Sabtu, 30 Mei 2020

Bankeu Pemprov untuk Pemkab Serang Masih Jauh dari Harapan

Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah saat diwawancarai wartawan pada Senin, 30 September 2019.[Foto: InilahBanten.co.id/Arif Soleh]
Senin, 30 Sept 2019 | 21:49 WIB - Serang Pemerintahan

lBC, Serang - Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah berharap program bantuan keuangan (bankeu) dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten pada tahun 2020 mendatang untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang lebih besar dari tahun sebelumnya. Sebab, untuk tahun ini bankeu tersebut masih jauh dari harapan.

“Kita berharap selain bangub (bantuan gubernur) jauh lebih besar dari tahun kemaren, karena (Pemkab Serang) masih banyak PR, baik itu sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan peningkatan daya beli di masyarakat. (Bankeu) Mudah-mudahan bisa bertambah dari tahun kemaren,”ujar Tatu.

Hal itu dikatakan Tatu menjawab pertanyaan wartawan terkait bankeu dan bangub usai menghadiri Pelantikan Pimpinan DPRD Kabupaten Serang periode 2019-2024 di gedung dewan setempat pada Senin, 30 September 2019.

Baca juga: Bangun Gedung Puspemkab, Pemprov Siap Kucurkan Bankeu

Tatu berharap selain bankeu dan bangub juga bantuan harus terimplementasi dalam bentuk anggaran atau program. Harus terimplementasi karena sebagai bukti keseriusan Pemprov Banten kepada Pemkab Serang.

“Selain itu program yang ada di OPD-OPD (organisasi perangkat daerah) bisa didorong program Pemprov Banten untuk Kabupaten Serang seperti dinas perikanan program perberdayaan nelayan, dinas pertanian bantuan untuk gapoktan. Semua program Pemprov Banten bisa didorong optimal ke Pemkab Serang,”terang Tatu.

Sedangkan ditanya kembali jumlah bankeu maupun bangub untuk Kabupaten Serang dari tahun-tahun sebelumnya masih minim. ”Kalau dilihat di anggarannya masih jauh dari harapan yang kami butuhkan,”jelas Tatu.

Diketahui pada Tahun 2019 kemarin Pemkab Serang diberikan bantuan hanya Rp40 miliar dan ditambah sekarang Rp20 miliar untuk RSUD. Kalau itu spesifik untuk RSUD, kalau bangub (bantuan gubernur) tetap hanya Rp40 miliar.

Sebelumnya Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy meminta kepada Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah segera mengusulkan bantuan keuangan (bankeu) untuk pembangunan gedung di Pusat Pemerintahan Kabupaten (Puspemkab) Serang kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten. Karenanya, merupakan salah satu program urgensi atas dengan desakan Pemerintah Kota (Pemkot) Serang agar Puspemkab Serang pindah dari wilayah Kota Serang.

“Kami minta Pemerintahan Kabupaten Serang untuk mengusulkan dan mempresentasikan, nanti bisa kita lakukan dorong melalui dana bantuan keuangan provinsi untuk membantu kekurangan anggaran yang dihadapi Pemkab Serang khususnya,”ujar Wakil Gubernur (Wagub) Banten, Andika Hazrumy beberapa waktu lalu.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

LAINNYA

Kapolres Serang Serahkan Bantuan Sembako dan APD
Jumat, 29 Mei 2020 | 21:00 WIB
Kapolres Serang Serahkan Bantuan Sembako dan APD
Salah Sasaran, Warga Tanara Kena Bacok
Kamis, 28 Mei 2020 | 20:51 WIB
Salah Sasaran, Warga Tanara Kena Bacok

KOMENTAR

Bankeu Pemprov untuk Pemkab Serang Masih Jauh dari Harapan

PEMERINTAHAN

148 dibaca
Pakai Protokol Kesehatan, Pemkab Serang Gelar Halabihalal Terbatas
550 dibaca
Pemkab Serang Bentuk Satgas Ketahanan Pangan Daerah

POLITIK

1084 dibaca
DPP Serahkan ke DPD Gerindra Banten Tentukan Balon Kada
1175 dibaca
PDIP Usulkan Tatu-Pandji di Pilkada Kabupaten Serang 2020

HUKUM & KRIMINAL

86 dibaca
Salah Sasaran, Warga Tanara Kena Bacok
67 dibaca
Kantongi Sabu, Seorang Pemuda di Cilegon Diciduk Polisi

PERISTIWA

74 dibaca
Diduga Stres, Mahasiswi Bina Bangsa Gantung Diri
510 dibaca
Warga Curug Ditemukan Tewas Mengambang di Sungai

EKONOMI & BISNIS

480 dibaca
Sekretaris Bapenda: Bank Banten Gagal Bayar Disebabkan Utang ASN dan DPRD
559 dibaca
Bupati Serang Sebut Bantuan Beras Harus Serap Petani Lokal
Top