Selasa, 13 November 2018

Bawaslu Kabupaten Serang Deklarasi Pemilu Damai

[Foto: Haji Imat/InilahBanten]
Minggu, 16 Sept 2018 | 13:16 WIB - Serang Politik

lBC, Serang - Dalam upaya menciptakan situasi aman, damai dan sejuk menjelang tahapan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Serang menggelar komitmen bersama Deklarasi Pemilu Damai pada Minggu, 16 September 2018.

Acara deklarasi yang digelar di sebuah hotel berbintang di Kawasan Industri Modern Cikande, dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda) Kabupaten Serang, Ketua KPU, Ketua MUI, Ketua FKUB, Pimpinan Ormas Islam, Organisasi Kepemudaan dan Mahasiswa, Pimpinan Serikat Buruh, Ketua Parpol peserta pemilu se-Kabupaten Serang, serta para pejabat jajaran Polres Serang.

"Deklarasi Kampanye Aman, Damai dan Sejuk ini dilaksanakan dalam rangka membangun komitmen kita bersama. Tujuan utamanya, mengajak seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Serang untuk mensukseskan Pilpres dan Pileg Kabupaten Serang 2019," tutur Ketua Bawaslu Kabupaten Serang, Yadi dalam sambutannya.

Menurut Yadi, sebelum masa Kampanye Pemilu 2019 berlangsung, sangatlah tepat dilakukan deklarasi damai. Yadi menambahkan deklarasi damai ini bukan semata inisiatif Bawaslu sebagai penyelenggara, melainkan hasil kesepakatan yang matang antara penyelenggara Pemilu dengan pihak Kepolisian

"Pertemuan tentunya membuktikan adanya kesatuan semangat bersama untuk mewujudkan pelaksanaan Pemilu 2019 yang damai, aman, langsung, jujur, adil, bebas dan rahasia," katanya.

Dikatakan Yadi, sikap bersama yang tertuang dalam naskah ikrar berintegritas dan damai mengandung makna bukan sekedar formalitas dan seremonial belaka, akan tetapi jauh memiliki makna mempertegas sikap peserta Pemilu 2019 untuk turut menciptakan iklim yang konfusif bagi keseluruhan proses Pemili 2019.

"Jelaslah perilaku ucapan dan tindakan semua peserta pemilu menjadi tolak ukur masyarakat untuk menentukan sikap politiknya," kata Yadi.

Ditempat yang sama, Komisioner KPU Kabupaten Serang Idrus berharap seluruh partai peserta pemilu berkomitmen menjalankan deklarasi damai, aman dan sejuk untuk mensukseskan Pemilu 2019 di Kabupaten Serang. Dalam kesempatan itu, Komisioner Divisi Tehnis ini juga mengutarakan bahwa seluruh alat peraga pemilu dicetak oleh KPU dan dibatasi sesuai Undang-undang.

"Tiap partai politik hanya diijinkan mencetak 10 baliho dan 16 spanduk. Pembatasan ini sesuai undang-undang bukan oleh KPU," tandasnya.

Reporter: Haji Imat
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Bawaslu Kabupaten Serang Deklarasi Pemilu Damai

BERITA TERKAIT

PEMERINTAHAN

235 dibaca
Puluhan Pejabat Fungsional Pemprov Banten Dilantik
1029 dibaca
Perintah Perpres 16/2018, LPSE Dibentuk dalam Satu Badan/Dinas
217 dibaca
Lokakarya, Pemprov Bahas Pengurangan Kawasan Kumuh di Banten

POLITIK

264 dibaca
Caleg Golkar Dilarang Saling Menjelekkan dan Menjegal
210 dibaca
Dikukuhkan, Karya Nyata ICMI Ditunggu Masyarakat Banten
290 dibaca
Memilih Pemimpin di Pilpres 2019 Menurut UAS

HUKUM & KRIMINAL

146 dibaca
Di Pandeglang, Seorang Anak Bacok Ibu Tirinya Hingga Meninggal
632 dibaca
Sebar Ujaran Kebencian di Facebook, Warga Petir Ditangkap
340 dibaca
6 Oknum Anggota Ormas Pengeroyok Polisi Terancam 7 Tahun Penjara

PERISTIWA

106 dibaca
Melalui ARDEX-18, Provinsi Banten Siap Atasi Dampak Bencana
1183 dibaca
Mayat Laki-laki Membusuk di Rumah Kontrakan Gegerkan Warga Cikande
1781 dibaca
Di Waringinkurung, Polisi dan TNI Ini Kompak Gotong Keranda Mayat

EKONOMI & BISNIS

80 dibaca
Andika Ingin Ekraf Jadi Tulang Punggung Baru Perekonomian di Banten
102 dibaca
Selama Oktober 2018, Nilai Tukar Petani di Banten Alami Kenaikan
Top