Selasa, 19 November 2019

Bupati Serang Terus Gaungkan PHBS ke Tingkat Desa

[Foto InilahBanten]
Senin, 04 Nov 2019 | 22:45 WIB - Serang Kesehatan

lBC, Serang– Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah mengungkapan bahwa kesehatan adalah segalanya. Karena menurutnya, ketika akan melakukan aktivitas apapun tubuhnya harus sehat terlebih dahulu.

“Jadi dengan mesyarakat sadar tentang kesehatan mereka sendiri, pola hidup sehat mereka sendiri ini yang terus digaungkan oleh pemerintah daerah sampai ke tingkat desa,”ujar Tatu usai membuka kegiatan Bakti Sosial dalam rangka Hari Kesehatan Nasional yang ke-55 Tahun 2019 yang digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) di Kampung/Desa Parigi, Kecamatan Cikande pada Senin, 4 November 2019.

Kegiatan bakti sosial ini juga, sebut Tatu, dengan menggelar khitanan masal dengan target 60 anak kurang mampu, dan pengobatan gratis dirangkaikan dengan pembagian sembako gratis sebanyak 520 pake diperuntukan kepada masyarakat kurang mampu. Sembako sendiri dari Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Serang.    

Menurut Tatu, Pemkab Serang dalam menyosialisasikan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada masyarakat sampai ketingkat desa tidak bisa dilakukan hanya satu sampai dua kali bisa berubah. Maka, harus diterus digaungkan dalam setiap kesempatan kepada masyarakat.

“Satu dua kali tidak akan bisa berubah, harus terus menerus, jangan bosan disampaikan supaya capaian pelayanan terhadap kesehtan dimulainya dari bawah masyarakat itu sendiri. Seperti kegiatan saat ini, masyarakat terlihat antusias untuk berobat gratis, dan memang kegiatan ini ditunggu oleh masyarakat,”terang Tatu.

Sementara Kepala Dinkes Kabupaten Serang, Sri Nurhayati mengatakan, bakti sosial dalam rangka Hari Kesehatan Nasional yang ke 55 Tahun jatuh pada tanggal 12 November rutin dilaksanakan. Sedangkan untuk HKN tahun 2019 yang bertemakan “Generasi sehat Indoensia unggul”, direngkaikan baksos pemeriksaan untuk pencegahan penyakit tidak menular pada kelompok tertentu.

“Pemeriksaan penyakit tidak menular seperti hipertensi dan diabet atau penyakit gula atau kencing manis yang paling banyak dialami. Penyebabnya  banyak faktor diantaranya pola makan, buruknya PHBS faktor paling utama,”ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan terkait narkoba. Kata Sri, tapi ini baru focus pada jajaran pelayan kesehatan termasuk pegawai puskesmas-puskesmas. “Walaupun bukan resiko tinggi, tapi kita tidak ingin kecolongan. Ini akan kita lakukan dan sudah izin ke Ib Bupati,”katanya.

Sedangkan target lain, sebut Sri, kepada semua ASn di lingkungan Pemkab serang akan dilakukan pemeriksaan narkoba. Namun, pihaknya belum bisa memastikan waktunya. “Waktu dirahasiakan namanya juga sidak. Ini hanya untuk pencegahan saja, bagaimana pun nerkoba sasarannya kesemua elemen masyarakat. Kita juga kerjasama dengan BNN dan Polres Serang,”jelas Sri.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Bupati Serang Terus Gaungkan PHBS ke Tingkat Desa

PEMERINTAHAN

107 dibaca
DPMD Kabupaten Serang Bentuk BUMDes, Ekonomi Masyarakat Meningkat
141 dibaca
Diskominfosatik Kabupaten Serang Akan Sosialisasikan Wali Data

POLITIK

282 dibaca
Hanya Ingin Dampingi Tatu, Pandji Daftar ke Gerindra
185 dibaca
Tatu Ajak Demokrat Tuntaskan Pembangunan Kabupaten Serang

HUKUM & KRIMINAL

152 dibaca
Buruh Pabrik Bawa Satu Paket Sabu
154 dibaca
Ringkus Tiga Pelaku Curanmor, Polisi Temukan 24 Paket Sabu

PERISTIWA

198 dibaca
Pasca Bom Bunuh Diri di Medan, Polres Serang Perketat Pemeriksaan
213 dibaca
Kebakaran di Pasar Baros, 300 Kios Ludes Terbakar

EKONOMI & BISNIS

40 dibaca
PUPR Putuskan Uang Muka Rumah Bersubsidi Cuman 1 Persen
138 dibaca
BUMD Pemkab Serang Kelola Pelabuhan Swasta 
Top