Selasa, 29 September 2020

Tatu: Ibu Madrasah Pertama bagi Putra dan Putrinya

(Foto:Aden Hasanudin/InilahBanten)
Senin, 07 Mei 2018 | 13:58 WIB - Serang Pendidikan

IBC, Serang - Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah mengatakan, belajar atau membaca buku sangatlah penting dengan didampingi orangtua. Sebutnya, orangtua juga harus membangun kedekatan dengan putra-putrinya.

"Tentunya akan sangat mudah bagi orangtua untuk mendidik mereka. Tidak perlu suara keras kalau sudah ada hubungan emosional yang baik," kata dia dia usai Launching Gerakan Ibu Membaca Buku, di Pendopo Bupati Serang, Kota Serang pada Senin, 7 Mei 2018.

"Di Agama kita juga disebutkan bahwa Ibu itu madrasah pertama bagi putra putrinya," terang dia. Kemudian, sambungnya, orangtua harus terlibat terhadap pembelajaran anak-anak di rumah.

Menurutnya, dari hasil survey yang ada di Indonesia, bahwa anak-anak lebih tertarik nonton televisi dibanding membaca buku. "Ini PR untuk kita. Padahal buku ini jendela dunia. Mereka bisa membaca dan bisa tahu segalanya," tandasnya.

Sementata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang, Asep Nugrahajaya mengimbau kepada orangtua untuk meluangkan waktunya mendampingi anak-anaknya membaca buku sepuluh menit per hari.

"Pelibatan pendidikan keluarga ini bahwa dalam bentuk rill bagaimana lebih mendekatkan anak dengan orangtuanya dalam bentuk membaca buku," katanya. 

Sehingga, kata dia, tidak ada lagi alasan terkendala potensi kepribadiannya. Gerakan membaca buku ini, kata dia, akan ditindaklanjuti dengan penguatan melalui lembaga pendidikan. Baik pendidikan Paud, SD dan SMP ada keterkaitan antara program yang dilaksanakan sekolah dengan orangtua.

"Minat baca ini harus lebih dikuatkan lagi dengan cara melibatkan masyarakat terutama orangtua. Seperti membaca buku cerita," ungkapnya.

​​​​

Reporter: Aden Hasanudin
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Tatu: Ibu Madrasah Pertama bagi Putra dan Putrinya

PEMERINTAHAN

76 dibaca
Rakor, Pjs Bupati Serang Fokus Penanganan Covid-19
176 dibaca
Wagub Andika Lantik Pjs Bupati Serang dan Pandeglang

POLITIK

24 dibaca
Uji Publik DPS, KPU Kabupaten Serang Pastikan DPT Bakal Bertambah
305 dibaca
Dapat Nomor Urut 1, Tatu-Pandji Siap Tuntaskan Pembangunan
201 dibaca
Terapkan Prokes Covid, KPU Tetapkan Nomor Urut Paslon Bupati dan Wabup Serang

HUKUM & KRIMINAL

177 dibaca
Polres Serang Ringkus Dua Pelaku Penggelapan Ribuan Sepatu Ekspor
95 dibaca
Dua Gadis ABG Digilir Tujuh Pemuda

PERISTIWA

277 dibaca
Curi Kotak Amal, TSP jadi Bulan-bulanan Warga
448 dibaca
Razia Prokes, Gugus Tugas Kabupaten Serang Sanksi Puluhan Pelanggar

EKONOMI & BISNIS

136 dibaca
Dukung Ketahanan Pangan, Polda Banten PT. IP Budidaya Ikan
Top