Senin, 15 April 2024

Tingkatkan Pendapatan Daerah, Bupati Serang Gandeng KSOP

Jumat, 05 Agt 2022 | 11:07 WIB - Serang

lBC, Serang - Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menggandeng Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Banten guna meningkatkan perolehan pajak Mineral Bukan Logam dan Bebatuan (MBLB) di Kabupaten Serang.

Kerjasama tersebut diperkuat dengan penandatanganan Memorendum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Serang dengan KSOP Kelas 1 Banten di Pendopo Bupati Serang pada Kamis, 4 Agustus 2022.

Tatu mengatakan, selama ini pajak MBLB dilakukan secara self assesment. Artinya, para wajib pajak melaporkan sendiri kegiatan usahanya kepada Pemkab Serang. “Kegiatan ini juga momentum untuk menyosialisasikan kepada pelaku usaha terhadap kewajiban perpajakan,” katanya.

Karena itu, pihaknya tidak bisa memantau langsung aktivitas pengiriman melalui pelabuhan. "Maka kita menggandeng KSOP itu untuk memastikan jumlah pengirimannya sesuai atau tidak dengan pajak yang disampaikan," katanya.

Dikatakan Tatu, potensi perolehan pajak MBLB di Kabupaten Serang cukup besar. Terutama, di Kecamatan Bojonegara dan Kecamatan Puloampel. “Kami berharap Kerjasama ini berjalan maksimal sebagai upaya pengawasan bersama terhadap pengelolaan kekayaan di Kabupaten Serang,” ucapnya.

Kepala KSOP Kelas 1 Banten Kapten Barlet Silalahi mengatakan, pihaknya mendukung penuh upaya Pemkab Serang untuk meningkatkan pendapatan di sektor pajak MBLB.

Ia mengatakan, selama ini pengiriman mineral di Kabupaten Serang cukup tinggi. Karena itu, perlu dilakukan pemantauan secara bersama-sama. "Kita akan awasi pajak yang dikeluarkan oleh mereka sesuai tidak dengan pengirimannya," pungkasnya.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Tingkatkan Pendapatan Daerah, Bupati Serang Gandeng KSOP
aulmummc zf

INILAH SERANG

995 dibaca
Tatu Sebut Persentase Pengangguran di Kabupaten Serang Tinggi

HUKUM & KRIMINAL

324 dibaca
Gagal Tawuran, Resmob Polres Serang Amankan 5 Remaja

POLITIK

1614 dibaca
Kongres IV Pokja Wartawan Banten, Dewan Penasehat Tunggu Waktu yang Tepat
Top