Selasa, 17 Mei 2022

Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Program Literasi Terus Dikembangkan

Senin, 08 Nov 2021 | 20:53 WIB - Pandeglang Pendidikan

lBC, Pandeglang - Najma Hanania Yazid siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sukasari 1 meraih juara tiga tingkat Nasional pada lomba bercerita. Siswa yang masih duduk di bangku kelas 6 SD ini telah mengharumkan nama Pandeglang dan Banten dikancah nasional.

Pada lomba Literasi atau bercerita, setiap peserta harus membawakan cerita legenda di daerah masing - masing. Dan Najma menceritakan asal cerita Kampung Kadukaweng.

Hal ini tentu menjadi pemantik dalam pengembangan program literasi untuk meningkatkan minat baca masyarakat. "Disinilah peran pemerintah untuk menjaring siswa siswi yang berbakat, selain pendidikan formil di dinas pendidikan, dinas perpustakaan juga mempunya program penguatan literasi,"ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Pandeglang, Kurnia Satriawan, usai pemberian satu unit Tablet untuk Najma Hanania Yajid pad Senin, 8 November 2021.

Kurnia berharap, anak - anak yang berbakat seperti Najma ini harus mendapatkan perhatian hingga ke jenjang lebih tinggi. "Banyak siswa yang berprestasi namun tidak berhasil karena tidak dirawat, ini tanggung jawab bersama baik pemerintah maupun lingkungan keluarga," ujarnya.

Najwa Hanania Yajid, mengatakan dirinya tidak menyangka akan menjadi juara tiga lomba bercerita di tingkat Nasinoal. "Ini pengalaman pertama kami, kami persiapkan selama 5 bulan untuk berlatih,"ujarnya.

Sementara Erma Yulisda pendamping sekolah sekaligus pelatih Najma mengatakan, dalam persiapan menuju lomba tingkat nasional yang diadakan perpusnas, Naja terus didampingi oleh DPAD dalam pelatihan. "Kami didukung DPAD, kami ucapkan terimakasih telah mensuport kami sehingga Najma membawa harum Pandeglang - Banten di tingkat Nasional," ungkapnya.

Dikatakan Erma, sebagai pelatih, dirinya sangat bangga pada saat malam gemilang perpustakaan nama Najma disebutkan sebagai juara tiga wakil dari Provinsi Banten. "Najma memang anak yang cerdas dan berbakat, terimakasih untuk semua yang sudah mendukung kami," imbuhnya.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Program Literasi Terus Dikembangkan
pemda

INILAH SERANG

198 dibaca
Polres Serang Tangkap Pengedar Pil Koplo saat Tunggu Pelanggan
384 dibaca
Bawa Kambing, Pengemudi dan Penumpang Mobil Nyaris Diamuk Massa
292 dibaca
Pemprov Banten Siapkan Strategi Penanganan Stunting dan Gizi Buruk

HUKUM & KRIMINAL

198 dibaca
Polres Serang Tangkap Pengedar Pil Koplo saat Tunggu Pelanggan
384 dibaca
Bawa Kambing, Pengemudi dan Penumpang Mobil Nyaris Diamuk Massa
1004 dibaca
Resmob Polres Serang Ringkus 4 Bandit Kurang dari 24 Jam Usai Terima Laporan Perampasan

POLITIK

244 dibaca
Golkar Banten Sambut Bahagia Koalisi Indonesia Bersatu
1471 dibaca
Instruksikan Pemenangan Airlangga, Andika Keliling ke DPD Golkar Kabupaten dan Kota di Ban...
1258 dibaca
Bakesbangpol Pastikan Tak Ada Ormas Radikal di Kabupaten Serang
Top