Kamis, 13 Juni 2024

Target Tuntas Desember, Bupati Serang Optimalisasi Vaksinasi Massal

Kamis, 02 Sept 2021 | 20:48 WIB - Serang Peristiwa

lBC, Serang - Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah memastikan stok dosis vaksin untuk masyarakat masih tersedia dan terus didistribusikan. Hal tersebut ditegaskan Tatu saat meninjau vaksinasi massal Covid-19 di aula Universitas Faletehan, Kecamatan Kramatwatu pada Kamis, 2 September 2021.

Tatu menjelaskan, vaksinasi massal atau Gebyar Vaksinasi digelar di tiga lokasi. Yakni Universitas Faletehan, Kecamatan Petir, dan Kecamatan Anyar. “Gebyar vaksinasi sebelumnya dilakukan di Kawasan Industri Modern Cikande dan sejumlah puskesmas,” ujarnya.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, sasaran warga yang divaksin sebanyak 1.259.754 warga atau 70 persen dari jumlah warga Kabupaten Serang. Terdiri atas 3.456 tenaga kesehatan, 58.784 petugas pelayanan publik, 87.618 lanjut usia (lansia), 942.946 masyarakat rentan dan umum, dan 166.950 anak remaja.

“Kami mempercepat proses vaksinasi supaya menciptakan Herd Community (kekebalan kelompok terhadap infeksi virus) kepada masyarakat. Vaksinasi massal ini untuk mengejar target vaksinasi, karena kita harus mengejar banyak, data yang saya dapat kita sudah 30,58 persen," ujarnya.

Pemkab Serang berupaya bersinergi dengan berbagai stakeholder untuk mempercepat capaian target vaksinasi. Selain melibatkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), juga bekerjasama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang didalamnya ada TNI-Polri, dan kejaksaan. “Supaya, target vaksinasi segera tercapai. Tenaga kesehatan fokus untuk pemberian vaksin saja, soal data dan yang lainnya kita libatkan OPD," ujarnya.

Menurut Tatu, saat ini antusias masyarakat untuk mengikuti vaksin cukup tinggi. Di Universitas Faletehan, disediakan kuota vaksin sebanyak 1.500 orang. Namun, warga yang datang lebih dari 2.000 orang. "Tapi kita sudah siapkan itu, jadi yang hadir tidak pulang kecewa karena tidak bisa di vaksin. Kita targetkan 31 Desember ini sudah selesai semua, tinggal konsistensinya saja," katanya.

Turut mendampingi Tatu, Rektor Universitas Faletehan Andiko Nugraha Kusuma, Asda 1 Nanang Supriatna, Kepala Bappeda, Rachmat Maulana, Direktur Utama RSDP Rahmat Setiadi, Kepala Dinkes Agus Sukmayadi, dan Plt Sekretaris Diskominfosatik Hartono.  

Kepala Dinkes Agus Sukmayadi menambahkan, sebanyak 12 dokter disiapkan untuk melakukan vaksinasi di Universitas Faletehan. Berasal dari Dinkes, puskesmas, Rumah Sakit dr Dradjat Prawiranegara (RSDP), dan bantuan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Serang.

"Setiap dokter didampingi dua perawat untuk skrining. Jadi awal itu pendaftaran, skrining kemudian vaksinasi dan observasi serta menerima surat keterangan vaksin secara manual, sebelum mendapatkan melalui SMS,” ujar Agus.[Ars]

Redaktur: Guntur Muzijat
Bagikan:

KOMENTAR

Target Tuntas Desember, Bupati Serang Optimalisasi Vaksinasi Massal
hclh

INILAH SERANG

734 dibaca
Lakalantas Dua Truk di Tol Tangerang-Merak, Satu Meninggal Dunia
1301 dibaca
Idul Adha, Ribuan Warga Banten Dapat Bantuan dari Dompet Dhuafa

HUKUM & KRIMINAL

778 dibaca
Mensos Juliari Jadi Tersangka, Jokowi: Saya Tidak akan Lindungi yang Korupsi
1349 dibaca
Rugikan APBDes Ratusan Juta, Mantan Kades di Kecamatan Ciruas Ditahan

POLITIK

216 dibaca
Ulama dan Umaro se Kabupaten Serang Gelar Istighosah Jelang Pemilu 2024

PENDIDIKAN

317 dibaca
Pemprov Banten Ajak Anak Yatim dan Dhuafa Baca dan Berwisata
Top