Minggu, 15 Desember 2019

Bantu Promosi, Distan Kabupaten Serang Gelar Pasar Tani

Sekda Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri disela-sela memantau pasar tani pada Jumat, 9 Agustus 2019.[Foto: InilahBanten/Arif Soleh]
Jumat, 09 Agt 2019 | 20:54 WIB - Serang Ekonomi & Bisnis

lBC, Serang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui Dinas Pertanian (Distan) mengadakan pasar tani di depan pendopo bupati pada Jum’at, 9 Agustus 2019. Dalam rangka membantu para petani dengan mempromosikan hasil pertaniannya kepada masyarakat umum.

“Kegiatan ini untuk membantu para petani memasarkan produk mereka agar lebih mudah kepada masyarakat khususnya ASN Pemda Serang. Sepertinya ini sangat baik respon masyarakat utamanya ASN, apalagi ini menjelang Hari Raya Idul Adha,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri disela-sela memantau pasar tani.

Dia menyarankan, kegiatan pasar tani yang digelar Pemkab Serang harus di rutinkan karena mempunyai dampak yang sangat signifikan terhadap para petani untuk memasarakn produknya. Dengan di fasilitasi dinas pertanian dipasarkan kepada masyarakat umum khususnya ASN.

“Sebelum di adakan pasar tani ini dinas pertanian juga juga mempromosikan terlebih dahulu melalui media sosial. Saya berharap ada event apel yang banyak pesertanya ini harus dilakukan rutin, apakah satu bulan sekali, atau tiga bulan sekali tidak hanya menjelang Hari Raya Idul Adha saja,”pesan Entus. Dia meyakini, jika bertepatan dengan hari apel karena tujuannya memasarkan produk petani terlepas konsumennya siapa itu akan laku juga.

Senada dikatakan Kepala Distan Kabupaten Serang, Dadang Hermawan. Katanya, pasar tani dalam rangka menampung produk petani yang ada di Kabupaten Serang menjelang Idul adha bisa memberikan kebutuhan Idul Adha. Pihak Distan menampung semua produk yang ada hasil para petani.

“Ini bisa menambah pendapatan petani karena memang mereka kesulitan untuk memasarkannya. Produk petani ini cukup banyak, belum keseluruhan ini sedang mencoba bagaimana respon masyarakat. Kalau harga, harga pasar umum,”ujarnya.

“Kita usahakan harganya seperti di pasar umum, seperti telor kerjasama dengan perusahaan yang di Cikande meski mereka sudah bisa ekspor,”terang Dadang.

Sedangkan harapannya dengan digelarnya pasar tani, Dadang menjelaskan secara filosofinya dari kita oleh kita untuk kita. “Bahwa kita di Kabupaten Serang semua produk ada, agar masyarakat luas juga banyak yang tahu,”katanya.

Dengan responnya bagus banyak masyarakat yang datang, Dadang mengupayakan akan dilakukan secara rutin. “Karenanya ada dua keuntungan pertama petani bisa memasarkan produknya, dan yang kedua masyarakat juga membeli dengan harga murah atau harga pasar,”tutur Dadang.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Bantu Promosi, Distan Kabupaten Serang Gelar Pasar Tani

PEMERINTAHAN

169 dibaca
Tiga Kali, Pemkab Serang Raih Penghargaan Peduli HAM
384 dibaca
Soal Aset, Bupati Serang Tegaskan Gubernur Tidak Perlu Mediasi

POLITIK

186 dibaca
Hadiri Launching Pilbup Serang 2020, Pandji Pastikan ASN Netral
201 dibaca
KPU Launching Pilbup dan Wabup Serang 2020

HUKUM & KRIMINAL

95 dibaca
Simpan Sabu di Celana, Karyawan Swasta Diamankan Polisi
1091 dibaca
Duh, Gadis Warga Pontang Diperkosa di Areal Persawahan

PERISTIWA

305 dibaca
Bantah Tuduhan, Mantan Bupati Serang Ancam Polisikan Pendemo
204 dibaca
FPKS Duga Kasus Dua BUMD Libatkan Mantan Bupati Serang

EKONOMI & BISNIS

198 dibaca
Pemkab Serang Pamerkan Gerabah Bumijaya di Bandara Soetta
315 dibaca
Pasca Kebakaran, Pedagang Pasar Baros Diberi Bantuan Rp549 Juta
Top