Selasa, 21 Januari 2020

Umat ​​Rasulullah yang Masuk Golongan Ahli Neraka

[foto ilustrasi]
Jumat, 10 Jan 2020 | 17:29 WIB - Mozaik Islami

RASULULLAH SAW pernah memperbaiki kesedihan yang luar biasa jadi sampai menitikkan air mata. Rasulullah SAW bersyukur lagi nanti tentang umat yang termasuk golongan neraka, karena neraka memiliki tujuh buah pintu yang masing-masing disesuaikan dengan amal ibadahnya.

Nabi Muhammad SAW suatu kompilasi didatangi oleh Malaikat Jibril yang akan menurunkan wahyu dari Allah SWT tentang neraka dan pintu-pintunya.

Rasulullah SAW kemudian meminta Malaikat Jibril untuk mengutip golongan umat yang akan melewati pintu-pintu itu. "Wahai Jibril, siapakah yang akan membuka pintu pertama?" tanya Rasulullah SAW.

"Pintu pertama dinamakan Hawiyah, yang diperuntukkan bagi kaum munafik dan kafir," jawab Malaikat Jibril. Rasulullah SAW Sangat Sedih. "Lalu siapakah yang akan melewati pintu kedua? Tanya Rasul Kembali.

"Pintu kedua dinamakan Jahim, yang diperuntukkan bagi kaum musyrikin," jelas Malaikat jibril. "Bagaimana dengan pintu ketiga?" tanya Rasulullah SAW kembali.

"Pintu tiga dinamakan Saqar, yang diperuntukkan bagi kaum Shobiin atau kaum penyembah api," jawab Malaikat Jibril.

"Selanjutnya pintu depan untuk siapa?" tanya Rasulullah SAW.

"Pintu Empat dinamakan Ladha, untuk iblis dan pengikutnya," jawab Jibril.Rasulullah SAW terdiam pemutaran, ia berharap tidak ada satu pintu yang diperuntukkan bagi umatnya.

"Kemudian pintu keluar dan keenam untuk siapa?" kata Rasululah SAW.

"Pintu keluar dinamakan Huthomah, diperuntukkan untuk orang Yahudi, sedangkan pintu keenam dinamakan Sa'ir untuk kaum kafir," jelas Malaikat Jibril.

"Wahai Jibril, sekarang ceritakanlah kepadaku tentang pintu neraka yang ketujuh itu?" pinta Rasulullah SAW.

Dapatkan pertanyaan seperti itu, Malaikat Akan tetapi karena Rasulullah SAW terus mendesaknya, maka Malaikat Jibril tak berhak menolaknya.

"Ya Rasulullah, pintu ke tujuh yang diperuntukkan bagi umatmu yang berdosa besar dan meninggal dunia sebelum diterima tobat," jelas Malaikat Jibril yang sedikit kesulitan.

Segera dengarkan penjelasan yang terkahir ini, Rasulullah SAW langsung pingsan seketika itu juga. Dia tak menyangka bahwa umatnya pun menyediakan tempat di neraka. Setelah sadar dari pingsannya, Rasululah SAW masih tampaksedih sekali. Dia tidak dapat menahan air.

Sungguh Nabi dan Rasul yang snagat peduli terhadap umatnya, bahkan setelah sepeninggalnya.Semoga kita mendapat syafa'at dari Rasulullah SAW. "Wahai Jibril, aku sangat sedih sekali mendengarkan penjelasanmu. Apakah ada umatku nanti yang akan masuk ke pintu ke tujuh itu?" tanya Rasulullah SAW dengan kesedihan yang mendalam.

Dan ternyata Malikat Jibril mengangguk yang berarti memang ada dari umat Nabi Muhammad yang masuk ke dalam melalui pintu ke tujuh.Namun, hanya umat Nabi Muhammad SAW yang melakukan dosa besar dan mati sebelumbertobat saja yang akan membuka pintu ke tujuh itu.

Asbabun Nuzul.

Selama beberapa hari setelah kedatangan Malaikat Jibril itu, Rasulullah SAW tidak berbicara dengan orang lain.Beliau hanya mengurung diri di Wisma. Dia hanya keluar dari rumah jika ke masjid selesai tiba waktu shalat, setelah shalat Dia kembali mengurung diri di rumah.

Para sahabat yang terlihat pun turut membantu dan meneteskan udara mata. Mereka kemudian mengunjungi rumah RasulullahSAW dan meminta perihal perasaan senang yang telah dialami. "Ya Rasululah, Mengapa muncul sangat sedih sekali," tanya salah seorang sahabat.

"Wahai sahabatku, sungguh Jibril telah datang kepadaku dan mengundang wahyu tentang neraka yang memiliki tujuh pintu," ujar Rasulullah SAW.

"Ya Rasulullah, adakah satu pintu untuk kami semua?" tanya sahabat.

Dengan menitikkan air mata, Rasululah menganggukkan kepala. "Salah satu pintu yang diperuntukkan bagi umatku yang mnelakukan dosa besar dan mati sebelum bertaruh bagi Allah SWT," ujar Rasulullah SAW.

Setelah berhenti terdiam, Rasulullah SAW melanjutkan penuturannya. "Oleh karena itu, janganlah sekali-kali membantah oleh tipu daya iblis, karena ia adalah musuh yang nyata dan akan menjerumuskan ke dalam kesulitan," lanjut Rasulullah SAW kepada para sahabatnya.

Kisah yang merupakan asbabun nuzul atau sebab turunnya ayat Alquran, Surat Al Hijr ayat 14.

Allah SWT berfirman,

Artinya: "Jahanam itu memiliki tujuh pintu, masing-masing pintu (telah ditentukan) untuk golongan yang tertentu dari mereka." [lnilahcom]

Bagikan:

LAINNYA

Solusi Supaya Doa Cepat Dikabulkan Allah
Senin, 20 Jan 2020 | 21:17 WIB
Solusi Supaya Doa Cepat Dikabulkan Allah
Semua Menangis di Hari Kiamat ditolak 3 Hal Ini
Minggu, 19 Jan 2020 | 13:06 WIB
Semua Menangis di Hari Kiamat ditolak 3 Hal Ini
Seorang Muslim Lebih Bernilai Dibandingkan Dunia
Sabtu, 18 Jan 2020 | 14:28 WIB
Seorang Muslim Lebih Bernilai Dibandingkan Dunia
Subhanallah, Kita Lelah Saja Disukai Oleh Allah
Sabtu, 18 Jan 2020 | 00:24 WIB
Subhanallah, Kita Lelah Saja Disukai Oleh Allah

KOMENTAR

Umat ​​Rasulullah yang Masuk Golongan Ahli Neraka
x.ackd

PEMERINTAHAN

231 dibaca
Bupati Serang: APBD Rp 3 Triliun Adalah Amanah Rakyat
325 dibaca
Lantik 277 Pejabat, Bupati Serang Minta Pemerintah Kecamatan Siaga Bencana

POLITIK

281 dibaca
Buka Pendaftaran Calon PPK, KPU Pastikan Tak Ada Titipan 
484 dibaca
KPU Kabupaten Serang Buka Pendaftaran Calon Anggota PPK

HUKUM & KRIMINAL

139 dibaca
Resmob Polda Banten Ringkus Pelaku Curanmor dan Penadah

PERISTIWA

228 dibaca
Banjir, Ratusan Rumah di Kecamatan Kasemen Terendam

EKONOMI & BISNIS

204 dibaca
Andika: Banten Siap Dukung Kebijakan Strategis OJK
Top