Minggu, 20 Oktober 2019

Telan Rp5,5 M,‎ Penataan Masjid Agung Syekh Nawawi Dimulai

[Foto: InilahBanten.co.id/Arif Soleh]
Kamis, 03 Okt 2019 | 19:11 WIB - Serang Mozaik Islami

lBC, Serang - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat diwakili oleh  Direktur Bina Penataan Bangunan dan Pemerintah Kabupaten Serang mulai melakukan peletakan batu pertama kegiatan penataan kawasan Mesjid Agung Syekh Nawawi Albantani di Kecamatan Tanara pada Kamis, 3 Oktober 2019. Penataan tersebut akan dilaksanakan sejak 16 September sampai 29 Desember dengan anggaran sekitar Rp5,5 miliar.

Direktur Bina Penataan Bangunan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  Diana Kusumastuti mengatakan, penataan Mesjid Tanara ini sebetulnya sudah masuk ke dalam perencanaan pada tahun lalu. Karena di kawasan Masjid tersebut kerap diadakan haul Syekh Nawawi Albantani yang dihadiri oleh banyak orang sementara sarana prasarananya kurang memadai.

"Sehingga perlu kita tata, kita rapihkan, kalau ada masyarakat yang datang bisa menerima dengan baik kawasan ini. Dulu saya pertama kali datang kesini sampah berserakan kemana mana, kemudian saya masuk toiletnya gelap, kotor, pesing, airnya juga gak ada," kata Diana.

Penataan kawasan Masjid Agung Syekh Nawawi dilaksanakan sejak 16 September sampai  29 Desember dengan anggaran sekitar Rp5,5 miliar dari dana APBN 2019. Ia pun memastikan dalam penataan ini akan tetap mempertahankan keaslian Mesjid karena merupakan bangunan cagar budaya.

"Kita hanya melakukan penataan kawasan saja sama akses jalan. Kita hanya satu tahun saja (pekerjaannya), kami mohon bantuannya, biar segera selesai, kalau sudah selesai biar segera dimanfaatkan," ujarnya.

Setelah selesai dibangun, kata dia selama 6 bulan akan dilakukan pemeliharaan. Kemudian selanjutnya akan diserahkan terhadap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang.

Sementara itu, Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah mengatakan, dengan telah ditetapkannya Kabupaten Serang tepatnya  Kecamatan Tanara menjadi kawasan wisata religi diharapkan dapat berdampak terhadap perekonomian masyarakat.

"Tadi yang bu direktur sampaikan bahwa setelah 6 bulan pemeliharan itu menjadi tugas kami, dan tentunya pemda Serang harus menganggarkan bersama sama mengajak masyarakat disini untuk menjaga bangunan yang sudah ada," ujarnya.

Disinggung mengenai dukungan anggaran dari Pemkab Serang untuk penataan kawasan mesjid Agung Syeh Nawawi Albantani, kata Tatu Pemkab Serang belum masuk. Karena menurutnya, pertanggungjawabannya biasanya harus jelas mana anggaran APBN dan mana APBD.

"Jadi pasca itu, kalau dari Pemda kita telah manganggarkan untuk membangun pusat kajian kitab kuning di depan, kita juga akan mencari donatur, tahun ini pembebasan lahan dilaksanakan, kurang lebih 5 hektar, ini merupakan penunjang bagian dari ini (penataan kawasan mesjid Syekh Nawawi Albantani)," tuturnya.

Reporter: Arif Soleh
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Telan Rp5,5 M,‎ Penataan Masjid Agung Syekh Nawawi Dimulai
sayembara2

PEMERINTAHAN

152 dibaca
Pemprov Banten Terima Apresiasi dan Penghargaan dari Kemendagri
167 dibaca
Sosialisasikan SLRT, Layanan Sosial Kini Dilakukan Terpadu

POLITIK

679 dibaca
Didiskualifikasi, Balon Kades Garut Malah Kesurupan
117 dibaca
Rapatkan Barisan, Seluruh Dewan Golkar di Banten Diminta Solid

HUKUM & KRIMINAL

212 dibaca
Unit Reskrim Polsek Curug Tembak Gembong Curanmor
126 dibaca
Belum Nikmati Hasil Curanmor, Dua Pelaku Diringkus

PERISTIWA

68 dibaca
Bupati Serang Minta UPZ Maksimalkan Penerimaan ZIS
229 dibaca
Temui Massa Aksi Demo, Bupati Serang Jawab Semua Tuntutan

EKONOMI & BISNIS

105 dibaca
Musim Kemarau, PDAM Tirta Albantani Alami Kerugian Capai Rp5 Miliar
47 dibaca
Andika Jajaki Ekspor Gula Aren dan Manggis via Platform Digital
Top