapi, saya akan mengambil langkah-langkah hukum melalui kuasa hukum dari lembaga bantuan hukum Ansor,”ujarnya kepada wartawan.

Baca juga: 50 Calon Anggota DPRD Kabupaten Serang Terpilih Ditetapkan

Menanggapi hal tersebut Ketua KPU Kabupaten Serang, Abidin Nasyar mempersilahkan jika pihak Abdul Gofur mengambil langkah hukum lain. “Saya kira itu hak beliau, karena kami melaksanakan perintah dari KPU RI dan KPU Provinsi. Karena memang itu terkait putusan pengadilan tinjauan kita,”ujarnya.

Sebelum penetapan, sambung Abidin, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan KPU RI dan Provinsi. Pada intinya, apa yang dilakukan KPU berdasarkan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan PKPU.

Ditanya alasan kuat dengan dibatalkannya Abdul Gofur sebagai Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Serang adanya putusan inkrah dari pengadilan terkait pidana pemilu.

“Tidak menyertakan Abdul Gofur karena ada putusan inkrah pengadilan meskipun Abdul Gofur tidak menjalani hukuman. Yang jelas putusan inkrah dari pengadilan masuk kepada pidana pemilu,”tegas Abidin.

Abidin mempersilahkan, apabila ada pihak yang keberatan silahkan mengambil langkah hukum yang lain, karena tahapan tetap berjalan. “Karena setelah ini kita akan mengajukan ke pemda mengagendakan pelantikan calon terpilih,”tutup Abidin.

Diketahui sebelumnya Calon anggota legislatif (caleg) DPRD Kabupaten Serang Abdul Gofur divonis pidana tiga bulan penjara dengan percobaan selama enam bulan. Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu dinilai bersalah berkampanye di tempat ibadah.

Perbuatan Abdul Gofur dinilai telah melanggar Pasal 521 jo Pasal 280 ayat (1) huruf h UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Abdul Gofur dengan pidana penjara selama 3 bulan dengan masa percobaan selama 6 bulan dan denda Rp5 juta subsider satu bulan kurungan,” ujar Ketua Majelis Hakim Muhammad Ramdes saat membacakan amar putusan di Pengadilan Negeri (PN) Serang pada Jumat, 10 Mei 2019.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Calon Anggota DPRD Kabupaten Serang Terpilih dari PKB Dibatalkan

PEMERINTAHAN

182 dibaca
Pakai Protokol Kesehatan, Pemkab Serang Gelar Halabihalal Terbatas
593 dibaca
Pemkab Serang Bentuk Satgas Ketahanan Pangan Daerah

POLITIK

1110 dibaca
DPP Serahkan ke DPD Gerindra Banten Tentukan Balon Kada
1196 dibaca
PDIP Usulkan Tatu-Pandji di Pilkada Kabupaten Serang 2020

HUKUM & KRIMINAL

111 dibaca
Salah Sasaran, Warga Tanara Kena Bacok
67 dibaca
Kantongi Sabu, Seorang Pemuda di Cilegon Diciduk Polisi

PERISTIWA

85 dibaca
Diduga Stres, Mahasiswi Bina Bangsa Gantung Diri
542 dibaca
Warga Curug Ditemukan Tewas Mengambang di Sungai

EKONOMI & BISNIS

531 dibaca
Sekretaris Bapenda: Bank Banten Gagal Bayar Disebabkan Utang ASN dan DPRD
582 dibaca
Bupati Serang Sebut Bantuan Beras Harus Serap Petani Lokal
Top