Kamis, 18 April 2024

Wabup Serang Lepas Ratusan Warga Hadiri Puncak Harlah 1 Abad NU

[Foto Istimewa]
Senin, 06 Feb 2023 | 10:45 WIB - Serang Mozaik Islami

lBC, Serang - Wakil Bupati (Wabup) Serang Pandji Tirtayasa melepas ratusan warga Kabupaten Serang untuk menghadiri Puncak Hari Lahir (Harlah) 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Halaman Pendopo Bupati Serang pada Senin, 6 Februari 2023. Ratusan warga warga NU tersebut akan menuju lokasi puncak harlah NU di Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim).

Wabup Serang Pandji Tirtayasa mengatakan dengan antusiasnya masyarakat Kabupaten Serang sebagai bentuk rasa cinta warga NU di Puncak Harlah 1 Abad NU atau ulang tahun yang ke-100. Sebab, jika tidak di tahan yang berniat berangkat saat ini bisa mencapai 10 sampai 20 bis.

”Ini bentuk rasa cinta kita warga Kabupaten Serang khususnya warga NU mencintai organisasinya NU yang berdiri 100 tahun yang lalu, hari ini adalah ultah yang ke 100. Makanya tadi di katakan kalau hari ulang tahun emas itu 50 tahun kalau 100 sudah mutiara,”ujarnya usai pelepasan.

Turut mendampingi Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintah, Politik dan Hukum Febrianto, Asisten Daerah (Asda) I Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesra Nanang Supriatna, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Kabupaten Serang Muhammad Robi IZT, dan para alim ulama.

Kemudian yang kedua, menurut Pandji, NU dan santri kontribusinya terhadap pembangunan negara dan bangsa itu luar biasa sejak berdirinya tanah air. Termasuk juga, para ulama memberikan fatwa jihad bagi warga negara ketika membela tanah air ketika tanah air sedang dalam masa transisi yang digempur sekutu waktu baru merdeka beberapa bulan.

”Ulama-ulama NU dan ulama lainnya memberikan fatwa jihad untuk membela bangsa dan negara tanah air, nah itu lah barangkali kontribusi santri, kontribusi alim ulama terhadap negara dan bangsa,”tandasnya.

Disamping itu, sambung Pandji peran NU di Kabupaten Serang juga sangat signifikan baik dalam implementasi kegiatan sosial, ekonomi, kesehatan dimana Pemda Kabupaten Serang selalu melibatkan warga NU dalam mendukung program-program pemerintah. Termasuk juga, pada sektor pendidikan banyak lembaga pendidikan NU baik formal maupun non formal seperti pondok pesantren (ponpes) sebagai bagian dari pendidikan nasional. ”Itu adalah kontribusi NU untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Serang,”ucapnya.

Ketua PC NU Kabupaten Serang Muhammad Robi IZT mengaku bersyukur atas antusias masyarakat khususnya warga NU yang awalnya hanya akan memberangkatkan 4 bus namun karena cinta warga NU kepada organisasi, dimana jasa NU sangat luar biasa. ”Antusias masyarakat membludak akhirnya sebanyak sekitar 480 orang dengan total 8 bis dengan formasi setiap bis 60 orang bahkan lebih yang berangkat hari ini,”ujarnya.

Robi memohon do’a sebagai generasi pelanjut bisa meneruskan amanah NU dan cita-cita kan para pendirinya, bahwa NU ini untuk merawat jagat dan peradaban. ”Tema kita adalah mendigdayakan NU menuju abad kedua menuju kebangkitan baru, kita tetap selain rasa syukur dengan terus ber evaluasi diri bermetamorfosis dan terus mengembangkan peran potensi bakat NU di setiap lini dan hadir untuk masyarakat dan bangsa negara ini,”tandasnya.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Wabup Serang Lepas Ratusan Warga Hadiri Puncak Harlah 1 Abad NU
aulmummc zf

INILAH SERANG

456 dibaca
Muaythai Banten Segel 10 Tiket PON XXI/2024

HUKUM & KRIMINAL

1606 dibaca
Aniaya Wartawan, Oknum Kades Darmasari Dilaporkan ke Polisi

POLITIK

2113 dibaca
Bantu Amankan Pilkada Serentak, 300 Personil Brimob Banten Dikerahkan
Top