Selasa, 19 November 2019

Tatu Ingatkan Para Camat Ajak Masyarakat Membayar Zakat

[Foto InilahBanten]
Jumat, 08 Nov 2019 | 22:53 WIB - Serang Mozaik Islami

lBC, Serang – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengingatkan kepada para camat di 29 kecamatan untuk mengajak masyarakat membayar Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS). Baik melalui Unit Pelayanan Zakat (UPZ) di Setiap kecamatan atau Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Serang.

“Masyarakat muslim Provinsi Banten di Kabupaten Serang di Indonesia harusnya tidak ada lagi yang miskin kalau kita sudah secara benar menjalankan zakat, baik zakat mal, sodaqoh dan lain sebagainya. Nah ini introspeksi kita karena itu diperintahkan,”ujar Tatu.

Hal itu dikatakan Tatu dalam sambutannya pada Acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tingkat Kabupaten Serang yang bertemakan “Meneladani akhlaq dan kepemimpinan Rasulullah SAW sebagai pondasi bekerja, serta memperkuat persatuan kebersamaan umat menuju pembangunan yang berkelanjutan” bertempat di Alun-alun Kecamatan Mancak pada Jum’at, 8 November 2019.

Bahkan, sambungnya, meski Baznas Kabupaten Serang sudah dibentuk namun belum optimal dalam perolehan zakatnya. Sebagian besar, sebut Tatu, zakat yang dihimpun dari jajajan PNS Kabupaten Serang. Infak sebagian besar juga dari jajaran PNS Kabupaten Serang.

“Jadi dari kecamatan-kecamatan pak camat agar masyarakatnya di imbau di ajak masyarakatnya. Karena menurut ulama zakat itu bukan diminta, zakat itu diambil jadi setengah dipaksa karena membantu kita selaku umat membersihkan rezeki yang kita peroleh,”katanya.

Imbauan ini, lanjutnya, merupakan kewajibanya dirinya sebagai kepala daerah di Kabupaten Serang untuk mengingatkan kepada masyarakat. Tatu mengkhawatirkan, jika tidak diingatkan akan menjadi beban dirinya menampung dosa. “Saya khawatir jangan-jangan kesalahan di masyarakat karena saya tidak mengingatkan menjadi bagian juga dosa saya, dan itu yang saya takuti,”ucapnya.

Oleh sebab itu, untuk menggugurkan kewajiban dirinya selaku kepala daerah selalu mengingatkan kepada masyarakat. Dirinya selalu meminta di ingatkan oleh para alim ulama bila ada yang salah mohon diluruskan dan di ingatkan. Karena bagaimana pun dengan tingginya posisi seseorang semakin sungkan orang untuk mengingatkan.

“Jadi Saya berharap dengan keberadaan kebersamaan ulama dan umaro jajaran pemerintah daerah untuk saling mengingatkan. Tujuan kita sama jajaran pemda, masyarakat dan semua umat muslim berharap selamat dunia akhirat. Kami jajaran pemda bertugas untuk mengurus semua masyarakat guna mencapai kemakmuran,”ungkap Tatu.

Hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa, Ketua DPRD Kabupaten Serang, Bahrul Ulum, para kepala OPD (organisasi perangkat daerah), para camat, para alim ulama, unsur muspida dan muspika, serta ribuan masyarakat.

Usai sambutan, dan mendengarkan tausiyah Tatu yang mengenakan baju gamis dipadu kerudung berwarna coklat seperti biasa memberikan waktu kepada msyarakat untuk berswafoto. Usai swafoto dan berbincang bersama jajaran pemda, Tatu melanjutkan meninjau Masjid At Ta’awun dan menunaikan ibadah sholat ashar yang berjarak sekitar satu kilo dari lokasi acara.[Ars] 

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Tatu Ingatkan Para Camat Ajak Masyarakat Membayar Zakat

PEMERINTAHAN

108 dibaca
DPMD Kabupaten Serang Bentuk BUMDes, Ekonomi Masyarakat Meningkat
142 dibaca
Diskominfosatik Kabupaten Serang Akan Sosialisasikan Wali Data

POLITIK

282 dibaca
Hanya Ingin Dampingi Tatu, Pandji Daftar ke Gerindra
185 dibaca
Tatu Ajak Demokrat Tuntaskan Pembangunan Kabupaten Serang

HUKUM & KRIMINAL

153 dibaca
Buruh Pabrik Bawa Satu Paket Sabu
154 dibaca
Ringkus Tiga Pelaku Curanmor, Polisi Temukan 24 Paket Sabu

PERISTIWA

198 dibaca
Pasca Bom Bunuh Diri di Medan, Polres Serang Perketat Pemeriksaan
215 dibaca
Kebakaran di Pasar Baros, 300 Kios Ludes Terbakar

EKONOMI & BISNIS

41 dibaca
PUPR Putuskan Uang Muka Rumah Bersubsidi Cuman 1 Persen
138 dibaca
BUMD Pemkab Serang Kelola Pelabuhan Swasta 
Top