Selasa, 23 April 2024

Tangisan Warnai Pertemuan Tatu dengan Mahasiswa Penerima Beasiswa UI

[Foto Istimewa]
Selasa, 01 Okt 2019 | 22:07 WIB - Pendidikan

lBC, Depok - Tangis haru serta rasa bahagia mewarnai pertemuan antara Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dengan 13 mahasiswa penerima beasiswa Universitas Indonesia (UI). Tangisan merupakan ekspresi para mahasiswa atas keberuntungannya bisa melanjutkan pendidikan diploma tiga (D-3) yang dibiayai oleh Pemkab Serang.

Pelukan erat Bupati Serang diberikan kepada para mahasiswa yang tidak kuasa menahan tangis layaknya seorang anak kepada sang ibu. "Harus semangat belajar. Semangat kuliah, dan buktikan bahwa anak-anak Ibu, generasi Kabupaten Serang bisa berprestasi di UI," kata Tatu memberikan pesan kepada para mahasiswa di Kampus UI, Depok, Jawa Barat pada Selasa, 1 Oktober 2019.

Kedatangan Tatu ke UI sekaligus dalam rangka penandatangan perjanjian kerja sama antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang dengan Direktur Program Pendidikan Vokasi UI. Di sela-sela penandatanganan, berulangkali Tatu memberikan motivasi kemudian berinteraksi serta diskusi dengan para mahasiswa di Taman Vokasi UI.

Tatu menjelaskan, Pemkab Serang memberikan kesempatan kepada siswa yang tidak mampu secara ekonomi, namun berprestasi untuk mendapatkan beasiswa vokasi UI. "Sumber daya manusia di Kabupaten Serang cukup berkualitas. Jadi, bagi mahasiswa yang terkendala biaya, Kami berikan beasiswa,” tuturnya.

Diketahui, penerima beasiswa Pemkab Serang yang kuliah di UI juga diberikan biaya hidup per tahun. Sehingga, tidak ada alasan mahasiswa yang putus kuliah di tengah jalan dengan alasan biaya hidup.

Bahkan kebutuhan sehari-hari para mahasiswa, dibantu oleh Baznas Kabupaten Serang. “Kami jamin keberlangsungan kuliah penerima beasiswa sampai lulus,” tegas Tatu.

Pemkab Serang juga sudah menyediakan beasiswa untuk 1.650 siswa sekolah dasar (SD) dengan anggaran Rp 1,65 miliar dan 2.452 siswa sekolah menengah pertama (SMP) dengan anggaran Rp 1,71 miliar.

Untuk tingkat perguruan tinggi, terdapat beasiswa vokasi D-1 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) untuk 44 mahasiswa dengan anggaran Rp 352 juta, vokasi D-3 UI untuk 13 mahasiswa dengan anggaran Rp 461,5 juta, pendidikan sarjana kedokteran Untirta untuk 7 mahasiswa dengan anggaran Rp 1,02 miliar.

Terakhir beasiswa sarjana untuk 351 guru PAUD dengan anggaran Rp 1,75 miliar. "Setelah lulus nanti, saya minta seluruh penerima beasiswa bisa mengabdikan diri untuk masyarakat Kabupaten Serang. Hidup bermanfaat untuk sesama kita,"ujarnya.

Sementara itu, Direktur Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, Profesor Sigit Pranowo Hadiwardoyo menyatakan, pelajar penerima beasiswa dari Pemkab Serang harus memanfaatkan program tersebut secara maksimal. Sebab, rangkaian tes yang sudah diikuti membutuhkan usaha yang tidak mudah.

"Dari 8.000 calon mahasiswa, yang kita terima hanya 900 pelajar, diantaranya dari Kabupaten Serang. Oleh karena itu, jangan sampai menghilangkan kesempatan yang baik ini," pesan Sigit kepada para mahasiswa.

Ia pun mengapresiasi Pemkab Serang yang memberikan program positif berupa belajar secara gratis di UI selama tiga tahun untuk warga Kabupaten Serang. "Tentu kami akan membantu melaksanakan program prioritas Bupati Serang dengan maksimal, salam peningkatan indeks pembangunan manusia di Kabupaten Serang," ujarnya.

Reporter: Didi Rosadi
Redaktur: Didi Rosadi
Bagikan:

KOMENTAR

Tangisan Warnai Pertemuan Tatu dengan Mahasiswa Penerima Beasiswa UI
aulmummc zf

INILAH SERANG

812 dibaca
Ekonomi Lemah, Pesan Bupati Serang Jangan Patah Semangat

HUKUM & KRIMINAL

2761 dibaca
Bongkar Mafia Tanah, Polisi Tahan Oknum Kades Silebu Kragilan

POLITIK

928 dibaca
44 Relawan Konsolidasi Siap Menangkan Tatu - Pandji
Top