Kamis, 15 April 2021

Tanda-Tanda Taubat Nasuha menurut Para Ulama

Ilustrasi/Net]
Senin, 18 Jan 2021 | 07:34 WIB - Mozaik Islami

PARA ulama berselisih pendapat tentang taubat nasuha yang dapat menghapus keburukan dan menggantinya dengan kebajikan. Sebagian menyatakan, yaitu seseorang yang bertaubat lalu tidak kembali berbuat dosa, seperti susu yang tidak kembali pada putingnya.

Sebagian menyatakan, taubat yang di dalamnya terkumpul empat hal, yaitu mengucapkan istighfar dengan lisan, meninggalkan maksiat dengan badan, menyatakan tidak akan kembali dalam perbuatan dosa dengan hati, meninggalkan teman yang buruk.

Pendapat lain menyatakan bahwa taubat yang terdapat tiga tanda, yaitu sedikit makan, sedikit bicara, dan sedikit tidur. Juga ada yang menyatakan, taubat yang tanda-tandanya adalah melawan hawa nafsu, banyak menangis, dan berjuang menghadapi lapar dan haus.

Riwayat yang menyebutkan tentang taubat banyak sekali, di antaranya riwayat Al-Ashbahaniy, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,

"Jika seorang hamba bertaubat dari dosa-dosanya maka Allah lupakan malaikat pencatat amal dosa-dosa hamba tersebut, anggota tubuhnya, serta tempat bermaksiat, hingga menjumpai Allah di Hari Kiamat. Tidak ada saksi dari Allah atas perbuatan dosanya."

Dikisahkan bahwa terdapat seorang pemuda bani Israil yang beribadah kepada Allah Ta'ala selama 20 tahun, lalu bermaksiat selama 20 tahun. Kemudian ia melihat dirinya di kaca, ternyata terdapat uban di jenggotnya, sehingga hal itu membuat hatinya gelisah, lalu berkata,

"Ya Tuhanku, aku telah taat kepada-Mu selama 20 tahun dan aku telah bermaksiat kepada-Mu selama 20 tahun, apakah jika aku kembali kepada-Mu, Engkau akan menerimaku?"

Terdengarlah seruan yang mengatakan, "Kamu mencintai Kami maka Kami mencintaimu. Kamu tinggalkan Kami maka Kami meninggalkanmu. Kamu bermaksiat kepada Kami maka Kami beri tenggat waktu kepadamu, dan bila kamu kembali kepada Kami maka Kami akan menerimamu." [mozaik.inilah.com]

Bagikan:

LAINNYA

Tips Berhubungan Badan di Bulan Ramadan
Selasa, 13 Apr 2021 | 20:34 WIB
Tips Berhubungan Badan di Bulan Ramadan
Wanita-wanita yang Membuat Resah Bidadari
Senin, 12 Apr 2021 | 00:03 WIB
Wanita-wanita yang Membuat Resah Bidadari
Allah Sangat Dekat: Yakinlah, Jangan Resah-Gelisah
Minggu, 11 Apr 2021 | 23:59 WIB
Allah Sangat Dekat: Yakinlah, Jangan Resah-Gelisah

KOMENTAR

Tanda-Tanda Taubat Nasuha menurut Para Ulama
pa aef

INILAH SERANG

60 dibaca
Beli Sabu Patungan, Dua Sekawan Dicokok Polres Serang
121 dibaca
Supporter Bola dan Club Motor Sepakat Jaga KondusivitasRamadhan

HUKUM & KRIMINAL

60 dibaca
Beli Sabu Patungan, Dua Sekawan Dicokok Polres Serang
119 dibaca
Lagi, Polres Serang Ringkus Penjual Obat Tramadol dan Hexymer

POLITIK

201 dibaca
Antisipasi Kerawanan Pilkades, Pemkab Serang Lakukan Pemetaan
755 dibaca
Ngopi Bareng Kapolres, Apdesi dan DPMD Bahas Pilkades Aman, Damai dan Sehat

PENDIDIKAN

420 dibaca
Mendikbud: Sekolah Diperbolehkan Belajar Tatap Muka Terbatas
544 dibaca
Pemkab Serang Akan Tingkatkan Penerima dan Insentif Guru Paud
Top