Kamis, 17 Januari 2019

Tips Sederhana Kendalikan Hawa Nafsu

[foto ilustrasi]
Jumat, 12 Okt 2018 | 22:02 WIB - Mozaik Islami

SECARA akal sehat kita tahu bahayanya seseorang sesuai hawa nafsu. Bahkan, aku akan bisa terjatuh ke dalam syirik karena dia memperbudarkan dirinya kepada hawa nafsu dan menyembahnya.

Nah, bagaimana cara agar bisa selamat dari penyembahan hawa nafsu tersebut? Ustaz Said Abu Ukasyah memberikan dua kiat berikut semoga bisa membantu Anda.

Kiat umum mengendalikan nafsu

1. Konsultasikan kepada dua “Dewan Pertimbangan Jiwa”, yaitu Agama Islam dan Akal Sehat sebelum melangkah

Imam Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyah berkata, "Tatkala seorang yang sudah baligh dengan hawa nafsu, tidak seperti binatang (dan tidak waktu bersama), dan setiap waktu ia menghadapi gejolak hawa nafsu, maka dianugan kembali dua penentu hasil, yaitu agama Islam dan akal kata-kata yang bisa diperintahkan untuk mengkonsultasikan gejolak hawa nafsu yang menjadi dua penentu.

Maksudnya, ulama sudah menjelaskan bahwa setiap kali seseorang sesuai masalah, sebelum mengambil langkah, ia tertuntut untuk muhasabah (introspeksi) diri, agar bisa memutuskan langkah yang tepat, yaitu langkah yang diridhai oleh Allah Taala.

Untuk bisa memutuskan langkah yang tepat, maka haruslah dikonsultasikan terlebih dahulu kepada penentu hasil yang asasi, yaitu syariat Islam, ia harus menimbang hasil yang akan dinilainya dengan syariat Islam, dan ia menggunakan akal sehatnya agar bisa memahami syariat Islam dengan baik, mengokohkan keimanannya, dan membantunya dalam kadar maslahat dan mudharat yang ada.

Jika sebuah alternatif keputusan sesuai dengan syariat Islam dan akal sehatnya, maka diambillah keputusan tersebut, namun jika tidak, maka ditinggalkannya. Dan ketahuilah bahwa agama Islam pastilah selaras dengan akal sehat (tepatnya akal yang lurus dan sesuai dengan fitrah), keduanya mungkin bertentangan.

Orang yang tidak sudi menghambakan leher kepada hawa nafsu adalah orang yang selalu menimbang masalah dengan hiburan syariat dan akal sehat. Dengan mereka ia kendalikan hawa nafsunya

2. Anda galau? Jauhilah apa yang paling sempurna hawa nafsu Anda

Sebagian Salafus Shalih berkata,

"Jika Anda menggunakan dua alternatif pilihan keputusan, Anda tidak tahu mana yang paling berbahaya, maka Anda akan menemukan sesuatu yang paling dekat dengan Anda, karena sikap yang dekat dengan kesalahan itu ada pada saat hawa nafsu".

Tidak jarang karena minimnya ilmu syari yang dikerjakan seseorang dan kelemahan akal sehatnya, maka dalam konteks perkara, ia menemui kesulitan.

Ia bingung mengumpulkan dua alternatif keputusan, mana yang sudah, padahal, ia harus mengambil keputusan sekarang, tidak ada orang yang bisa dihubungi untuk mencampurnya. Maka sebagian salaf sudah memberikan resep mudah untuk kita, yaitu mengirimlah sesuatu yang paling dekat dengan hawa nafsumu atau paling indah hawa nafsumu! Dan pilihlah sebuah keputusan yang terjauh dari hawa nafsumu.

Mengapa demikian? Rahasianya ditemukan dalam ucapan Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyah rahimahullah berikut ini, "Ketika sikap yang sering terjadi pada orang yang mengikuti hawa nafsu, syahwat dan amarah adalah tidak bisa berhenti sampai pada batas mengambil manfaat saja (darinya), karena itu (banyak) nafsu , syahwat, dan amarah dalam konteks yang tercela, karena dominannya bahaya yang ditimbulkannya (dan) orang-orang yang jarang yang mampu melakukan tengah-tengah dalam hal itu (mengatur nafsu, syahwat, dan amarahnya- terpendam) ". Wallahu alam. [lnilah]

Sumber: Asbabut Takhallaush minal hawa karangan Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyah rahimahullah

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

LAINNYA

Menjadi Pemimpin Umat itu Harus Rajin Membaca
Kamis, 17 Jan 2019 | 06:26 WIB
Menjadi Pemimpin Umat itu Harus Rajin Membaca
Awas! Jangan Makan Uang Haram Jelang Pemilu
Rabu, 16 Jan 2019 | 20:13 WIB
Awas! Jangan Makan Uang Haram Jelang Pemilu
Bonus Pengembalian Utang Tetap Riba Meski Ikhlas
Rabu, 16 Jan 2019 | 18:09 WIB
Bonus Pengembalian Utang Tetap Riba Meski Ikhlas
Setiap Jiwa tak Mati Sampai Rezekinya Sempurna
Rabu, 16 Jan 2019 | 11:31 WIB
Setiap Jiwa tak Mati Sampai Rezekinya Sempurna

KOMENTAR

Tips Sederhana Kendalikan Hawa Nafsu

PEMERINTAHAN

186 dibaca
Lantik 223 Pejabat, Bupati Serang Sebut Agar Kinerja Lebih Baik
177 dibaca
Pertama di Indonesia, Inspektorat Kabupaten Serang Integrasikan Dua ISO
278 dibaca
Bupati dan Wakil Bupati Lebak Dilantik Gubernur Banten

POLITIK

3903 dibaca
Gubernur Banten Wahidin Halim Dilaporkan ke Bawaslu
834 dibaca
Dukung Prabowo-Sandi, Caleg PBB di Banten Bentuk Pass Lantang
151 dibaca
Debat Capres Bisa untuk Curi Perhatian Rakyat

HUKUM & KRIMINAL

213 dibaca
Mayat Wanita di Cipocok Jaya Ternyata Dibunuh
101 dibaca
Polisi Ringkus Pelaku Curanmor, Penadah dan Pengoplos
326 dibaca
Diduga Otak Pengeroyokan Santri, MH Terancam Dijemput Paksa

PERISTIWA

70 dibaca
Peran Media Penting dalam Sosialisasi Millennial Road Safety Festival
129 dibaca
Gubernur Berikan Bantuan Seragam Sekolah untuk Korban Tsunami

EKONOMI & BISNIS

88 dibaca
Sri Mulyani Jamin Usaha Kecil Digital Bebas Pajak
190 dibaca
Pulihkan Anyer, Pemprov Banten Tinjau Pelarangan Rapat di Hotel
Top