Sabtu, 13 Juli 2024

Teman Dudukmu Menentukan Derajatmu

[foto ilustrasi]
Minggu, 01 Jul 2018 | 00:08 WIB - Mozaik Islami

KH Ahmad Imam Mawardi

DENGAN siapa kita duduk bukan hanya mempengaruhi nuansa hati kita namun juga menentukan posisi atau derajat kita. Semakin mulia teman duduk kita, semakin terikut mulia juga derajat kita. Makanya sering kita dengar kalimat duduklah dengan para ulama, bergaullah dengan para hukama'. Siapa yang disebut teman duduk?

Ibnul Mubarak pernah ditanya: "Wahai Abu Abdurrahman, mengapa Anda banyak duduk sendirian di rumah?" Dengarkanlah jawaban beliau: "Apa? Saya duduk sendirian? Tidak. Saya duduk bersama Rasulullah dan sahabat-sahabatnya." Maksud beliau adalah beliau senantiasa membaca hadits Rasulullah.

Teman duduk sangat mungkin adalah manusia. Tapi bisa juga adalah buku, kitab, hasil pemikiran atau tulisan. Siapa yang menulis kitab atau buku, siapa yang berkata atau berpendapat adalah juga TEMAN DUDUK yang menentukan posisi atau derajat kita. Membaca karya orang mulia atau mendengarkan kata orang mulia bermakna kita tengah duduk dengan orang mulia. Demikian pula sebaliknya.

Tanyakan kepada diri kita masing-masing tulisan siapa yang sering kita baca, suara siapa yang sering kita dengar? Membaca WA orang yang tak jelas itu bermakna bahwa kita pun sedang posisi tak jelas. Senang mendengarkan suara orang yang jauh dari Allah bisa juga bermakna kita sedang jauh dari Allah.

Seleksilah bacaan kita, pilihlah apa yang bisa dan harus kita dengar, dan berhati-hatilah mencari TEMAN DUDUK. Bersamalah selalu dengan manusia pilihan maka kitapun akan brakhlak pilihan. Salam, AIM. [lnilahcom ]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Teman Dudukmu Menentukan Derajatmu
jbkj

INILAH SERANG

1534 dibaca
Kemiskinan di Kabupaten Serang Berkurang 2,92 Ribu Orang
1354 dibaca
Bantu Pemkab Serang, Koperasi AKR Bangun RTLH

HUKUM & KRIMINAL

321 dibaca
Satpol PP Kabupaten Serang Bongkar Peternakan Ayam di Cikeusal
1385 dibaca
Duuh, Wilayah Ciruas Jadi Zero Minuman Keras

POLITIK

1323 dibaca
Pilkada Lebak 2018, 97 Persen Warga Binaan Rutan Punya Hak Pilih
1463 dibaca
2.109 Warga Dukung Bahrul Ulum pada Pileg 2019

PENDIDIKAN

1500 dibaca
Pemkab/Pemkot Didorong untuk Perhatikan Pendidik PAUD
Top