Minggu, 24 Maret 2019

Wabup Lebak: Guru Mempunyai Peranan Strategis dalam Pembangunan

Wabup Lebak Ade Sumardi [Foto:Fahdi Khalid/Inilahbanten.co.id]
Sabtu, 04 Agt 2018 | 15:54 WIB - Lebak Pendidikan

IBC, Lebak - Guru mempunyai peranan yang sangat penting, baik buruknya kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh standar kualitas guru. Oleh karena itu guru perlu meningkatkan kompetensinya. 

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi dihadapan ratusan guru pada acara  halal bi halal di Kecamatan Curugbitung pada Sabtu 4 Agustus 2018. Ade menekankan agar guru di Kabupaten Lebak dapat menjadi panutan bagi para muridnya, karena seorang anak biasanya lebih mendengar apa kata guru dibandingkan orang tuanya sendiri. "Investasi yang ditanamkan oleh seorang guru akan terasa sekitar 20 tahun kedepan,"kata Ade. 

Selain itu menurut dia, guru juga mempunyai peranan strategis dalam pembangunan serta dalam peningkatan ekonomi masyarakat. Namun menurutnya masih banyak pekerjaan rumah yang belum terselesaikan, terutama terkait pengangkatan Guru Honorer. 

Dengan begitu, Ade berjanji akan terus memperjuangan nasib guru honorer agar diangkat menjadi PNS. Dia mengingatkan agar guru, khususnya yang ada di Kabupaten Lebak untuk  menanamkan Ideologi Pancasila sejak dini kepada para siswa, karena Ideologi Pancasila merupakan ilia-nilai luhur budaya dan relegius bangsa Indonesia.

Pancasila berkedudukan sebagai dasar Negara dan ideologi Negara.
Selain berkedudukan sebagai dasar Negara, Pancasila juga berkedudukan sebagai Ideologi nasional bangsa Indonesia, sehingga nilai-nilai yang tercantumnya menjadi cita-cita normative bagi penyelenggaraan bernegara.

"Jangan sampai ada guru yang mengajarkan selain ideologi Pancasila kepada muridnya, kalau soal agama, itu lakumdinukum waliadin," ujarnya.

Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Lebak, Juanda mengatakan, bahwa acara halal bi halal yang digelar di Kecamatan Curugbitung ini dihadiri oleh guru dari 4 kecamatan, yaitu kecamatan Maja, Sajira, Maja dan Kecamatan Curugbitung.  Juanda mengatakan bahwa PGRI Lebak siap menjalankan semua amanat Wabup Lebak.

"Selama itu untuk meningkatkan professionalisme guru di Kabupaten Lebak, PGRI akan selalu siap menjadi garda terdepan,"ujarnya. 

Reporter: Fahdi Khalid
Redaktur: Akew
Bagikan:

KOMENTAR

Wabup Lebak: Guru Mempunyai Peranan Strategis dalam Pembangunan

BERITA TERKAIT

PEMERINTAHAN

6740 dibaca
Soal Tiga Guru Dilantik jadi Pejabat, Gubernur WH: Apa, Apa?
5891 dibaca
Guru Diangkat jadi Pejabat, Ombudsman Sebut Melanggar SE MenPAN- RB
1716 dibaca
Ini 202 Nama Pejabat Pemprov Banten yang Dilantik
dvvdv wagub

POLITIK

594 dibaca
Gubernur Wahidin Ajak Warga NU Banten Dukung Ma'ruf Amin di Pilpres
475 dibaca
Pelapor ASN Dukung Calon DPD RI Anak Gubernur Banten Diperiksa Bawaslu
194 dibaca
Survei Demokrat: Masyarakat Tidak Puas atas Kinerja Gubernur dan Wagub Banten

HUKUM & KRIMINAL

257 dibaca
Personil Polsek Cikande Berhasil Selamatkan Uang Nasabah Rp80 Juta
244 dibaca
Kepergok Akan Mencuri, Warga Lampung Tewas di RSUD Serang

PERISTIWA

226 dibaca
BNN Banten Musnahkan 10 Kg Sabu Senilai Rp10 Miliar
Top