Sabtu, 26 September 2020

TPID Kabupaten Serang Pastikan Kebutuhan Masyarakat Berupa Sembako Tak Terganggu

Rabu, 22 Jul 2020 | 12:47 WIB - Serang Pemerintahan

lBC, Serang - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Serang memastikan bahwa kondisi stok produksi, distribusi akan kebutuhan masyarakat berupa sembako tidak terganggu. Terlebih menjelang harai raya Idul Adha 1441 Hijriyah.

Hal itu disampaikan Pelaksana Harian TPID Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sachiri dalam sambutan pada Rapat Koordinasi  TPID Kabupaten Serang tahun 2020 yang dibacakan Asisten Daerah (Asda) II, Adjat Gunawan di ruang rapat KH. Syam’un pada Rabu, 22 Juli 2020. Hadir pada rakor tersebut Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Serang, para Kepala OPD selaku Anggota TPID Kabupaten Serang.

Adjat mengatakan, rakor yang dilaksanakan sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2017 yang memiliki tugas sebagai Tim Pengendalian Inflasi Nasional, dalam melakukan pengumpulan data informasi barang kebutuhan pokok pada tingkat kabupaten.

"Dalam menghadapi Idul Adha 1441 H sudah menjadi hukum ekonomi ketika ada kegiatan-kegiatan besar seperti itu, pasti banyak hal yang berhubungan dengan peningkatan konsumsi. terlebih berbicara produksi, distribusi dan konsumsi dalam menghadapi hari-hari besar itu, tentu harus menjadi perhatian kita,”ujarnya.

Sambung Adjat Gunawan, bahwa sumber utama inflasi disebabkan peningkatan harga komoditas seperti bawang merah, bawang putih dan cabai. Sementara komoditas penahan inflasi seperti beras, telur ayam ras dan minyak goreng, menjelang Idul Adha disinyalir harga komoditas  akan mengalami kenaikan.

“Persoalan inflasi tidak bisa dipisahkan dari urusan pangan rakyat. sehingga seluruh pihak berkewajiban memikirkan dan mengurusi persoalan masyarakat. Bahkan komoditi seperti cabai merah, bawang merah, bawang putih, minyak goreng, daging ayam dan lainnya, yang sempat dikeluhkan masyarakat maupun para pedagang,”terangnya.

Dalam menghadapi permasalahan tersebut, diharap TPID Kabupaten Serang bersama Bank Indonesia untuk menjaga ketersediaan pasokan dan kelancaran distribusi mengupayakan keterjangkauan harga serta meningkatkan efektifitas komunikasi bersama instansi terkait.  

Diketahui, dalam rakor tersebut ada empat poin bagi pemerintah daerah meliputi, Pertama memastikan bahwa produksi yang tersedia ditingkat lapangan apakah itu pertanian, peternakan, perikanan dan sembako lainnya itu benar-benar harus dipastikan tersedia dan bisa terdistribusi dengan normal.

Kedua, untuk mengendalikan pasar kalau terjadi fluktuasi harga diluar kewajaran, maka harus ada operasi pasar pemda, baik itu dilakukan oleh diskoperindag maupun instansi terkait lainnya. Ketiga, untuk menjaga tetap stabilnya  persediaan  sembako

Keempat, karena ini menghadapi idul adha 1441 h , maka tentu juga dari sisi lain pengamanan keamanan dan ketertiban masyarakat perlu di waspadai sehingga tidak mengganggu inflasi di daerah.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

TPID Kabupaten Serang Pastikan Kebutuhan Masyarakat Berupa Sembako Tak Terganggu

PEMERINTAHAN

134 dibaca
Wagub Andika Lantik Pjs Bupati Serang dan Pandeglang
423 dibaca
Pemkab Serang jadi Pilot Project Arsitektur SPBE Nasional

POLITIK

269 dibaca
Dapat Nomor Urut 1, Tatu-Pandji Siap Tuntaskan Pembangunan
184 dibaca
Terapkan Prokes Covid, KPU Tetapkan Nomor Urut Paslon Bupati dan Wabup Serang
342 dibaca
KPU Tetapkan Dua Paslon Bupati dan Wakil Bupati Serang

HUKUM & KRIMINAL

64 dibaca
Dua Gadis ABG Digilir Tujuh Pemuda
292 dibaca
Polres Serang Berhasil Ungkap Jaringan Narkoba Lintas Provinsi

PERISTIWA

277 dibaca
Curi Kotak Amal, TSP jadi Bulan-bulanan Warga
438 dibaca
Razia Prokes, Gugus Tugas Kabupaten Serang Sanksi Puluhan Pelanggar

EKONOMI & BISNIS

93 dibaca
Dukung Ketahanan Pangan, Polda Banten PT. IP Budidaya Ikan
Top