Jumat, 30 September 2022

Tips Memilih Obat Batuk Bagi Si Kecil

Ilustrasi Batuk [Freepik]
Selasa, 13 Sept 2022 | 16:22 WIB - Kesehatan

Bila si kecil sakit, tentu merupakan kabar buruk bagi para orang tua. Pasalnya anak mereka yang semula sehat dan lincah, tiba-tiba malah menjadi lemas dan lesu. Ada banyak penyakit yang dapat menyerang tubuh anak, mulai dari demam hingga batuk. Bila anak batuk, Anda harus mengatasinya dengan memberi obat batuk anak.

Namun, tak semua jenis dan merk obat batuk anak dapat sesuai dengan kondisi batuk anak. Oleh karena itu, Anda harus tahu bagaimana cara memilih obat batuk yang sesuai untuk anak Anda. Dengan memilih obat batuk yang tepat untuk anak Anda, anak Anda akan lebih cepat pulih dari

Oleh karena itu, kali ini akan dibahas bagaimana tips memilih obat batuk anak yang sesuai untuk anak Anda dan apa saja rekomendasi obat batuk anak terbaik yang layak Anda beli untuk mengobati batuk anak Anda.

Tips Memilih Obat Batuk Anak

Saat si kecil sakit, pastinya Anda tak akan nyaman bekerja dan melakukan aktifitas lain. Ini karena pikiran Anda hanya tertuju pada kondisi si kecil dan bagaimana cara tercepat untuk menangani penyakit mereka.

Batuk sendiri merupakan penyakit yang umum dihadapi oleh berbagai anak. Hal ini bisa saja disebabkan karena perubahan cuaca yang tak beraturan, kondisi lingkungan yang kurang bersih, maupun kebiasaan dan kegemaran sang anak mengonsumsi berbagai makanan manis. Saat mengalami batuk, anak Anda akan terlihat kurang ceria akibat rasa tak nyaman yang disebabkan oleh batuk tersebut.

Untuk itu lah, sangat penting bagi Anda untuk segera menangani penyakit batuk yang diderita oleh anak Anda. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat proses penyembuhan anak dari batuk yang dialami adalah memberikan obat batuk.

Namun, pemberian obat batuk anak juga harus sesuai untuk mempercepat penyembuhan batuk anak. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tak asal memberikan obat batuk pada anak Anda.

Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui cara memilih obat batuk yang tepat untuk anak. Oleh karena itu, kali ini akan dibahas apa saja tips dalam memilih obat batuk anak yang wajib Anda tau. Berikut ini adalah tips memilih obat batuk anak yang wajib Anda ketahui.

  1. Sesuaikan Obat Batuk dengan Jenis Batuk yang Dialami Anak

Tips pertama saat membeli obat batuk adalah pilihlah obat batuk yang sesuai dengan jenis batuk yang sedang dialami anak Anda. Sama seperti orang dewasa, anak – anak juga dapat mengalami 3 jenis batuk yaitu batuk berdahak, batuk karena alergi, dan batuk kering. Memilih jenis obat yang sesuai tentunya akan mempercepat penyembuhan anak Anda.

Bila anak Anda mengalami batuk kering, Anda dapat memilih obat batuk yang mengandung zat supresan yang dapat membantu membuang dahak, sementara bila mengalami batuk berdahak, Anda harus memilih obat yang mengandung guaifenesin untuk melancarkan dahak di tenggorokan. Sementara bila mengalami batuk alergi, Anda harus membeli obat dengan kandungan antihistamin.

  1. Pertimbangkan Membeli Obat Batuk Berbentuk Sirup

Sudah menjadi rahasia umum jika kebanyakan anak mengalami kesulitan untuk mengonsumsi obat berbentuk pil atau tablet. Untuk itu, untuk mengantisipasi anak Anda tak dapat menelan kapsul maupun tablet, Anda dapat mempertimbangkan memberikan obat batuk yang berbentuk sirup pada anak Anda.

  1. Pertimbangkan Membeli Obat yang Membuat Efek Kantuk

Saat sakit, sedapat mungkin anak harus beristirahat. Namun, sayangnya kebanyakan anak tak terlalu suka hal ini karena mereka lebih tertarik bermain atau melakukan kegiatan lainnya. Oleh karena itu, agar anak Anda dapat beristirahat maksimal, tak ada salahnya memilih obat yang memiliki efek kantuk.

Itulah beberapa tips untuk membeli obat batuk anak. Anda dapat mengikutinya agar anak Anda lebih cepat sembuh.

Rekomendasi Obat Batuk Anak

Tak hanya mengetahui berbagai tips untuk memilih obat batuk anak, ada baiknya Anda juga mengetahui apa saja merk obat batuk anak dengan kualitas bagus yang ada di pasaran. Berikut ini beberapa rekomendasi obat batuk anak yang layak Anda beli.

  1. Vicks Formula 44 Anak

Bila anak Anda sedang mengalami batuk kering, Anda layak membeli produk Vicks Formula 44 Anak ini. Pasalnya, obat batuk ini mengandung dekstrometorfan dan guaifenesin yang dapat melegakan tenggorokan dan mengencerkan dahak.

  1. Hufagrip BP Sirup

Obat batuk Hufagrip BP Sirup adalah obat batuk yang cocok untuk menangani batuk kering yang terjadi pada anak akibat pilek. Obat batuk ini mengandung pseudoefedrin HCl yang dapat melegakan pernafasan yang tersumbat akibat batuk pilek.

  1. OBH Combi Anak

Merk obat batuk yang satu ini sangat sesuai untuk anak Anda yang mengalami gejala batuk berdahak yang disertai flu dan sakit kepala. Obat ini memiliki kandungan ekstrak succus liquiritiae dan amonium klorida yang dapat mengobati batuk dengan melancarkan dahak dan meredakan sakit kepala yang mengganggu.

  1. Anakonidin Herbal

Obat batuk merk ini memiliki kandungan  Zingiber officinale rhizome (jahe), Kaempferia galanga rhizome (kencur), ekstrak Cinnamomum burmannii cortex (kayu manis), Piper betle folium (daun sirih), hingga Euphorbia hirta herba (patikan kebo) yang mampu meredakan batuk berdahak.

Itulah beberapa rekomendasi obat batuk anak yang layak Anda beli. Obat batuk ini dijual di berbagai toko obat dan marketplace. Bila Anda memutuskan untuk membeli obat batuk anak ini di marketplace, pastikan menggunakan market place yang aman, seperti Blibli. Hanya di Blibli Anda dapat menikmati potongan harga khusus untuk berbagai barang dan mendapatkan jaminan originalitas produk. Tunggu apa lagi, yuk intip Blibli sekarang.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Tips Memilih Obat Batuk Bagi Si Kecil

INILAH SERANG

118 dibaca
Kapolres Serang Pimpin Sertijab Kapolsek Cikande dan Pamarayan
72 dibaca
Wabup Serang Sampaikan Raperda APBD TA 2023, Ini Rinciannya
78 dibaca
Jumlah Pemilih Baru di Kabupaten Serang Bertambah 115 Ribu Jiwa

HUKUM & KRIMINAL

118 dibaca
Kapolres Serang Pimpin Sertijab Kapolsek Cikande dan Pamarayan
76 dibaca
Ringkus Tiga Pelaku, Polres Serang Bongkar Peredaran Upal
193 dibaca
Buruh Pabrik Warga Oku Timur Tega Buang Bayi Darah Dagingnya

POLITIK

78 dibaca
Jumlah Pemilih Baru di Kabupaten Serang Bertambah 115 Ribu Jiwa
195 dibaca
Andika Disambut Baik Jadi Bakal Calon Bupati Serang
211 dibaca
Wabup Serang Harap Anggota DPRD Hasil PAW Berikan Masukan Positif

PENDIDIKAN

115 dibaca
Keynote Speech UI Green Metric, Ratu Tatu Pertegas Pembangunan Pentahelix
203 dibaca
BPSDMI Kemenperin: Politeknik Industri Petrokimia Banten untuk Cetak SDM Handal
Top