Minggu, 19 Mei 2024

Tolak Konsep Khilafah, Mahasiswa Minta HTI Dibubarkan

(Foto-lnilahBanten/Putra)
Sabtu, 29 Apr 2017 | 14:30 WIB - Serang Politik

lB, Serang - Ratusan mahasiswa menggelar diskusi lintas organisasi mahasiswa se-Provinsi Banten. Dalam diskusi yang dilaksanakan Forum Silaturahim Mahasiswa (FSM) ini, mahasiswa sama-sama sepakat menolak konsep Khilafah dan meminta agar Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dibubarkan.

Koordinator FSM, Ahmad Kosasih mengatakan forum yang digelar dengan mengusung tema "Apakah Relevan Khilafah di Indonesia" dibuat dari keresahan mahasiswa atas beredarnya video mahasiswa yang menginginkan konsep khilafah di Indonesia.

"Kita ingin HTI dibubarkan, dengan adanya deklarasi mahasiswa di Bogor yang ingin menjadikan Indonesia sebagai negara khilafah, itu adalah bukti pengkhianat Pancasila dan UUD 1945," kata Kosasih saat ditemui di Kota Serang pada Jum'at, 28 April 2017.

Hal senada disampaikan salah satu mahasiswa yang sama-sama resah atas konsep yang dilakukan HTI. Sebab, bagi dirinya konsensus kebangsaan tetap harus dijaga sebagai pemersatu bangsa dan Indonesia berdiri tidak hanya dibangun satu kelompok dan agama saja.

"Ini Indonesia, Islamnya ya Islam Indonesia. Khilafah ya NKRI tidak harus dibuat menjadi negara Islam, HTI itu ya harus dibubarkan, lah wong mengancam keutuhan berbangsa dan bernegara kita," kata Rendy Muhamad Yani, Koordinator Pusat BEM Banten.

Sementara Ketua Himpunan Mahasiswa Buddhi Indonesia (Hikmahbuddhi) Serang bersependapat dengan nilai luhur pancasila yang mempersatukan beragaman agama dan budaya. "Pancasila mempunyai nilai luhur yang mempersatukan kita," tandasnya.

Reporter: Vredo Nm
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Tolak Konsep Khilafah, Mahasiswa Minta HTI Dibubarkan

BERITA TERKAIT

INILAH SERANG

887 dibaca
Residivis Ini Ditangkap Usai Gasak Motor Milik Bidan
1617 dibaca
Musda ke III, Semua Anggota Berpotensi jadi Ketua IJTI Pengda Banten

HUKUM & KRIMINAL

1744 dibaca
Terkena Luka Tusuk, Santri di Pandeglang Tewas
2082 dibaca
Tanah Warga Jawilan Diserobot Pengusaha

POLITIK

688 dibaca
Bupati Serang Minta KPPI Beri Pemahaman Politik ke Masyarakat
1400 dibaca
Hanya Ingin Dampingi Tatu, Pandji Daftar ke Gerindra

PENDIDIKAN

1232 dibaca
Putra Bupati Serang Raih Emas Pada Kompetisi Sains di India
1373 dibaca
Peningkatan Rata-rata Lama Sekolah Kabupaten Serang Tertinggi
Top