Selasa, 28 Januari 2020

Wagub Serahkan Penghargaan Sekolah Adiwiyata kepada 69 Sekolah

[Foto Istimewa]
Rabu, 11 Sept 2019 | 22:44 WIB - Banten Pendidikan

lBC, Serang – Sebanyak 69 sekolah dari berbagai tingkatan mendapatkan penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Banten. Penghargaan diberikan langsung oleh Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy kepada 69 perwakilan sekolah yang hadir pada acara penyerahaan penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Banten 2018 di Pendopo Gubernur Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Curug, Kota Serang pada Rabu, 11 September 2019.

“Saya sampaikan selamat kepada 69 sekolah yang berhasil meraih Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Banten Tahun 2018,” kata Andika dalam sambutannya. Selain perwakilan sekolah penerima penghargaan, juga tampak hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemprov Banten Husni Hasan.

Andika mengaku berharap prestasi yang telah dicapai sekolah tersebut dapat menjadi motivasi untuk meraih ke jenjang penghargaan Adiwiyata yang lebih tinggi lagi di tingkat pusat, yaitu Adiwiyata mandiri.  “Dan semua komponen atau warga sekolah harus konsisten menjalankan upaya perlindungan dan pengelolaan Lingkungan Hidup,” imbuhnya.

Menurut Andika, tidak mudah untuk mencapai Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi, karena diperlukan komitmen yang tinggi dari kepala sekolah serta dukungan aktivitas dari seluruh warga sekolah dalam menjalankan aktivitas Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup yang baik.

Lebih jauh Andika mengatakan, persoalan lingkungan bukanlah masalah yang ditangani oleh Dinas Lingkungan Hidup semata, melainkan problem bersama yang harus ditangani secara lintas sektoral oleh seluruh stakeholder. Pelestarian lingkungan, kata dia, memerlukan pendekatan komprehensif yang mengintegrasikan seluruh aspek mulai dari pendidikan, kesehatan, kesetaraan gender, maupun kesejahteraan sosial dalam kerangka implementasi komitmen tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals/ SDGs).

Adapun implementasi SDGs itu sendiri, kata dia, memerlukan dukungan dari para pemangku kepentingan pembangunan. “Sinergi menjadi faktor kunci dalam upaya mencapai 17 tujuan yang saling berkaitan satu sama lain, dan 167 target yang diukur melalui 241 indikator,” imbuhnya.

Dalam implementasinya, kaata Andika, SDGs sangat mengedepankan aspek kolaborasi dan keterlibatan berbagai pihak karena SGDs memadukan keterkaitan antara aspek ekonomi, sosial dan lingkungan yang diperkuat oleh tata kelola yang baik. Untuk itu, lanjutnya, sekolah sebagai penggerak utama dalam membentuk nilai-nilai peserta didik dan seluruh warga sekolah bersama-sama seluruh stakeholder untuk peduli terhadap lingkungan sehingga dapat mewujudkan pencapaian SDGs secara berkesinambungan.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemprov Banten Husni Hasan mengatakan, ke-69 sekolah yang mendapatkan penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Banten tahun 2018 tersebut berasal dari 237 sekolah yang melakukan pengajuan untuk diseleksi menjadi peserta pemilihan Sekolah Adiwiyata tingkat provinsi Banten 2018.

“Setelah melalui penilaian yang berhasil lolos mendapatkan penghargaan sebanyak 69 sekolah. Dan ini jumlahnya meningkat dibanding tahun sebelumnya,” kata Husni.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

LAINNYA

Polda Banten Tanam Ribuan Batang Pohon
Jumat, 10 Jan 2020 | 13:27 WIB
Polda Banten Tanam Ribuan Batang Pohon
Irjen Pol Agung Sabar Santoso Jabat Kapolda Banten
Selasa, 07 Jan 2020 | 19:15 WIB
Irjen Pol Agung Sabar Santoso Jabat Kapolda Banten

KOMENTAR

Wagub Serahkan Penghargaan Sekolah Adiwiyata kepada 69 Sekolah

PEMERINTAHAN

244 dibaca
Bupati Serang: APBD Rp 3 Triliun Adalah Amanah Rakyat
346 dibaca
Lantik 277 Pejabat, Bupati Serang Minta Pemerintah Kecamatan Siaga Bencana

POLITIK

116 dibaca
Juni, KPU Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup Serang
225 dibaca
Puji Program Infrastruktur, Tatu Direkomendasikan ke DPP Berkarya

HUKUM & KRIMINAL

69 dibaca
Mau Jual Motor Hasil Curian, Khasan Ditangkap
202 dibaca
Bosan Pelayanan Istri, Kakek di Pandeglang Cabuli 2 Bocah

PERISTIWA

281 dibaca
Banjir, Ratusan Rumah di Kecamatan Kasemen Terendam
484 dibaca
Tak Mampu Penuhi Mahar Janda Idamannya, Pria Ini Tewas Gantung

EKONOMI & BISNIS

223 dibaca
Andika: Banten Siap Dukung Kebijakan Strategis OJK
160 dibaca
Produksi Pertanian Surplus, Bupati Serang Kampanyekan Beras Jaseng
Top