Minggu, 03 Juli 2022

Tips Menjaga Ponsel Baru Supaya Awet dan Tahan Lama

[Foto Samsung]
Senin, 21 Feb 2022 | 16:31 WIB - Teknologi

Masih di awal tahun dan tidak ada salahnya jika Anda baru saja mengganti ponsel lama dengan yang paling terbaru dari merk terkenal seperti Samsung Galaxy A32. Sudah pasti, penampilan Anda juga akan semakin keren dengan menenteng ponsel canggih.

 

Khusus bagi Anda yang memang baru-baru ini mengganti ponsel, tentunya Anda tidak ingin merusaknya. Untuk itulah, ada beberapa tips di bawah ini yang bisa Anda perhatikan untuk menjaga ponsel agar tetap seperti baru dan menghindari kerusakan.

 

Pindahkan Kontak

Cara pertama yang perlu dilakukan saat akan memindahkan kontak adalah dengan menyimpan nomor-nomor yang kamu simpan di SIM card. Hal ini dilakukan karena ketika Anda berganti ponsel, maka hanya tinggal memasukkan kartu SIM dan semua nomor yang ada di dalamnya tersimpan di ponsel baru.

 

Namun, jika tidak bisa maka Anda bisa menyimpan nomor-nomor tersebut pada Google Drive atau Cloud yang disediakan perangkat. Jika ingin manual, Anda bisa memasukkan nomor satu-satu, namun cara ini tentu akan memakan waktu yang lebih lama.

 

Menggunakan Charger Original

Ini merupakan hal yang vital dalam penggunaan ponsel. Menggunakan charger dari pabrik tempat ponsel itu dirilis atau yang original tentunya akan membantu Anda dalam menjaga umur baterai ponsel.

 

Ini juga akan membuat baterai ponsel Anda tahan lama. Sebaliknya, jika Anda menggunakan sembarang charger yang sesuai dengan standar ponsel, maka adanya ketidakcocokan itulah yang membuat ponsel lebih cepat rusak.

 

Penggunaan power bank saat melakukan pengisian juga tidak disarankan terlalu sering, panas dari power bank akan mengakibatkan ponsel jadi cepat rusak.

 

Rutin Membersihkan Ponsel dari Debu

Menggunakan ponsel sangat mudah, dari segi pemakaian dan kemudahannya dibawa kemana-mana dalam sebuah genggaman. Bagi Anda yang rutin keluar rumah dan membawa ponsel, pasti membuat ponsel Anda mudah terkena debu dan bakteri.

 

Ponsel yang memiliki debu yang mengendap terlalu lama akan membuat ponsel jadi lebih cepat panas. Maka sebaiknya, jika sudah sampai di rumah dari bepergian sepanjang hari, Anda harus rutin membersihkan debu yang menempel.

 

Cara membersihkannya juga sangat mudah, hal yang perlu disiapkan hanya sebuah kain sejenis lap. Namun, jika Anda ingin membersihkan ponsel dengan maksimal, bisa menggunakan lap microfiber atau lap untuk kacamata.

 

Isi Daya Sesuai Kebutuhan

Banyak yang mengira, mengisi ponsel hingga 100 persen akan membuat ponsel jadi lebih awet. Padahal semua itu salah. Baterai ponsel terbuat dari bahan lithium-ion yang kapasitasnya malah akan turun jika mendapatkan tegangan yang tinggi.

 

Anda perlu mengetahui bahwa lapisan lithium metalik pada baterai akan memicu keadaan ponsel terganggu jika terus mendapatkan arus listrik. Maka Anda disarankan untuk melakukan pengisian baterai di angka 30 hingga 80 persen agar voltase baterainya tetap rendah.

 

Dengan cara ini, maka baterai ponsel Anda akan lebih awet dan tahan lama.

 

Jangan Menggunakan Ponsel di Tempat Panas

Tips yang satu ini tidak kalah penting saat ingin merawat ponsel pintar Anda. Ponsel akan memiliki sebuah perangkat yang sensitif jika digunakan di ruangan atau tempat bersuhu tinggi.

 

Suhu normal dari pengggunaan ponsel adalah sekitar 16 hingga 30 derajat celcius. Jika Anda hendak keluar rumah, maka cobalah untuk menyimpan ponsel di tempat yang sejuk dan tertutup seperti tas.

 

Jangan Bermain Game saat Mengisi Daya

Bermain game adalah salah satu yang sering dilakukan pengguna ponsel pintar khususnya anak remaja. Tidak heran jika banyak anak muda yang menggunakan ponsel dan menghabiskan waktu dengan bermain game, bahkan saat ponsel terisi, mereka tetap memainkannya.

 

Padahal ini adalah satu satu budaya yang harus dihilangkan. Jika sedang melakukan pengisian daya baterai dan tetap dimainkan seperti biasa, maka daya baterainya akan membesar sehingga baterai akan lebih mudah drop.

 

Anda juga harus mengatur aplikasi apa saja yang biasanya menghabiskan banyak RAM dan CPU dalam ponsel. Ini dilakukan supaya baterai ponsel Anda lebih awet dan tahan lama.

 

Gunakan Pelindung Layar agar Ponsel Aman

Terkadang kita tidak hati-hati saat mengunakan ponsel sehingga bisa saja benda itu jatuh ke lantai atau ke tempat yang bertekstur keras. Maka dari itu, penting bagi Anda melindung ponsel dari pelindung layar dan case supaya mampu melindungi LCD ponsel dan body dari goresan saat terjatuh.

 

Selain itu, menggunakan pelindung ini akan membuat Anda merasa aman meletakkan ponsel di dekat benda-benda yang tajam, ketika ponsel jatuh maka akan membuat goresan kecil yang ada pada pelindung tersebut.

 

Hapus Aplikasi Tidak Penting

Ponsel Anda mungkin sering mengalami slow respon saat digunakan, maka  dari itu penting bagi Anda untuk menghapus beberapa aplikasi yang memakan banyak RAM. Selain itu menghapus aplikasi yang tidak penting dapat menormalkan performa ponsel yang mulai turun.

 

Itulah 8 tips yang berguna bagi Anda baru saja membeli ponsel baru baik secara offline atau melalui e-commerce seperti Blibli. Jangan sampai, ponsel baru Anda lebih cepat rusak karena pemakaian yang sembarangan.

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Tips Menjaga Ponsel Baru Supaya Awet dan Tahan Lama

INILAH SERANG

106 dibaca
Warga Binuang Digegerkan Penemuan Bayi Perempuan di Semak-semak
101 dibaca
Tabrak Mobil Pick Up, Pengendara Motor Beat Tewas
122 dibaca
Tim Polsek Carenang Tangkap Pelaku Penggelapan Mobil Truk

HUKUM & KRIMINAL

122 dibaca
Tim Polsek Carenang Tangkap Pelaku Penggelapan Mobil Truk
121 dibaca
Personil Polsek Cikeusal Amankan Pelaku Curanmor dari Amukan Warga
118 dibaca
Beli Sabu, Pedagang Ikan Diringkus Satreskoba Polres Serang

POLITIK

95 dibaca
Andika Sebut PK dan PL Ujung Tombak Kemenangan Golkar di Pemilu 2024
97 dibaca
Garap Pemenangan Pemilu 2024 Golkar di Jawa I, Andika Hazrumy Turun Gunung
161 dibaca
Deklarasi, Padepokan Giri Mantaka 'Jemput' Andika Hazrumy untuk Memimpin Banten

PENDIDIKAN

112 dibaca
Hadiri Dies Natalies ke-2 UPG, Andika Sebut Pendidikan Kunci Kemajuan
122 dibaca
Bupati Serang Harap SMK Bismillah jaga Kualitas Kelulusan Siswa
Top