Kamis, 17 Januari 2019

Bawaslu Kabupaten Serang Deklarasi Pemilu Damai

[Foto: Haji Imat/InilahBanten]
Minggu, 16 Sept 2018 | 13:16 WIB - Serang Politik

lBC, Serang - Dalam upaya menciptakan situasi aman, damai dan sejuk menjelang tahapan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Serang menggelar komitmen bersama Deklarasi Pemilu Damai pada Minggu, 16 September 2018.

Acara deklarasi yang digelar di sebuah hotel berbintang di Kawasan Industri Modern Cikande, dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda) Kabupaten Serang, Ketua KPU, Ketua MUI, Ketua FKUB, Pimpinan Ormas Islam, Organisasi Kepemudaan dan Mahasiswa, Pimpinan Serikat Buruh, Ketua Parpol peserta pemilu se-Kabupaten Serang, serta para pejabat jajaran Polres Serang.

"Deklarasi Kampanye Aman, Damai dan Sejuk ini dilaksanakan dalam rangka membangun komitmen kita bersama. Tujuan utamanya, mengajak seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Serang untuk mensukseskan Pilpres dan Pileg Kabupaten Serang 2019," tutur Ketua Bawaslu Kabupaten Serang, Yadi dalam sambutannya.

Menurut Yadi, sebelum masa Kampanye Pemilu 2019 berlangsung, sangatlah tepat dilakukan deklarasi damai. Yadi menambahkan deklarasi damai ini bukan semata inisiatif Bawaslu sebagai penyelenggara, melainkan hasil kesepakatan yang matang antara penyelenggara Pemilu dengan pihak Kepolisian

"Pertemuan tentunya membuktikan adanya kesatuan semangat bersama untuk mewujudkan pelaksanaan Pemilu 2019 yang damai, aman, langsung, jujur, adil, bebas dan rahasia," katanya.

Dikatakan Yadi, sikap bersama yang tertuang dalam naskah ikrar berintegritas dan damai mengandung makna bukan sekedar formalitas dan seremonial belaka, akan tetapi jauh memiliki makna mempertegas sikap peserta Pemilu 2019 untuk turut menciptakan iklim yang konfusif bagi keseluruhan proses Pemili 2019.

"Jelaslah perilaku ucapan dan tindakan semua peserta pemilu menjadi tolak ukur masyarakat untuk menentukan sikap politiknya," kata Yadi.

Ditempat yang sama, Komisioner KPU Kabupaten Serang Idrus berharap seluruh partai peserta pemilu berkomitmen menjalankan deklarasi damai, aman dan sejuk untuk mensukseskan Pemilu 2019 di Kabupaten Serang. Dalam kesempatan itu, Komisioner Divisi Tehnis ini juga mengutarakan bahwa seluruh alat peraga pemilu dicetak oleh KPU dan dibatasi sesuai Undang-undang.

"Tiap partai politik hanya diijinkan mencetak 10 baliho dan 16 spanduk. Pembatasan ini sesuai undang-undang bukan oleh KPU," tandasnya.

Reporter: Haji Imat
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Bawaslu Kabupaten Serang Deklarasi Pemilu Damai

PEMERINTAHAN

187 dibaca
Lantik 223 Pejabat, Bupati Serang Sebut Agar Kinerja Lebih Baik
177 dibaca
Pertama di Indonesia, Inspektorat Kabupaten Serang Integrasikan Dua ISO
278 dibaca
Bupati dan Wakil Bupati Lebak Dilantik Gubernur Banten

POLITIK

3904 dibaca
Gubernur Banten Wahidin Halim Dilaporkan ke Bawaslu
834 dibaca
Dukung Prabowo-Sandi, Caleg PBB di Banten Bentuk Pass Lantang
151 dibaca
Debat Capres Bisa untuk Curi Perhatian Rakyat

HUKUM & KRIMINAL

213 dibaca
Mayat Wanita di Cipocok Jaya Ternyata Dibunuh
101 dibaca
Polisi Ringkus Pelaku Curanmor, Penadah dan Pengoplos
326 dibaca
Diduga Otak Pengeroyokan Santri, MH Terancam Dijemput Paksa

PERISTIWA

70 dibaca
Peran Media Penting dalam Sosialisasi Millennial Road Safety Festival
129 dibaca
Gubernur Berikan Bantuan Seragam Sekolah untuk Korban Tsunami

EKONOMI & BISNIS

88 dibaca
Sri Mulyani Jamin Usaha Kecil Digital Bebas Pajak
190 dibaca
Pulihkan Anyer, Pemprov Banten Tinjau Pelarangan Rapat di Hotel
Top