Sabtu, 25 Mei 2024

Subadri Ajak OPD Komitmen Jadikan Serang Kota Layak Anak

[Foto: InilahBanten]
Selasa, 08 Okt 2019 | 19:39 WIB - Serang

lBC, Serang – Pemerintah Kota (Pemkot) Serang saat ini sudah mencapai tingkat pertama dalam penilaian Kota Layak Anak (KLA) dengan meraih sebanyak 500 poin. Masih dibutuhkan sekira 100 poin untuk mencapai KLA tingkat Madya dengan poin sebanyak 680.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Walikota Kota Serang, Subadri Ushuluddin, usai membuka kegiatan Advokasi dan Evaluasi Pengembangan Kota Layak Anak di Kota Serang 2019, di salah satu rumah makan di Kota Serang pada Selasa, 8 Oktober 2019. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bappeda Nanang Saefudin, Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Provinsi Banten Uut Lutfi, dan perwakilan dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkot Serang.

Subadri meminta, agar kegiatan tersebut tidak hanya sekedar seremonial saja. Ia menekankan agar OPD terkait dapat berkomitmen mewujudkan Kota Serang sebagai Kota Layak Anak Tipe Madya.

“Maka dari itu, untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan sinergitas antar OPD di lingkungan Pemkot Serang, hal itu juga dilakukan untuk membangun sebuah kebersamaan, karena hal tersebut tidak bisa dilakukan oleh satu atau dua OPD saja,” ujarnya kepada wartawan.

Dia mengatakan, untuk mencapai 680 poin tersebut hanya dibutuhkan beberapa pembangunan lagi. Seperti pembangunan fasilitas jembatan penyebrangan orang (JPO), taman-taman, hingga Puskesmas ramah anak. Beberapa taman yang akan dibangun diantaranya, taman duduluran yang terletak di Ciceri, taman lansia dan taman layak anak di stadion Kota Serang.

“Upaya tersebut dilakukan agar hak-hak anak dapat terpenuhi,  dan terlindungi,” katanya.

Subadri mengaku bahwa sebenarnya ini tidak sulit, pasti dapat dikaksanakan. Hanya saja, yang namanya mau membangun salah satu kota, kata dia, tidak semudah membalikan telapak tangan. Harus ada kebersamaan dari beberapa pihak, baik Pemkot Serang dan pihak-pihak yang lain.

"Karena tidak bisa salah satu OPD yang menciptakan KLA itu. Maka, diharuskan ada kebersamaan dari beberapa OPD,"tegasnya.

Untuk mendukung program tersebut agar terwujud, pihaknya juga melaksanakan Musrenbang Kota Layak Anak. Sementara itu, terkait kebutuhan anggaran, Subadri mengaku memiliki keterbatasan dari Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) Kota Serang. Maka dari itu, pihaknya akan terus membangun sinergi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten dan Pemerintah Pusat hingga pihak lainnya, sehingga mendapat bantuan untuk pembangunan KLA.

"Untuk mewujudkan hal itu, Kota Serang harus benar-benar jemput bola. Supaya program-program kota layak anak tercapai, melibatkan melibatkan swasta terutama kan salah satu perusahaan di kota Serang diharapkan CSR nya mau untuk mengalokasikan ke program lain," tandasnya.[Lik/Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Subadri Ajak OPD Komitmen Jadikan Serang Kota Layak Anak

INILAH SERANG

2986 dibaca
Sidak Pelayanan PPDB Online, Andika Warning Dindikbud dan DKISP Banten
1973 dibaca
KPU Kabupaten Serang Verfak Pengurus Partai Politik

HUKUM & KRIMINAL

2526 dibaca
Miliki Catatan Kriminalitas, Dua Perampok Asal Malaysia Tak Bisa Dibawa ke Indon...
1526 dibaca
Kapolres Serang Kota Bakal Proses Pelaku Persekusi

POLITIK

1850 dibaca
Pilkada Kota Serang 2018, Ini Pesan Jaman untuk Subadri
1454 dibaca
Pemkab Serang Soroti Pilkades Serentak di Dua Kecamatan

PENDIDIKAN

1487 dibaca
Besok, Jokowi Umumkan Perpres Pendidikan Karakter
1417 dibaca
PAUD Membentuk Sikap, Mental dan Perilaku Anak
Top