Rabu, 19 Februari 2020

WH: Berobat Gratis Pakai KTP Pengganti SKTM

[Foto SubagLiputan]
Selasa, 29 Jan 2019 | 18:00 WIB - Banten Kesehatan

lBC, Serang – Pemerintah Provinsi (Pemrov) Banten terus berupaya untuk memberikan pelayanan kesehatan melalui pengobatan gratis bagi masyarakat yang belum memiliki Badan Penyelenggara Jainan Sosial (BPJS) Kesehatan. Bahkan, Pemprov Banten harus menjamin pengobatan gratis bagi masayarakat yang belum memiliki BPJS kesehatan.

Hal ini ditegaskan Gubernur Banten Wahidin Halim saat memimpin rapat koordinasi dengan Deputi Direksi BPJS Wilayah Banten Kalimantan Barat Lampung Fahrurrozi, Dinas Kesehatan Banten dan DP3AKKB  Banten di ruang rapat Gubernur, KP3B, Curug, Kota Serang pada Selasa, 29 Januari 2019.

“Kita ingin memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan hanya mempergunakan KTP Banten dan tidak melalui prosedur yang berbelit-belit. KTP ini bisa digunakan sebagai penganti SKTM. Kita akan melayani mayarakat Banten yang belum terlayani,” kata Gubernur Gubernur.

Sekarang ini, sebut WH sapaan Wahidin Halim, Pemprov Banten melalui Dinas Kesehatan sedang mempersiapkan data berapa jumlah masyarakat yang belum memiliki BPJS untuk dianggarkan pada pelayanan kesehatan gratis hanya dengan mengunakan KTP. Dengan begitu, WH berharap agar masyarakat Provinsi Banten yang belum memiliki KTP/NIK untuk tidak dipersulit yaitu dengan cara mendirikan gerai atau tempat untuk membuatan NIK di rumah sakit yang melayani pelayanan pengobatan kesehatan dengan mengunakan KTP.

“Kita tidak mau tahu, pokoknya masyarakat Banten yang datang kerumah sakit untuk berobat akan kita biyai. Tujuan dasar kita yaitu melayani masyarakat. Masyarakat harus mendapatkan aksesibilitas dan pelayanan kesehatan yang baik,”tegas WH.

Sementara Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten M Yusup mengatakan, berdasarkan arahan KPK dalam pemberian pelayanan kesehatan gratis pihaknya harus berintegrasi dengan program pemerintah pusat. “Selain itu kita juga mempunyai kendala dengan masyarakat yang belum mempunyai KTP atau NIK, ini akan menjadi konsen kita kedepan yaitu dengan mendirikan gerai di rumah sakit, ketika masyarakat yang tidak mempunyai KTP/NIK bisa langsung di data,” jelas Yusuf.

Sekarang ini, kata Yusuf sekitar 9 juta masyarakat Provinsi Banten yang sudah terlayani BPJS dan sisanya ini belum tercover oleh BPJS. “Ini adalah sasaran untuk layanan pengobatan grastis mengunakan KTP,” jelas Yusuf.[SubagLiputan]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

WH: Berobat Gratis Pakai KTP Pengganti SKTM
HPN1

PEMERINTAHAN

138 dibaca
SAKIP Berpredikat A, Pemkab Serang Siap Jadi Rujukan Daerah Lain
204 dibaca
Wagub Banten Cecar Soal Call Center, Kepala BPBD Gelagapan

POLITIK

131 dibaca
DPP Serahkan ke DPD Gerindra Banten Tentukan Balon Kada
250 dibaca
PDIP Usulkan Tatu-Pandji di Pilkada Kabupaten Serang 2020

HUKUM & KRIMINAL

45 dibaca
Enam Bandit Spesialis Pencurian Baterai Cctv Diringkus
107 dibaca
Ancam Ratakan Mapolsek Curug, TNI Gadungan Diringkus

PERISTIWA

111 dibaca
Warga Temukan Mayat Mengambang di Sungai Ciujung
280 dibaca
Kapolres Serang: Penyebab Banjir Akibat Pendangkalan Sungai dan Sampah

EKONOMI & BISNIS

86 dibaca
Bupati Serang: Kawal UMKM Hingga Tuntas
274 dibaca
KADIN Serang Diharap Jadi Tulang Punggung Perekonomian Daerah
Top