Minggu, 24 Maret 2019

UPT Dihapus, Dimutasi Kemana Pegawainya?

Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban.(Foto: lnilahBanten/Saepullah)
Selasa, 19 Des 2017 | 19:28 WIB - Pandeglang Pemerintahan

IBC, Pandeglang - Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 12 Tahun 2017 Tentang Pedoman Pembentukan dan Klasifikasi Cabang Dinas dan Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah dipastikan mulai berlaku efektif awal tahun 2018.

Melalui aturan itu, Unit Pelaksana Teknis (UPT) seperti dilingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud), Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya ditiadakan. Lantas kemana ribuan pegawai di UPT yang saat ini bertugas?

Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban mengungkapkan, dengan akan segera diberlakukannya aturan itu, maka kini pihaknya tengah menyiapkan rencana peleburan pegawai.

"Contoh pegawai UPT Pendidikan dan Kesehatan akan dikembalikan ke OPD masing-masing. Karena masih banyak posisi yang masih kosong," kata Tanto kepada wartawan pada Selasa, 19 Desember 2017.

Sejak diberlakukannya Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) baru awal tahun lalu, mengakibatkan banyak jabatan di bidang dan seksi yang belum terisi.

"Soal pegawai, akhir tahun ini akan dievaluasi apakah kembali ke OPD atau mengisi OPD lain yang masih kosong. Karena sekarang perubahan (SOTK, red) ini banyak bidang dan seksi di bawah yang masih kosong, nah mungkin nanti akan ditempatkan atau diperbantukan di situ," lanjutnya.

Akan tetapi, skema dan formulasi penempatan itu kini masih dibahas di OPD bersangkutan. Hanya saja menurut Tanto, dengan dihilangkannya instansi UPT, maka nantinya akan dibuat perwilayah yang menaungi beberapa kecamatan.

"Dengan aturan tersebut, maka ruang lingkup pelayanan dari OPD akan lebih kecil. Mungkin nanti akan diwilayahkan, bisa saja per lima kecamatan," tandasnya.

Reporter: Saepullah
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

UPT Dihapus, Dimutasi Kemana Pegawainya?

PEMERINTAHAN

6740 dibaca
Soal Tiga Guru Dilantik jadi Pejabat, Gubernur WH: Apa, Apa?
5891 dibaca
Guru Diangkat jadi Pejabat, Ombudsman Sebut Melanggar SE MenPAN- RB
1715 dibaca
Ini 202 Nama Pejabat Pemprov Banten yang Dilantik
dvvdv wagub

POLITIK

588 dibaca
Gubernur Wahidin Ajak Warga NU Banten Dukung Ma'ruf Amin di Pilpres
474 dibaca
Pelapor ASN Dukung Calon DPD RI Anak Gubernur Banten Diperiksa Bawaslu
194 dibaca
Survei Demokrat: Masyarakat Tidak Puas atas Kinerja Gubernur dan Wagub Banten

HUKUM & KRIMINAL

254 dibaca
Personil Polsek Cikande Berhasil Selamatkan Uang Nasabah Rp80 Juta
244 dibaca
Kepergok Akan Mencuri, Warga Lampung Tewas di RSUD Serang

PERISTIWA

226 dibaca
BNN Banten Musnahkan 10 Kg Sabu Senilai Rp10 Miliar
Top