Minggu, 24 Maret 2019

TKA Marak, Puluhan Mahasiswa Demo Disnakertrans Banten

[Foto: Arif Soleh/Inilahbanten.co.id]
Selasa, 12 Mar 2019 | 15:13 WIB - Banten Peristiwa

IBC, Serang- Puluhan massa dari Himpunan Mahasiswa Serang (Hamas) melakukan aksi unjukrasa di depan Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten di Kawasan Pusat Pemerintah Provinsi Banten (KP3B) Curug Kota Serang pada Selasa, 12 Maret 2019. Dalam aksi mereka menyoroti maraknya tenaga kerja asing (TKA) di Banten.

Koordinator Aksi Diki Darmawan mengatakan, bahwa dengan sempitnya kesempatan kerja yang diperoleh masyarakat bahkan tak mampu lagi menampung pekerja yang bertambah setiap tahun. Ironisnya, ditengah kondisi seperti ini tenaga kerja asing yang masuk ke Indonesia semakin ramai. 

Sambung Diki, bahwa menurut Undang-undang No.13 tabun 2003 tentang Ketenagakerjaan, tenaga kerja asing adalah warga negara asing pemegang visa dengan maksud bekerja di indonesia. Didalam undang-undang teraebut juga menegaskan ketentuan bahwa setiap pengusaha dilarang mempekerjakan orang-orang tanpa izin tertulis dari instansi terkait. 

"Namun realitanya masih banyak tenaga kerja asing non teknis atau tanpa keahlian dapat dengan mudah bekerja dan berkeliaran di Provinsi Banten salah satunya di Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang," kata Diki Darmawan dalam orasinya. 

Untuk itu, mahasiswa mendesak kepada Disnakertrans Banten untuk menertibkan TKA di perusahaan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Kontrol penuh Kontrol penuh TKa di Banten, dan optimalisasi Undang-undang No. 14  Tahun 2008 tentang Keterbukaan. 

Pantauan dilokasi puluhan mahasiswa tiba di depan Gerbang Kantor Disnakertrans Banten sekira pukul 14.15 WIB. Mereka membawa atribut dalam bentuk spanduk dan bendera organisasi mahasiswa. 

Berselang tiga puluh menit, aksi yang dikawal petugas Kepolisian dari Mapolres Serang Kota akhirnya dipersilahkan untuk masuk gedung untuk melakukan audensi. Tampak puluhan mahasiswa diterima langsung Kepala Disnakertrans Banten, Hamidi, Sekretaris Disnakertrans Banten, Hudaya Firdaus.

"Kami sudah dua kali pada minggu kemarin sidak ke Pabrik semen merah putih di Bayah, Lebak. Dan Jum'at kemarin ke Krakatau Steel Cilegon, kegiatan usaha kita juga pantau dan sudah kita sampaikan ke pimpinan," ujar Hamidi mengawali dialog.

Reporter: Arif Soleh
Redaktur: Khaerunnisa
Bagikan:

KOMENTAR

TKA Marak, Puluhan Mahasiswa Demo Disnakertrans Banten

PEMERINTAHAN

6739 dibaca
Soal Tiga Guru Dilantik jadi Pejabat, Gubernur WH: Apa, Apa?
5890 dibaca
Guru Diangkat jadi Pejabat, Ombudsman Sebut Melanggar SE MenPAN- RB
1714 dibaca
Ini 202 Nama Pejabat Pemprov Banten yang Dilantik
dvvdv wagub

POLITIK

503 dibaca
Gubernur Wahidin Ajak Warga NU Banten Dukung Ma'ruf Amin di Pilpres
465 dibaca
Pelapor ASN Dukung Calon DPD RI Anak Gubernur Banten Diperiksa Bawaslu
192 dibaca
Survei Demokrat: Masyarakat Tidak Puas atas Kinerja Gubernur dan Wagub Banten

HUKUM & KRIMINAL

188 dibaca
Personil Polsek Cikande Berhasil Selamatkan Uang Nasabah Rp80 Juta
239 dibaca
Kepergok Akan Mencuri, Warga Lampung Tewas di RSUD Serang

PERISTIWA

225 dibaca
BNN Banten Musnahkan 10 Kg Sabu Senilai Rp10 Miliar
Top