Jumat, 12 Agustus 2022

Anak-anak Berkarakter Alquran Harus Jadi Target Orangtua

(Foto ilustrasi)
Minggu, 29 Jan 2017 | 08:11 WIB - Banten Serang Gaya Hidup

IB, Serang– Orangtua kerap menargetkan anak-anaknya harus menjadi penghafal Alquran. Keinginan baik itu harus dibarengi dengan niat mencetak anak-anak dengan karakter yang sesuai dengan Alquran.

Menceritakan mendidik delapan anaknya menjadi hafidz Alquran di Masjid Jenderal Sudirman WTC, Jakarta pada Ahad (29/1), Ustaz Agus Sujatmiko menjelaskan, keluarga akan ke mana adalah tugas ayah.

Target orangtua juga bukan membuat anak sekadar hafal Alquran, tapi membentuk anak yang berkarakter Alquran. Karena ada juga anak yang hafal Alquran tapi susah diajak shalat. Membentuk anak-anak dengan Alquran makin dini makin baik.

”Sibghah terbaik adalah Alquran. Kalau kecil sudah dididik Alquran, sudah besar tetap bisa diarahkan kembali walau sempat melenceng,” kata Ustaz Agus.

Pertama-tama, dekatkan dulu anak-anak dengan Alquran. Bentuk karakternya bertahap. Pembentukan karakter anak pun tidak hanya dengan lisan, tapi harus melalui interaksi dengan aktivitas di lapangan seperti diajarkan berenang, memanah, dan berkemah. “Proses ini berat dan butuh kekuatan luar biasa. Tapi bisa,” kata Ustaz Agus.

Anak-anak Ustaz Agus yang lebih cepat hafal pun anak-anak yang kecil. Mereka bawa pengaruh positif kepada kakak-kakaknya dan orangtuanya. Anak kembar Ustaz Agus yang hafal Alquran pada umur 12 tahun lebih berkarakter.

Salah satu manfaat hafal Alquran adalah mencedaskan. ”Dengan basis menghafal Alquran, kecerdasan anak-anak lebih baik,” ungkap Ustaz Agus.

Bagikan:

KOMENTAR

Anak-anak Berkarakter Alquran Harus Jadi Target Orangtua
pemda

INILAH SERANG

71 dibaca
Perakit Mobil Odong-odong Ditetapkan sebagai Tersangka
94 dibaca
Pemkab Serang Bentuk Tim Pertahankan 26 Ribu Hektare LSD
103 dibaca
BPS Jadikan Desa Kemanisan sebagai Desa Cantik 2022

HUKUM & KRIMINAL

71 dibaca
Perakit Mobil Odong-odong Ditetapkan sebagai Tersangka
150 dibaca
Pengamen Jalanan Nekat Jualan Sabu
153 dibaca
Personil Polres Serang Gerebeg Rumah Pengedar, 20 Paket Sabu Diamankan

POLITIK

139 dibaca
Wabup Serang Harap Anggota DPRD Hasil PAW Berikan Masukan Positif
189 dibaca
Pemprov Banten Siap Fasilitasi Pemilu 2024
484 dibaca
Andika Ingatkan Pembangunan Baitul Qur’an oleh Pemprov Banten Tahun Ini
Top