Senin, 20 Mei 2024

Yuk, Laksanakan Mandi Wajib Tepat Waktu!

(foto ilustrasi)
Sabtu, 24 Mar 2018 | 13:18 WIB - Mozaik Islami

SERING kali kita mendapatkan godaan untuk menunda-nunda pelaksanaan mandi wajib. Baik mandi wajib dikarenakan haid sudah bersih, ataupun mandi dikarenakan junub. Entah karena cuaca yang sedang dingin, badan terasa tidak enak, malas, ataupun alasan lainnya. Kita merasa enggan untuk mandi menghilangkan hadas besar. Lalu apa sih hukumnya menunda-nunda mandi wajib?

Al-Imam Al-Muhaddits Muqbil ibnu Hadi Al-Wadii, mengatakan, "Bila darah haid telah berhenti dalam waktu tiga hari, kurang ataupun lebih, wajib bagi si wanita untuk mandi dan mengerjakan salat bila telah masuk waktunya, serta diperkenankan bagi suaminya untuk men-datangi-nya berdasarkan firman Allah Subhanahu wa taala:

"Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah, Haid itu adalah kotoran. Oleh karena itu kalian harus menjauhkan diri dari istri-istri kalian di waktu haidnya (tidak melakukan jima pada kemaluan) dan janganlah kalian mendekati (menggauli) mereka sampai mereka suci dengan mandi. Apabila mereka telah suci dengan mandi maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepada kalian (pada qubul). Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang menyucikan dirinya." (QS Al-Baqarah: 222)

Tidak diperbolehkan si wanita menunda mandinya setelah darah haidnya berhenti (selesai masa haid). Bila ia tidak mendapatkan air untuk mandi suci atau ia tidak mampu menggunakan air, maka diperkenankan baginya bertayammum sampai ia mendapatkan air atau mampu menggunakan air, serta wajib baginya mengerjakan salat dengan tayammum tersebut serta diperkenankan bagi suaminya untuk men-"datangi"-nya. Wallahu alam. (Ijabatus Sail ala Ahammil Masail, hal. 703)

Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang menyucikan diri. Jika memang sedang tidak sakit keras, yuk laksanakan mandi wajib tepat waktu, jangan sampai kita terlewat waktu salat hanya karena enggan menghilangkan hadas besar. [DuniaJilbab/lnilah]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Yuk, Laksanakan Mandi Wajib Tepat Waktu!

BERITA TERKAIT

INILAH SERANG

1878 dibaca
132.741 Surat Suara Pilkada Banten Rusak
873 dibaca
Pemprov Ajukan Raperda untuk Putus Mata Rantai Covid 19 di Banten

HUKUM & KRIMINAL

1483 dibaca
Sepanjang Ops Antik, 7 Tersangka Penyalahgunaan Narkotika Diringkus
1223 dibaca
Polda Banten Limpahkan Berkas dan 2 Tersangka Mafia Tanah

POLITIK

1051 dibaca
Tatu-Pandji Blusukan Kampanye dari Perkampungan hingga Perumahan
1960 dibaca
Maju di Pilkada Kota Serang 2018, Sekda Banten Ranta Harusnya Mundur

PENDIDIKAN

1417 dibaca
Hadapi Ajaran Baru, Ponpes Al Farhan Gelar MPLS
1126 dibaca
Pemkab Ajak Paguyuban Anak Serang Gencar Lakukan Literasi Digital
Top