Rabu, 21 Oktober 2020

Mengapa Kita Perlu Nikmat dan Manisnya Iman?

[foto ilustrasi/net]
Senin, 12 Okt 2020 | 13:00 WIB - Mozaik Islami

Rasulullah SAW bersabda, "Tiga perkara yang barangsiapa terdapat (ketiga-tiga perkara itu) padanya niscaya dia memperoleh kemanisan iman. Yaitu, Allah dan Rasul-Nya lebih dia cintai daripada selainnya, dia mencintai seseorang semata-mata karena Allah, dan dia membenci kekufuran (maksiat) sebagaimana dia benci dilemparkan ke dalam api neraka." (Hadis Sahih Riwayat Bukhari dan Muslim)

Ketiga kondisi itu harus senantiasa kita tanamkan dalam hati agar kenikmatan dan kemanisan iman bisa benar-benar kita rasakan.

Mengapa kita memerlukan nikmat dan manisnya iman? Dengan merasakan nikmat dan manisnya iman, kita tidak pernah lagi mengeluhkan letih, penat dan kesulitan dalam berdakwah. Dengan kemanisan Iman, kita akan senantiasa rida dan tawakal dengan semua ujian yang Allah berikan. Dengan nikmat dan manisnya iman, kita senantiasa bersiap siaga untuk Islam.

Kadang kala, kita merasakan penat dan lemah dalam berdakwah. Kadang kala kita merasakan dalam klaim kita, kita telah menyumbang cukup banyak untuk Islam, tetapi yang kita peroleh hanyalah keletihan, kesedihan dan sebagainya. Kadang pula para sahabat, ikhwan kita tampaknya tidak menghargai apa yang kita lakukan bersama. Kadang kala pula para sahabat itu seolah tak peduli akan pekerjaan dan bakti kita.

Saat itulah manis dan nikmatnya iman akan menjaga kita untuk senantiasa bersemangat berjuang di jalan Allah. Bersemangat menapaki hidup, yang memang tak lebih dari ujian dari-Nya.

"Maka tidak seorang pun mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka, yaitu (bermacam-macam nikmat) yang menyenangkan pandangan mata sebagai balasan terhadap apa yang mereka kerjakan" [Alquran: 32:17]. [iluvIslam/lnilahkoran]

Bagikan:

LAINNYA

Orang yang Lihat Rasulullah tak Dibakar Api Neraka
Minggu, 18 Okt 2020 | 13:05 WIB
Orang yang Lihat Rasulullah tak Dibakar Api Neraka
Beberapa Pesan tentang Hidup Berkah
Jumat, 16 Okt 2020 | 08:56 WIB
Beberapa Pesan tentang Hidup Berkah
Lima Cara Dapatkan Kebahagiaan Dunia-Akhirat
Jumat, 16 Okt 2020 | 08:43 WIB
Lima Cara Dapatkan Kebahagiaan Dunia-Akhirat

KOMENTAR

Mengapa Kita Perlu Nikmat dan Manisnya Iman?
dewan

PEMERINTAHAN

178 dibaca
PT HGP Serahkan Fasos Fasum Perumahan BCP ke Pemkab Serang
256 dibaca
Susun RKA 2021, Pemkab Serang Gunakan Aplikasi SIPD
xcddcvfsv cvn

POLITIK

347 dibaca
Yakin Aspirasi Direalisasi, Warga Padarincang Siap Menangkan Tatu-Pandji
257 dibaca
Tatu-Pandji Jalankan Pengembangan Wisata Pamarayan dan Tanara

HUKUM & KRIMINAL

452 dibaca
Jual Obat Keras Heximer Terancam Hukuman Penjara 15 Tahun

PERISTIWA

260 dibaca
Razia, Satgas Pastikan Hotel dan Tempat Wisata di Anyar Sudah Terapkan Prokes
Top