Kamis, 13 Juni 2024

Tahun Ketiga, Dompet Dhuafa Kembali Sebar 3.000 Paket Lebaran

Relawan Dompet Dhuafa Banten saat memebrikan p[aket sembako kepada warga miskin pada Senin, 19 Juni 2017. (Foto Istimewa)
Senin, 19 Jun 2017 | 21:42 WIB - Serang

lB, Serang - Menyambut hari raya Idul Fitri 1438 Hijriyah, Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa (DD) Banten kembali menggulirkan program yang sudah diunggulkan setiap tahunnya, Berbagi Nikmat Lebaran.

Dengan tagline “Berbagi Bahagia di Hari Raya” tahun ini DD menargerkan menyebar sekitar 3.000 paket sembako sehat untuk masyarakat kurang mampu di wilayah rawan gizi, rawan bencana, marginal, dan pelosok.

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Banten, Abdurrahman Usman mengatakan, inspirasi digulirkannya program ini adalah pengalaman para amil Dompet Dhuafa yang menyalurkan titipan zakat fitrah ke pelosok daerah di Banten empat tahun lalu.

“Kala itu kami harus mendistribusikan zakat fitrah donatur ke salah satu desa di Cinangka, namun dari sana kami membawa cerita yang sungguh mengiris hari. Saat kami datang mengetuk pintu rumah masyarakat dhuafa, kami menemukan seorang anak kecil yang menangis di pangkuan ibunya yang tengah sibuk mencacah daun pepaya untuk persiapan hidangan Lebaran,” kata Usman melalui keterangan tertulisnya pada Snein, 19 Juni 2017.

Dengan semangat ingin berbagi kebahagiaan saat mencicipi lezatnya hidangan Lebaran, kata Usman, Dompet Dhuafa akhirnya membentuk program Berbagi Nikmat Lebaran dengan membagikan paket berisi sembako sehat seperti beras organik non pestisida, minyak goreng, gula pasir, terigu, susu, sarden, garam, kecap, dan kue Lebaran untuk masyarakat prasejahtera.

“Kini, tiga tahun sudah program Berbagi Nikmat Lebaran dijalankan, dari 1.300 paket di tahun 2014, bertambah menjadi 1.500 paket di tahun 2015, serta 2.000 paket untuk tahun 2016. Bertambahnya jumlah paket sembako seiring dengan bertambahnya orang-orang baik yang berderma sehingga penghimpunan juga meningkat,” tambah Usman.

Senyum semringah terpancar dari wajah-wajah masyarakat dhuafa yang seperti ‘kaget’ menerima kedatangan relawan Dompet Dhuafa membagikan sembako langsung ke depan pintu rumah mereka. Seperti, Amsiyah, warga Kampung Dahu, Cinangka, Kabupaten Serang yang menyambut salam relawan dari  bilik rumahnya, Senin 19 Juni 2017.

“Terima kasih… ibu kayak mimpi dikasih sembako semahal ini. Alhamdulillah, ya Allah… Hatur nuhun…,” ujarnya dengan wajah berseri.

Dalam meratakan penyaluran paket sembako ini, Dompet Dhuafa kembali menggandeng ratusan relawan dan komunitas yang siap mendistribusikan paket hingga ke wilayah pelosok Banten.

“Relawan-relawan kita sudah mulai begerak membagikan sembako ke wilayah-wilayah kantong kemiskinan. Dua hari ini sudah disebarkan di Cinangka, Padarincang, Munjul, dan hingga H-2 Lebaran nanti tim juga akan bergerak ke wilayah Banten Selatan seperti wilayah Rangkasbitung, Bojong, Citeureup, dan Baduy Luar,” pungkas Usman.

Usman mengajak partisipasi masyarakat Banten untuk ikut berbagi melalui program ini. “Mari kita raih berkahnya berbagi bersama saudara-saudara kita. Masyarakat Banten dapat menunaikan sedekahnya di kantor kami yang buka setiap hari, di konter-konter DD yang ada di pusat perbelanjaan, juga bisa via transfer ke rekening Dompet Dhuafa,” pungkasnya. (*)

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Tahun Ketiga, Dompet Dhuafa Kembali Sebar 3.000 Paket Lebaran
hclh

INILAH SERANG

74 dibaca
Program Balung Anak, Disdukcapil Kabupaten Serang-RS Tonggak Husada Teken PKS
1299 dibaca
Diam-diam, Ratu Tatu Rutin Minta Nasihat Ulama

HUKUM & KRIMINAL

1572 dibaca
Lakukan Pelecehan Seksual, Kepala SDN 3 Cigemblong Terancam Dipecat
1572 dibaca
Belum Terungkap, Orator Tuding Polisi Lamban Tangani Kasus Ayu Oktaviani

POLITIK

3156 dibaca
Pilkades Serentak 2019, Calon Kades dari Luar Desa Pemicu Konflik

PENDIDIKAN

1855 dibaca
Aktivis Kota Serang Soroti Kinerja OPD
Top