Senin, 20 Mei 2024

Yuk Biasakan Anak Perempuan Berhijab dari Kecil

[Foto ilustrasi/Net]
Senin, 23 Nov 2020 | 20:09 WIB - Mozaik Islami

BERDASARKAN firman Allah Ta'ala dalam QS. An-Nur ayat 31, yang artinya:

"Katakanlah kepada wanita-wanita beriman: Hendaklah mereka menahan pandangan mereka dan memelihara kemaluan mereka dan janganlah mereka menampakkan perhiasan mereka kecuali yang (biasa) tampak daripadanya."

Juga dalam QS. Al-Ahzab ayat 59 yang artinya:

"Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: Hendaklah mereka menjulurkan khimarnya (jilbab) ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu agar supaya mereka lebih mudah untuk dikenali, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Nabi shallallahu 'alaihi wasallam juga bersabda:

"Ada dua macam golongan penghuni neraka yang belum pernah aku lihat sebelumnya: Sekelompok laki-laki yang menggenggam cambuk seperti ekor sapi, mereka mencambuk manusia dengannya. Dan wanita-wanita yang berpakaian tetapi telanjang dan berlenggak lenggok. Di kepalanya ada sesuatu seperti punuk unta. Mereka itu tidak akan masuk surga dan tidak juga mencium baunya surga. Padahal sesungguhnya bau surga itu bisa tercium dari jarak yang sangat jauh." (HR. Muslim)

Perintah hijab diwajibkan bagi wanita yang sudah akil baligh, akil baligh pada anak perempuan ditandai dengan keluarnya darah haid. Tetapi alangkah baiknya pembiasaan menggunakan hijab sejak maka kanak-kanak agar ketika kewajiban telah sampai kepadanya, yaitu telah akil baligh maka berhijab akan menjadi kebiasaan yang mudah untuk dilakukan.

Banyak anak perempuan sudah akil baligh pada umur 11 tahun bahkan banyak juga pada umur 10 tahun, jadi umur 11 tahun sudah berkewajiban untuk menggunakan hijab keluar rumah, tidak hanya keluar rumah tetapi berhijab dari orang-orang yang bukan mahram kita, misalnya saudara sepupu.

[Ustadzah Novria/lnilahkoran]

Bagikan:

KOMENTAR

Yuk Biasakan Anak Perempuan Berhijab dari Kecil

INILAH SERANG

544 dibaca
Program SDC Diproyeksikan Tekan Angka Pengangguran
1077 dibaca
Diduga ODGJ, Pemuda Ini Lempari Mobil dengan Batu

HUKUM & KRIMINAL

262 dibaca
Hendak Balas Dendam, Polsek Kragilan Amankan 5 Warga
2109 dibaca
Ini Kronologi Penangkapan Oknum ASN Pemprov Banten yang Pakai Sabu

POLITIK

2679 dibaca
Pilkada Lebak 2018, Iti-Ade Lawan Kotak Kosong
2694 dibaca
Golkar Segera Pecat Ketua DPRD Kota Serang Subadri Usuludin

PENDIDIKAN

1306 dibaca
Peringati HSP ke 89, Gubernur WH Bahas Pendidikan Gratis
2035 dibaca
Ratusan Siswa SMKN 2 Rangkasbitung Gelar Simulasi UNBK
Top