Senin, 18 Januari 2021

Wabup Lebak: Guru Mempunyai Peranan Strategis dalam Pembangunan

Wabup Lebak Ade Sumardi [Foto:Fahdi Khalid/Inilahbanten.co.id]
Sabtu, 04 Agt 2018 | 15:54 WIB - Lebak Pendidikan

IBC, Lebak - Guru mempunyai peranan yang sangat penting, baik buruknya kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh standar kualitas guru. Oleh karena itu guru perlu meningkatkan kompetensinya. 

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi dihadapan ratusan guru pada acara  halal bi halal di Kecamatan Curugbitung pada Sabtu 4 Agustus 2018. Ade menekankan agar guru di Kabupaten Lebak dapat menjadi panutan bagi para muridnya, karena seorang anak biasanya lebih mendengar apa kata guru dibandingkan orang tuanya sendiri. "Investasi yang ditanamkan oleh seorang guru akan terasa sekitar 20 tahun kedepan,"kata Ade. 

Selain itu menurut dia, guru juga mempunyai peranan strategis dalam pembangunan serta dalam peningkatan ekonomi masyarakat. Namun menurutnya masih banyak pekerjaan rumah yang belum terselesaikan, terutama terkait pengangkatan Guru Honorer. 

Dengan begitu, Ade berjanji akan terus memperjuangan nasib guru honorer agar diangkat menjadi PNS. Dia mengingatkan agar guru, khususnya yang ada di Kabupaten Lebak untuk  menanamkan Ideologi Pancasila sejak dini kepada para siswa, karena Ideologi Pancasila merupakan ilia-nilai luhur budaya dan relegius bangsa Indonesia.

Pancasila berkedudukan sebagai dasar Negara dan ideologi Negara.
Selain berkedudukan sebagai dasar Negara, Pancasila juga berkedudukan sebagai Ideologi nasional bangsa Indonesia, sehingga nilai-nilai yang tercantumnya menjadi cita-cita normative bagi penyelenggaraan bernegara.

"Jangan sampai ada guru yang mengajarkan selain ideologi Pancasila kepada muridnya, kalau soal agama, itu lakumdinukum waliadin," ujarnya.

Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Lebak, Juanda mengatakan, bahwa acara halal bi halal yang digelar di Kecamatan Curugbitung ini dihadiri oleh guru dari 4 kecamatan, yaitu kecamatan Maja, Sajira, Maja dan Kecamatan Curugbitung.  Juanda mengatakan bahwa PGRI Lebak siap menjalankan semua amanat Wabup Lebak.

"Selama itu untuk meningkatkan professionalisme guru di Kabupaten Lebak, PGRI akan selalu siap menjadi garda terdepan,"ujarnya. 

Reporter: Fahdi Khalid
Redaktur: Akew
Bagikan:

KOMENTAR

Wabup Lebak: Guru Mempunyai Peranan Strategis dalam Pembangunan

BERITA TERKAIT

INILAH BANTEN

86 dibaca
HPN 2021 SMSI Sumbang Jalan dan Sarana Sanitasi
199 dibaca
Kapolda: Jadilah Polisi yang Empati, Mengayomi dan Dekat Dengan Rakyat

INILAH SERANG

47 dibaca
Bupati Tatu Beberkan Reaksi Pasca Divaksin
131 dibaca
Lakalantas Dua Truk di Tol Tangerang-Merak, Satu Meninggal Dunia

HUKUM & KRIMINAL

30 dibaca
Arief Budiman Diberhentikan, Ilham Jadi plt
130 dibaca
Jokowi Minta Aparat Tindaklanjuti Temuan Komnas HAM soal FPI

POLITIK

30 dibaca
Arief Budiman Diberhentikan, Ilham Jadi plt
139 dibaca
Partisipasi Masyarakat di Pilkades Diprediksi Tinggi

PENDIDIKAN

112 dibaca
Nadiem Makarim Bicara Korban Sriwijaya Air
254 dibaca
Tenaga Pengajar Berstatus ASN di Pandeglang Masih Minim
Top