Selasa, 11 Agustus 2020

Tekan AKI/AKB, Pemkab Serang Bentuk Tim Khusus

[Foto InilahBanten]
Rabu, 09 Okt 2019 | 21:19 WIB - Serang Kesehatan

lBC, Serang – Upaya Pemkab Serang untuk menekan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) terus diupayakan  salah satunya, kampanye  Linfaskes atau cakupan persalinan di fasilitas kesehatan. Program tersebut salah satu cara untuk menyelamatkan AKI dan AKB.

“Kita juga sedang buat tim untuk penanganan dari tingkat Kabupaten hingga tingkat desa,” kata Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah di Halaman Pendopo Kabupaten Serang pada Rabu, 9 Oktober 2019.

Tatu menjelaskan, Pemkab Serang membutuhkan komponen masyarakat yang sudah matang untuk sosialisasi secara masif kepada masyarakat. ”Tingginya tingkat kematian Ibu dan Bayi sudah ditetapkan kategori siaga satu, jadi Kami tangani secara serius” tegas Tatu.

Ia juga menilai, ibu hamil harus peka terhadap kesehatan dan menjaga pola hidup sesuai aturan agar kandungannya terjaga sehingga tidak terkena hipertensi. “Kami sudah sediakan tim Kibla yang sudah berjalan, mereka sudah gencar untuk sosialisasi persalinan dengan fasilitas kesehatan,” katanya.

Ia berharap, dengan adanya pendampingan secara khusus maka tidak ada lagi Ibu hamil yang melahirkan melalui dukun. ”Semoga dengan ini kematian Ibu dan anak bisa segera menurun,” ucapnya.

Diketahui, penyebab kematian ibu dan bayi terdapat unsur langsung seperti, komplikasi saat kehamilan, pendarahan, infeksi dan persalinan macet. Sedangkan, unsur yang tidak langsung adalah ibu hamil yang terkena penyakit menular seperti HIV AIDS, TBC, dan Hipertensi. “Ibu hamil harus ada yang mendampingi supaya anak dan ibunya bisa selamat,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, dr. Sri Nurhayati mengatakan, warga sekitar memiliki peran yang penting untuk kerjasama dengan petugas kesehatan sebagai upaya minimalisir kematian AKI dan AKB. “Warga cukup membantu pola hidupnya agar terjaga. Jika menemukan kesulitan maka panggil petugas kesehatan terdekat,” ujarnya.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Tekan AKI/AKB, Pemkab Serang Bentuk Tim Khusus

PEMERINTAHAN

137 dibaca
Permudah Koordinasi, Ombudsman Banten Kunjungi Pemkab Serang
224 dibaca
Pemkot Bengkulu dan Pemkab Serang MoU Program Keagamaan

POLITIK

249 dibaca
Siap Menangkan Tatu-Pandji, Barata Fokus Perkuat Akar Rumput
134 dibaca
FSKP Baros Bantah Dukung Nasrul-Eki di Pilkada Kabupaten Serang
190 dibaca
Relawan Baret Sebut Tatu-Pandji Terbukti, Tak Mau Coba-coba

HUKUM & KRIMINAL

278 dibaca
Polda Banten Gagalkan Penyelundupan 150 Kg Ganja di Tol Tangerang-Merak
365 dibaca
Duh, Bocah 13 Tahun di Pontang Dicabuli Ayah Tirinya

PERISTIWA

331 dibaca
Simulasi, Polisi Tangani Gangguan Pilkada Kabupaten Serang
2414 dibaca
Ustadz di Pontang Meninggal Dunia Saat Menyembelih Hewan Kurban

EKONOMI & BISNIS

182 dibaca
Shopee Ikut Serta dalam ASEAN Online Sale Day 2020
216 dibaca
Atasi Kelangkaan LPG Melon, Pertamina Gerak Cepat
Top