Minggu, 17 Februari 2019

XL Kelebihan Permintaan Penerbitan Obligasi dan Sukuk

[Foto Istimewa]
Selasa, 09 Okt 2018 | 19:01 WIB - Teknologi

lBC, Serang - Pada hari ini, PT XL Axiata Tbk. (“XL Axiata”) telah berhasil meraih minat masyarakat untuk PUB I Obligasi Tahap I Tahun 2018 (“Obligasi”) dan PUB II Sukuk Ijarah Tahap I Tahun 2018 (“Sukuk”), di mana XL Axiata menawarkan masing-masing sebesar Rp1 triliun untuk Obligasi dan Sukuk.

Penerbitan ini merupakan bagian dari Program Umum Berkelanjutan (PUB) Obligasi dan Sukuk senilai Rp  triliun, dan merupakan Sukuk Ijarah Perusahaan dengan nilai terbesar saat ini. Penawaran tersebut disambut baik oleh investor, baik Obligasi maupun Sukuk, mengalami kelebihan permintaan lebih dari 1,4 kali dari total nilai emisi.

Dana hasil dari penawaran ini setelah dikurangi biaya emisi akan digunakan seluruhnya oleh Perusahaan untuk membiayai belanja modalnya guna memperkuat jaringan XL Axiata lebih lanjut. Penerbitan ini akan memungkinkan fleksibilitas keuangan yang lebih besar untuk lebih meningkatkan data experience pelanggan dan pelaksanaan lebih lanjut dari Agenda Transformasi 3R XL Axiata yaitu Revamp the Core, Rise Up the Value Ladder, dan Re-invent Way to Play dengan tujuan untuk menjadi penyedia layanan telekomunikasi data pilihan di Indonesia.

Obligasi dan Sukuk yang ditawarkan, masing-masing terdiri dari 5 seri, dengan tenor antara 370 hari sampai dengan 10 tahun, dengan kupon Obligasi/imbal hasil Sukuk yang ditawarkan berkisar antara 8,25% sampai dengan 10,30%.

Chief Financial Officer XL Axiata, Mohamed Adlan bin Ahmad Tajudin mengatakan, bahwa penawaran Obligasi dan Sukuk pihaknya mendapatkan permintaan yang kuat dari investor berkualitas di pasar primer. “Oversubscribed lebih dari 1,4 kali di tengah situasi pasar modal yang sangat challenging dan kondisi ekonomi saat ini, menandakan minat yang kuat terhadap XL Axiata dan keyakinan atas agenda transformasi yang kami jalankan,”ujarnya melalui siaran pers pada Selasa, 9 Oktober2018.

“Hasil ini akan semakin memperkuat neraca kami dan menyediakan komposisi pendanaan jangka panjang yang lebih kuat untuk mendukung ambisi kami untuk memenangkan pasar data yang terus berkembang di Indonesia. Selain itu, keberhasilan penerbitan Sukuk menunjukkan komitmen XL Axiata untuk lebih mendukung upaya Pemerintah dalam mengembangkan Pasar Modal Syariah di Indonesia,”tambahnya.

Baik Obligasi dan Sukuk Ijarah telah memperoleh peringkat AAA (idn) (Triple A) dari PT Fitch Ratings Indonesia. Kesuksesan penawaran Obligasi dan Sukuk ini didukung penuh oleh Para Penjamin Pelaksana Emisi Efek (Joint Lead Underwriters) yang ditunjuk, yaitu PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia, PT DBS Vickers Sekuritas Indonesia, PT Indo Premier Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas, dan PT Maybank Kim Eng Sekuritas

 XL Axiata akan melaksanakan Penawaran Umum Obligasi dan Sukuk ini mulai tanggal 9 Oktober 2018 sampai dengan 11 Oktober 2018.

Sedangkan Penjatahan akan dilakukan pada tanggal 12 Oktober dan mencatatkan Obligasi dan Sukuk tersebut pada Bursa Efek Indonesia pada tanggal 17 Oktober 2018.

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

LAINNYA

Seperti Inikah Smartphone Layar Lipat Xiaomi?
Kamis, 14 Feb 2019 | 11:45 WIB
Seperti Inikah Smartphone Layar Lipat Xiaomi?

KOMENTAR

XL Kelebihan Permintaan Penerbitan Obligasi dan Sukuk

PEMERINTAHAN

512 dibaca
Ketua dan Pengurus PPDI Kecamatan Jawilan Dilantik
400 dibaca
Tahun Ini, Dana Desa Pemprov Banten Tembus Rp61,9 Miliar
301 dibaca
Dihadapan Kades se-Lebak, Andika Beberkan Prioritas Penggunaan Dana Desa

POLITIK

340 dibaca
KPU Kabupaten Serang Target Satu Relawan Demokrasi 1000 Pemilih
246 dibaca
Warga Belum Paham Berpartisipasi pada Pemilu 2019
4239 dibaca
Gubernur Banten Wahidin Halim Dilaporkan ke Bawaslu

HUKUM & KRIMINAL

104 dibaca
Buron Curanmor Pingsan Saat Persembunyiannya Digerebag
84 dibaca
Diringkus, Dua dari Enam Bandit Jalanan Ditembak
502 dibaca
BNN Gagalkan Penyelundupan Narkotika di Pelabuhan Bojonegara

PERISTIWA

297 dibaca
Jelang Pemilu, Pejabat Polres Serang Gencar Kunjungi Ponpes dan Ulama
319 dibaca
Suhendar Ditemukan Tak Bernyawa di Kamar Kontrakan

EKONOMI & BISNIS

285 dibaca
Produksi Pangan Kabupaten Serang Surplus dan Aman
277 dibaca
Pencairan Bansos, Dinsos Banten Libatkan Dua Lembaga Perbankan
Top