Rabu, 21 Oktober 2020

Tips Memilih Pinjaman Modal Usaha yang Aman dan Terpercaya

Selasa, 22 Sept 2020 | 20:51 WIB - Ekonomi & Bisnis

KINI pinjaman online menjadi solusi untuk para pengusaha kecil, yang sedang menghadapi kesulitan modal serta tidak bisa mengajukan pinjaman ke bank. Mungkin mengandalkan utang kartu kredit memang mudah, tapi masalahnya adalah bunganya yang terlalu tinggi itu juga terkadang menjadi beban utama.

Memang tidak semua pinjaman online di Indonesia aman dan terpercaya, lalu bagaimana tips dalam pemilihannya yang tepat? Serta apa sajakah masukan atau tips dari pinjaman modal usaha yang benar-benar baik? Simak berikut ini!

1.   Terdaftar di OJK

zxvc

                                                               Sumber Foto 1 (Economy.okezone.com)

Alasan yang satu ini sepertinya sangat penting untuk pinjaman online mana yang akan Anda pilih. Karena jika pinjaman online tersebut sudah terdaftar ke dalam OJK, maka sudah terjamin keamananya karena berada di bawah pengawasan pihak OJK.

Lalu apa saja pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK? Saat ini diakui, sudah banyak pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK. Maka jika Anda ingin mengeceknya langsung, Anda bisa mengunjungi situs resmi dari OJK tersebut, ya.

2.  Harus Memiliki Kantor Resmi

Tips kedua selain poin yang di atas, ada poin lain yang tak kalah penting yaitu, pinjaman online yang aman biasanya memiliki kantor resmi. Sebelum Anda memilih pinjaman online, sebaiknya Anda pastikan betul juga kalau pinjaman online tersebut memiliki kantor resmi, dan bisa Anda temui melalui aplikasi Google Maps.

Dengan adanya kantor resmi ini, jika Anda ingin komplain atau sebagainya, Anda bisa langsung datang ke kantor resminya. Sehingga Anda akan lebih percaya bahwa pinjaman online yang Anda gunakan benar-benar legal dan terjamin keamanannya.

3.   Tidak Memiliki Syarat Uang Muka

yky

                                                                   Sumber foto (Money.kompas.com)

Ini merupakan salah satu tips yang mudah untuk membuktikan bahwa pinjaman online tersebut ilegal dan tidak terpercaya. Caranya yaitu, dengan melihat apakah mereka meminta syarat untuk membayar uang muka atau tidak. Ada beberapa pinjaman online yang meminta uang muka dengan alasan untuk memperlancar pencairan dana. Jelas itu pun merupakan hal yang sangat illegal, bukan? Coba jika dibandingkan dengan pinjaman online resmi, maka tidak akan ada yang meminta syarat dengan uang muka tertentu, ya.

4.   Tidak Minta Data Perbankan Milik Anda

Saat Anda memilih pinjaman online, lalu mereka meminta data perbankan Anda, sebaiknya Anda langsung batalkan saja. Karena yang perlu Anda ingat, bahwa biasanya para pinjaman online resmi hanya sebatas menanyakan nomor rekening bank Anda saja, dan tak akan sampai menanyakan data perbankan. Seperti nama ibu kandung, nomor kartu kredit, dan data lain yang tergolong privasi. Maka hal tersebut haruslah ditelusuri lebih jelas, supaya tetap aman.

5.  Situsnya Terkunci atau Digembok

xcvbn

                                                                             Sumber foto (Forbes.com)

Saat Anda mengunjungi situs pinjaman online, lihatlah pada sisi kiri atas alamatnya apakah ada tanda gembok di sana? Jika memang ada tanda gembok, itu berarti keamanannya memang sudah terjamin. Tapi jika Anda menemui tanda gembok yang terbuka atau dicoret, sebaiknya Anda cari pinjaman online yang lain saja, karena bisa jadi bahwa situs pinjol tersebut tidak terpercaya

cvbhn

Itulah beberapa tips memilih pinjaman modal usaha yang aman dan terpercaya. Adapun salah satu situs dan aplikasi pinjol terpercaya di Indonesia adalah Tunaiku. Situs ini merupakan pinjaman online dengan bunga ringan dan menawarkan plafon pinjaman besar mencapai 20 juta rupiah. Selain itu syarat dan proses pengajuan di Tunaiku juga sangat mudah untuk dipenuhi.

jkfyuk

Tunaiku juga memberikan layanan pinjaman online tanpa slip gaji, yang mana ini tentu memudahkan para kreditur yang tidak memiliki slip penghasilan. Untuk segi keamanannya Tunaiku juga telah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, sehingga kredibilitas dan legalitasnya bisa dipertanggung jawabkan. Yuk, pakai Tunaiku sekarang juga!

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Tips Memilih Pinjaman Modal Usaha yang Aman dan Terpercaya
dewan

PEMERINTAHAN

268 dibaca
PT HGP Serahkan Fasos Fasum Perumahan BCP ke Pemkab Serang
284 dibaca
Susun RKA 2021, Pemkab Serang Gunakan Aplikasi SIPD
xcddcvfsv cvn

POLITIK

44 dibaca
Ciptakan Pilkada Kabupaten Serang Aman Damai Sehat dan sejuk
92 dibaca
Dzikir Bersama, Ratu Tatu Gelar Tasyakuran Golkar Bareng Ulama

HUKUM & KRIMINAL

487 dibaca
Jual Obat Keras Heximer Terancam Hukuman Penjara 15 Tahun

PERISTIWA

28 dibaca
Sepeda Motor Wartawan di Kota Serang Raib Dicuri Maling
Top