Minggu, 03 Juli 2022

Tim Penilaian Indeks KAMI Satukan Persepsi dalam Penilaian Mandiri

Jumat, 18 Feb 2022 | 10:37 WIB - Serang Teknologi Pemerintahan

lBC, Serang - Tim Penilaian Mandiri Indeks Keamanan Informasi atau KAMI Kabupaten Serang menyamakan persepsi untuk sama-sama melakukan penafsiran terhadap item-item yang ada di Instrumen Penilaian Indeks KAMI. Salah satunya pada kategori sistem elektronik.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) Kabupaten Serang, Anas Dwi Satya Prasadya mengatakan, penyamaan persepsi bersama stakeholder lainnya meliputi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Inspektorat, Bagian Hukum, Organisasi dan dari Perguruan Tinggi meliputi Untirta, Unbaja, Unsera dan AMIK.

“Penyamaan persepsi untuk sama-sama melakukan penafsiran terhadap item yang ada di Instrumen Penilaian Indeks KAMI,”ujar Anas usai Kegiatan Penilaian Mandiri Indeks KAMI Kabupaten Serang di Aula Tb. Saparudin pada Kamis, 17 Februari 2022.

Terutama, sambung Anas, yang ada di bagian pertama yaitu kategori sistem elektronik. Dimana dalam beberapa itemnya tim saling melengkapi memberikan keterangan tentang item-item yang terdapat dalam kategori sistem elektornik seperti contohnya jumlah pengguna dalam sistem elektornik.

“Ada beberapa penafsiran yang akhirnya di simpulkan untuk menggunakan jumlah pengunjung website Serangkab, serta jumlah pengguna aplikasi-aplikasi yang ada di Kabupaten Serang,”terang Anas.

Karenanya, sebut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (DKPD) ini, di kategori sistem elektronik belum adanya pedoman, dan belum terinci secara detail. “Sehingga, harus di rembukan oleh tim untuk mencapai rumusan yang tepat,”jelas Anas.

Lebih lanjut Anas menyebutkan, Penilaian Mandiri Indeks KAMI Kabupaten Serang yang dilakukan saat ini merupakan tahap ke empat. Sebelumnya sudah di laksanakan tahap pertama, kedua dan ketiga. “Tahap pertama itu sosialisasi, kedua konsultasi, dan ketiga bimbingan teknis (bimtek),”papar Anas.

Sementara itu Kepala  Bidang (Kabid) Persandian dan Statistik Diskominfosatik Kabupaten Serang, Ayu Mira Kusumaningtyas menambahkan, Penilaian Mandiri Indeks KAMI Kabupaten Serang merupakan persiapan untuk penilaian lebih lanjut oleh pihak Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Sebab sampai saat ini tim penilai mandiri masih menyiapkan eviden-eviden sebagai syarat penilaian dari BSSN.

“Hasil penilaian mandiri akan di verifikasi oleh tim BSSN untuk dicek kesesuaiannya dengan eviden yg diberikan, selanjutnya nanti pihak BSSN yang akan memberikan penilaian (Indeks KAMI) itu,”ujar Ayu.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Tim Penilaian Indeks KAMI Satukan Persepsi dalam Penilaian Mandiri

INILAH SERANG

106 dibaca
Warga Binuang Digegerkan Penemuan Bayi Perempuan di Semak-semak
101 dibaca
Tabrak Mobil Pick Up, Pengendara Motor Beat Tewas
122 dibaca
Tim Polsek Carenang Tangkap Pelaku Penggelapan Mobil Truk

HUKUM & KRIMINAL

122 dibaca
Tim Polsek Carenang Tangkap Pelaku Penggelapan Mobil Truk
121 dibaca
Personil Polsek Cikeusal Amankan Pelaku Curanmor dari Amukan Warga
117 dibaca
Beli Sabu, Pedagang Ikan Diringkus Satreskoba Polres Serang

POLITIK

94 dibaca
Andika Sebut PK dan PL Ujung Tombak Kemenangan Golkar di Pemilu 2024
97 dibaca
Garap Pemenangan Pemilu 2024 Golkar di Jawa I, Andika Hazrumy Turun Gunung
160 dibaca
Deklarasi, Padepokan Giri Mantaka 'Jemput' Andika Hazrumy untuk Memimpin Banten

PENDIDIKAN

112 dibaca
Hadiri Dies Natalies ke-2 UPG, Andika Sebut Pendidikan Kunci Kemajuan
121 dibaca
Bupati Serang Harap SMK Bismillah jaga Kualitas Kelulusan Siswa
Top