Kamis, 18 April 2024

Tim Pemantau Asing Awasi TPS di Rutan Serang

[Foto: Aden Hasanudin/InilahBanten]
Rabu, 27 Jun 2018 | 15:36 WIB - Serang Politik

lBC, Serang - Sebanyak 146 orang Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Rutan Klas II B Serang diawasi oleh tim pemantau asing pada Rabu, 27 Juni 2018. Tim pemantau asing ini memantau jalannya proses Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Serang yang berasal dari Australia, China, Myanmar dan India. 

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Banten Dewa Putu Gede mengatakan, seluruh petugas di Rutan Klas II B Serang harus netral. Pada pemilihan kali ini dipantau langsung oleh tim pemantau asing. 

“Petugas saya jamin netral, tidak ada hal-hal yang mencurigkan, semua sangat netral, kalau memang ada beberapa orang itu di berhentikan secara tidak hormat. Kita harus netral,” ungkapnya, di Rutan Klas II B Serang, Kota Serang.

Dewa memaparkan, total jumlah keseluruhan di Lapas dan Rutan di Provinsi Banten sebanyak 769 DPT. Pada Pilkada Kota Serang tahun ini, ia menjelaskan terdapat 146 DPT di Rutan Klas II B Serang.

“Daftar Pemilih Tetap dalam pelaksanaan ada 769 DPT se-Banten. Sementara, yang tadinya 1.729 DPS itu ada yang pindah dan sudah habis masa tahananya,” jelasnya. 

"Kalau Khusus di Rutan Serang hanya 168 orang (DPT), yang sebelumnya pemilih sementara hanya 180 yang di tetapkan 168, jumlah terakhir 49 di tambah lagi 8 orang," tambahnya.

Ia menuturkan, pemilih di Lapas dan Rutan ini merupakan warga binaan yang tersandung kriminal umum dan narkoba yang dilaksanakan serentak dengan menggunakan TPS khusus di tempat yang melaksanakan Pilkada 2018.

Reporter: Aden Hasanudin
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Tim Pemantau Asing Awasi TPS di Rutan Serang
aulmummc zf

INILAH SERANG

245 dibaca
Pemkab Serang Perkuat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit

HUKUM & KRIMINAL

1001 dibaca
Ditusuk Sebilah Pisau, Diduga Anggota LSM Bersimbah Darah

POLITIK

1506 dibaca
Wagub Andika dan Istri Dipastikan Menjadi Pemilih di Pilkada Kota Serang
Top