Sabtu, 18 Januari 2020

Tidur itu Saudara Kematian, Ahli Surga Tak Tidur

[foto ilustrasi]
Selasa, 22 Jan 2019 | 23:12 WIB - Mozaik Islami

SESEORANG bertanya apakah benar penghuni surga tak pernah tidur? Dalam pembahasan, Ustaz Ammi Nur Umpan menjelaskan bahwa itu adalah hadis dari Jabir bin Abdillah dan Abdullah bin Abi Aufa radhiyallahu anhum, yaitu Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Tidur adalah saudaranya, dan alat bantu yang dilihat".

 

Hadis ini dikembalikan oleh al-Albani dalam Silsilah ash-Shahihah no. 1087. Dia menjelaskan, menyajikan ini dalam banyak buku hadis. Diantaranya adalah al-Kamil karya Ibnu Adi, Hilyatul Auliya dan Tarikh Asbahan karya Abu Nuaim. Dia juga mengumpulkan berbagai jalur hadis ini, dan dia mengumpulkan, "menyimpulkannya, hadis ini sahih dari beberapa jalurnya, dari sahabat Jabir." (as-Silsilah al-Ahadits ash-Shahihah, 3:74).

 

Mereka Allah ciptakan tidak tidur, agar bisa menikmati keindahan bersama pasangannya di surga tanpa ada yang putusnya. Allah berfirman, "Sesungguhnya penghuni surga pada hari itu bersenang-senang di dalam kesibukan (mereka). Mereka dan istri-istri mereka berada di tempat yang teduh, bertelekan di atas dipan-dipan. Di surga itu mereka berbuah buah-buahan dan menikmati apa yang (Kepada mereka meminta): "Salam", sebagai ucapan selamat datang dari Tuhan Yang Maha Penyayang. " (QS. Yasin: 55 58)

 

Ibnu Katsir mengutip keterangan dari Ibnu Masud, Ibnu Abbas, Said bin Musayib, ikrimah, Hasan al-Bashri, Qatadah, al-Amasy, Sulaiman at-Taimi, dan al-Auzai, tentang firman Allah di surat Yasin ayat 55 di atas, " penghuni surga pada hari itu bersenang-senang dalam kesibukan "

Para tokoh tafsir mengatakan, "Mereka mengatakan," Kesibukan penghuni surga melakukan hubungan badan dengan para gadis. "(Tafsir Ibn Katsir, 6: 582)

 

Kesibukan mereka ini, seperti yang tergambar dalam hadis berikut, Dari Abdillah bin Qais radhiyallahu anhu, itulah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: "Seorang mukmin di tempat tinggalnya memiliki kemah dari mutiara yang berongga, panjangnya 60 juta, dan juga mukmin dalam kemah mutiara itu memiliki banyak istri, sang mukmin menggilir mereka sebagian besar tidak melihat sebagian yang lain "(HR. Bukhari no. 3243 dan Muslim no. 7337)

 

Al-Munawi menjelaskan, "Sang mukmin memiliki istri-istri yang banyak, ia menggilir istri-istri yang berkaitan dengan badan atau yang semisalnya, sehingga sebagian bidadari tidak melihat bidadari yang lain yang terkait dengan kemah mutiara tersebut" (Faidhul Qadir, 2/502)

 

Namun demikian, mereka sama sekali tidak menyukai capek dan karenanya. Allah berfirman tentang penduduk surga, "Para ahli surga berkata:" Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar-benar Maha Pengampum lagi Maha Mensyukuri. Yang menempatkan kami di tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; di dalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu ". (QS. Fathir: 34 35)

 

Di ayat yang lain, Allah juga memutuskan, "Mereka tidak perlu lelah di sini dan mereka sekali-kali tidak akan dikeluarkan dari surga." (QS. Al-Hijr: 48).

Ya Rabb, berikan kami husnul khoitimah, dan kumpulkan kami bersama keluarga di surga-Mu nan penuh kesenangan. [lnilahcom]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

LAINNYA

Subhanallah, Kita Lelah Saja Disukai Oleh Allah
Sabtu, 18 Jan 2020 | 00:24 WIB
Subhanallah, Kita Lelah Saja Disukai Oleh Allah
Saat Kemenangan dan Kegagalan Menyadarkan Kita
Sabtu, 18 Jan 2020 | 00:21 WIB
Saat Kemenangan dan Kegagalan Menyadarkan Kita
Suami Boleh Ceraikan Istri Bila tak Mau Berjilbab
Kamis, 16 Jan 2020 | 18:00 WIB
Suami Boleh Ceraikan Istri Bila tak Mau Berjilbab

KOMENTAR

Tidur itu Saudara Kematian, Ahli Surga Tak Tidur
x.ackd

PEMERINTAHAN

226 dibaca
Bupati Serang: APBD Rp 3 Triliun Adalah Amanah Rakyat
315 dibaca
Lantik 277 Pejabat, Bupati Serang Minta Pemerintah Kecamatan Siaga Bencana

POLITIK

379 dibaca
KPU Kabupaten Serang Buka Pendaftaran Calon Anggota PPK
192 dibaca
Sekda Kabupaten Serang: Kita Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pilkada

HUKUM & KRIMINAL

73 dibaca
Cabuli Anak Tiri Warga Kelurahan Unyur Diamankan Polisi

PERISTIWA

388 dibaca
Tak Mampu Penuhi Mahar Janda Idamannya, Pria Ini Tewas Gantung

EKONOMI & BISNIS

140 dibaca
Andika: Banten Siap Dukung Kebijakan Strategis OJK
Top