Jumat, 26 April 2019

Tatu: Program Pengentasan Kemiskinan dan Pengangguran Masih Prioritas

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah (Foto Qomat)
Senin, 29 Jan 2018 | 22:20 WIB - Serang Pemerintahan

lBC, Serang - Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menegaskan, bahwa program yang dibuat Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) agar sesuai dengan prioritas pembangunan dan menjadi solusi Masyarakat Kabupaten Serang.

Mengngat, Kabupaten Serang sudah mendapatkan penghargaan Sistem Akuntibilitas Aparatur Kinerja Istansi Pemerintah (SAKIP) dari Menteri PAN-RB  dengan predikat BB, sehingga bisa mempertahankan prestasi tersebut bisa melalui program yang efektif dan tepat sasaran. Hal itu dikatakan Tatu Chasanah usai mengikuti forum konsultasi publik awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) di Aula TB Suandi pada Senin, 29 Januari 2018.

Tatu menjelaskan, sebagai wujud proses perencanaan partisipatif maka dalam proses perencanaannya penyusunan RKPD kabupaten Serang melibatkan partisipasi aktif seluruh pelaku pembangunan (stakeholders), yang diwujudkan dalam pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) guna menjaring aspirasi sebagai masukan dalam merumuskan prioritas pembangunan.

“Skala prioritas pada program ini adalah pengentasan kemiskinan, pengangguran, kesehatan dan pendidikan sehingga peningkatan IPM menjadi tujuan dari program tersebut,” katanya.

Ia mengharapkan, konsultasi publik bisa menyusun rencana kerja tahun 2019 secara terukur, efektif dan fokus pada program prioritas Kabupaten Serang yang dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di Kabupaten Serang.

“Melalui konsultasi publik ini, saya mengajak seluruh perangkat daerah untuk dapat mendiskusikan tema pembangunan dan sasaran pembangunan tersebut agar lebih terarah dan fokus terhadap pencapaian target pembangunan dalam dokumen RPJMD Kabupaten Serang tahun 2016-2021 dengan memperhatikan capaian pembangunan tahun 2017,” paparnya.

Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Serang, Mukhsinin mengatakan, Kementrian harus tegas dalam menunjuk kepala bagian dalam menunjuk pegawai harus sesuai skill di bidangnya agar kinerja bisa dioptimalkan.

“Jika pekerjaan tidak dilakukan oleh ahlinya maka bencana ujungnya. Jadi kepala lembaga manapun jika tidak sesuai dengan skill lebih baik mengundurkan diri atau minta dipindahkan,” ungkapnya.

Ia juga menyadari bahwa anggaran Pemkab Serang setiap tahunnya terbatas. Sedangkan kebutuhan pembangunan meningkat dengan perkembangan penduduk ekonomi masyarakat, sehingga menekankan seluruh perangkat daerah dalam  penyusunan rencana kerja tahun 2019 menghindari kegiatan yang tidak berkaitan dengan pencapaian kinerja utama OPD.

“Tingkatkan efisiensi dan efektifitas dalam penyusunan rencana kerja 2019, sehingga kita dapat memanfaatkan anggaran yang sangat terbatas ini secara optimal,” ujarnya.[Qomat]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Tatu: Program Pengentasan Kemiskinan dan Pengangguran Masih Prioritas

BERITA TERKAIT

PEMERINTAHAN

202 dibaca
Tatu Optimis Pemkab Serang Raih WTP Tanpa Catatan dari BPK RI
6828 dibaca
Soal Tiga Guru Dilantik jadi Pejabat, Gubernur WH: Apa, Apa?
5969 dibaca
Guru Diangkat jadi Pejabat, Ombudsman Sebut Melanggar SE MenPAN- RB

POLITIK

21747 dibaca
Akui Kalah di Banten, Ketua TKD Salahkan Masyarakat dan Kyai Ma'ruf
224 dibaca
Tunggu Hasil Resmi KPU, Andika: Kita Jaga Kondusifitas
201 dibaca
Gubernur Tunggu Rekomendasi KASN Soal Tiga ASN Dukung Calon DPD RI

HUKUM & KRIMINAL

194 dibaca
Polisi Tembak Dua Tersangka Perampok Spesialis Mini Market
125 dibaca
Dua Ribu Gram Sabu dari Jaringan Internasional Dimusnahkan
181 dibaca
Polda Selidiki Pemalsuan 80 SPBJ Palsu di Tangerang

PERISTIWA

1252 dibaca
Pertemuan Gubernur Banten dengan HMI Serang Tuai Kritikan
262 dibaca
Satu Petugas KPPS Meninggal Dunia, Bupati Serang Berduka
269 dibaca
Ricuh Saat Demo Gubernur, HMI Lapor ke Propam Polda Banten

EKONOMI & BISNIS

64 dibaca
Layani Pensiunan, Bank Banten Jalin Kemitraan dengan BPR Baturaja
186 dibaca
Bank Banten Dukung Layanan Samsat Nasional Modern Channel
Top