Kamis, 21 Januari 2021

Tingkatkan Inovasi, Bupati Serang Perkuat Kerjasama LAN

[Foto Istimewa]
Jumat, 01 Feb 2019 | 20:04 WIB - Nasional

IBC, Jakarta - Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah berkomitmen terus meningkatkan inovasi pelayanan publik yang dilakukan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Serang. Komitmen tersebut salah satunya dengan perpanjangan memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman antara Pemkab Serang dengan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI).

Penandatanganan MoU langsung dilakukan Tatu dengan Kepala LAN RI Dr Adi Suryanto di Aula Gedung LAN RI, Jakarta pada Jumat, 1 Februari 2019. "Kami melakukan perpanjangan MoU karena melihat banyak hal positif yang terjadi setelah kerja sama dengan LAN dilakukan. Dari inovasi yg kami buat, terutama pelayanan dasar terhadap masyarakat," kata Tatu dalam sambutannya. 

Pemkab Serang sudah melakukan survei untuk mengukur tingkat kepuasan publik terhadap pelayanan pemerintah daerah. "Terkait pelayanan dasar, tingkat kepuasaan masyarakat cukup tinggi. Hal ini tidak lepas dari inovasi-inovasi yang kami buat atas bimbingan LAN. Inovasi ini akan terus kami lanjutkan, terutama pada pelayanan pendidikan dan kesehatan," ujarnya.

Menurut Tatu, berkat bimbingan LAN, peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) Kabupaten Serang terlihat cukup baik. IPM Kabupaten Serang 2016 sebesar 65,12  poin, meningkat pada 2017 menjadi 65,60 poin atau mengalami peningkatan sebesar 0,48 poin. Peningkatan IPM tersebut terbesar ketiga setelah Kabupaten Tangerang dan Tangerang Selatan. "Semoga melalui MoU ini, kebijakan kami lebih baik lagi," ujarnya.

Sebelumnya awal 2018, Bupati Serang sudah melakukan MoU dengan LAN yang disertai dengan perjanjian tentang pelaksanaan Laboratorium Inovasi. Atas kerja sama ini pula telah dihasilkan 54 inovasi yang berasal dari seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Serang. 

Lima tahapan Laboratorium Inovasi telah dilakukan Pemkab Serang, mulai dari drump up, diagnose, design, deliver, dan display. Untuk tahap akhir display/pameran telah dilakukan bersamaan dengan Serang Expo 2018 di Kecamatan Cikeusal, Kamis (11/10/2018).

Atas 54 inovasi yang diciptakan Pemkab Serang, Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah telah mendapatkan Inovasi Administrasi Negara (Inagara) Award dari LAN RI, Selasa 30 Oktober 2018. Selain penghargaan, Bupati Serang juga mendapatkan kesempatan dan kehormatan dari LAN untuk mengikuti program Leaderpreneurship di Singapura pada Senin hingga Jumat 16-20 Juli 2018.

Tatu merupakan salah satu dari 20 bupati/wali kota yang diundang khusus untuk mengikuti program hasil kerja sama antara LAN dan Civil Service College (CSC)/Temasek Foundation Singapore. Program Leaderpreneurship didedikasikan, untuk meningkatkan layanan publik, melengkapi layanan publik di masa depan, serta diharapkan mampu berinovasi dengan teknologi.

Kepala LAN RI Dr Adi Suryanto berharap, kerja sama yang terjadi tidak sekadar MoU, tetapi juga menghasilkan karya besar di berbagai instansi pemerintah. "Karya dan inovais yang dibuat, diharapakan pula bisa banyak bermanfaat untuk masyarakat," ujarnya. Selain dengan Pemkab Serang, LAN RI juga melakukan kerja sama dengan LIPI, BPOM, dan Kabupaten Aceh Tengah. 

Reporter: Arif Soleh
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Tingkatkan Inovasi, Bupati Serang Perkuat Kerjasama LAN

BERITA TERKAIT

INILAH BANTEN

63 dibaca
Brimob Polda Banten, Siap Antisipasi Penanggulangan Bencana
100 dibaca
HPN 2021 SMSI Sumbang Jalan dan Sarana Sanitasi

INILAH SERANG

31 dibaca
HPN 2021, SMSI Tuntaskan Bangun Jalan dan Sanitasi untuk Masyarakat
66 dibaca
11 Kali Beraksi, 5 Pelaku Spesialis Bobol Minimarket Diringkus

HUKUM & KRIMINAL

66 dibaca
11 Kali Beraksi, 5 Pelaku Spesialis Bobol Minimarket Diringkus
309 dibaca
Sedang Tidur, Pengedar Sabu Ditangkap Dirumahnya

POLITIK

97 dibaca
KPU Pandeglang Siapkan Materi Gugatan di MK
115 dibaca
Sekda: Pelantikan Bupati-Wakil Bupati Serang Diharap 17 Februari

PENDIDIKAN

151 dibaca
Nadiem Makarim Bicara Korban Sriwijaya Air
280 dibaca
Tenaga Pengajar Berstatus ASN di Pandeglang Masih Minim
Top