Minggu, 26 Mei 2024

Taat kepada Allah dan Rasul-Nya Lebih Baik Untukmu

(foto ilustrasi)
Minggu, 01 Apr 2018 | 22:31 WIB - Mozaik Islami

USAMAH bin Zaid, sebagaimana tertuang dalam kisah Fathimah binti Qais. Dikisahkan, bahwa suaminya menalaknya tiga kali, sedangkan Rasulullah tidak menetapkan keberhakannya untuk mendapat tempat tinggal dan nafkah. Ia berkata, "Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda kepadaku, Jika kamu telah halal (selesai masa iddah), maka beritahukan kepadaku.'" Lalu, ia memberitahu beliau (ketika masa iddahnya telah selesai).

Kemudian, Muawiyah maju melamarnya, juga Abu Jahm, dan Usamah bin Zaid. Rasululah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Adapun Muawiyah, ia seorang fakir dan Abu Jahm mudah memukul wanita. (Menikahlah) dengan Usamah bin Zaid." Fathimah berkata dengan tangannya yang bergerak-gerak demikian, "Taat kepada Allah dan taat kepada Rasul-Nya adalah lebih baik bagimu." Fathimah berkata, "Maka aku pun menikah dengannya dan aku menjadi gembira."

Pemuda yang lain adalah Umar bin Abi Salamah yang lahir dua tahun sebelum hijrah. Ia menikah selagi Nabi shallallahu alaihi wa sallam masih hidup dan ia telah bermimpi basah, lalu ia bertanya tentang hukum ciuman bagi orang yang sedang berpuasa.

Selanjutnya adalah Abdullah bin Abi Hadrad. Ia bercerita tentang diri pribadinya, bahwa ia menikah dengan seorang perempuan. Ia datang menemui Rasulullah untuk meminta bantuan terkait mahar si perempuan. Beliau bertanya, "Berapa banyak kamu memberinya mahar?" Ia menjawab, "Dua ratus dirham." Lalu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mengirimnya dalam sebuah ekspedisi perang dan ia berhasil mendapat rampasan perang sejumlah mahar yang ia inginkan."

[Sumber: Biografi Generasi Muda Sahabat Nabi shallallahu alaihi wa sallam, Muhammad bin Abdullah ad-Duwaisy, Zam-Zam/lnilah]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Taat kepada Allah dan Rasul-Nya Lebih Baik Untukmu

BERITA TERKAIT

INILAH SERANG

1679 dibaca
Ribuan Anak-anak Banten Titip Salam Cinta untuk Rohingya
777 dibaca
Tim Monev Mabes Polri Tinjau Posko PPKM di Cikande

HUKUM & KRIMINAL

513 dibaca
Resmob Polres Pandeglang Amankan 23 Unit Motor Hasil Kejahatan
2700 dibaca
Warga Cilegon Mengaku Malu Wali Kotannya Ditangkap KPK

POLITIK

512 dibaca
Andika Hazrumy Masuk Daftar 20 Politisi Muda Terpopuler
2365 dibaca
PKS Usung Tatu-Pandji di Pilkada Kabupaten Serang

PENDIDIKAN

1342 dibaca
Wagub Serahkan Penghargaan Sekolah Adiwiyata kepada 69 Sekolah
392 dibaca
Rakor Bunda Paud se-Provinsi Banten Bahas Bahas Transisi Siswa
Top