Selasa, 21 Januari 2020

Suami Boleh Ceraikan Istri Bila tak Mau Berjilbab

[foto ilustrasi]
Kamis, 16 Jan 2020 | 18:00 WIB - Mozaik Islami

PERTANYAAN itu beberapa kali disampaikan kepada Syeikh Prod DR Yusuf Qaradhawi. Dia menjawabnya sebagai berikut:

Adalah pakaian untuk wanita Muslim untuk mengenakan jilbab (yaitu, pakaian seluruh tubuh, tangan, dan kaki menurut beberapa mazhab fiqih) Hal ini secara bulat disetujui di kalangan ulama Muslim yang tidak halal untuk wanita Muslim untuk setiap bagian dari wajah dan tangan (dan kaki menurut beberapa mazhab fiqih).

Karena itu, haram bagi perempuan untuk membuka rambutnya, atau lengan, atau dada atau kaki untuk laki-laki non-mahram. Mengenakan pakaian yang diungkapkan bagian tubuh seorang wanita benar-benar dikeluarkan agama.

Seorang suami Muslim berkewajiban menasihati diminta untuk mengenakan jilbab. Allah Subhanahu wa Taala berfirman, "Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah untuk apa yang diperintahkan-Nya untuk mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. "(At-Tahrim: 6)

Allah Subhanahu wa Taala juga berfirman: "Dan perintahkanlah kepada keluargamu untuk mengatur salat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kami lah yang memberi rezeki kepadamu. Dan lakukan itu untuk orang yang bertakwa." (Thaha: 132)

Seorang Muslimah harus mengganti suami mereka dan mengenakan jilbab. Jika seorang wanita tidak setuju, dalam hal ini haruslah diambil keputusan tentang masalah ini pada mereka.

Ketika seorang wanita Muslim meminta seorang wanita yang tidak mengenakan jilbab, ia harus menyetujui bahwa ia harus memakainya segera setelah mereka menikah. [Sebagai contoh,] dia bisa mengatakan setuju, "Saya adalah seorang Muslim yang disetujui. Aku takut Allah Subhanahu wa Taala. Saya tidak ingin tidak memenangkan Dia Yang Maha Tinggi. Yang saya inginkan adalah untuk menyenangkan-Nya. Karena itu, saya tidak bisa Menerima istri saya menjadi mutabarrajah (perempuan yang tabarruj) atau menampilkan pesonanya di depan umum tanpa mengkomunikasikannya untuk membahas Islam yang benar. "

Dengan memperjelas sikapnya dalam hal itu dari awal, tunangannya akan diminta untuk mengenakan jilbab segera setelah mereka menikah.

Diperlukan sebagai wanita Muslim pada prinsipnya wajib memakai jilbab, karena Allah Subhanahu wa Taala telah mewajibkannya untuk melaksanakan. Suaminya yang menerima dia untuk memakainya adalah sesuatu yang disetujui oleh itu.

Seorang pria mungkin menikahi seorang wanita yang tidak mengenakan jilbab sebelum menikah, tanpa berdiskusi akan cenderung mengenakan jilbab, karena dia (suami) belum menjadi pengikut yang kuat dari ajaran Islam. Kemudian, kompilasi Allah Subhanahu wa Taala membimbingnya ke jalan yang benar, ia ingin berbicara untuk bertobat bersama dia dan memakai jilbab. Jika istri ragu-ragu dalam hal itu, ia berusaha lembut lagi dan lagi sampai ia bisa memastikannya, sehingga ia mendapat hidayah ke jalan yang benar juga.

Namun, jika istri tidak taat kepada-Nya dan dia telah kehilangan semua harapan meyakinkan dia memakai jilbab, ia harus, lebih menantang, menceraikannya jika mereka masih di masa kehidupan perkawinan mereka (dan belum memiliki anak). Kehidupannya tidak akan tenteram antara suami yang teguh dalam iman dan seorang istri yang tidak taat kepada-Nya dan tidak peduli untuk menaati Allah Subhanahu wa Taala.

Juga, jika seorang suami mungkin kembali ke jalan yang benar setelah ia telah tinggal dengan istri yang tidak percaya atas pakaian yang tepat untuk wanita selama diperoleh-tahun dan telah menghasilkan anak-anak darinya.

Jika suami mulai ingin dia memakai jilbab, suami berusaha meyakinkan dirinya dengan masalah tentang ini. Namun, jika dia berhasil tidak mengenakan jilbab, ia tidak menceraikannya sehingga keluarga mereka tidak hancur. Senang, ia harus bersabar dan mencoba lagi dan lagi untuk menantikaninya. Wallahu alam bish shawab. [lnilah]

Bagikan:

LAINNYA

Solusi Supaya Doa Cepat Dikabulkan Allah
Senin, 20 Jan 2020 | 21:17 WIB
Solusi Supaya Doa Cepat Dikabulkan Allah
Semua Menangis di Hari Kiamat ditolak 3 Hal Ini
Minggu, 19 Jan 2020 | 13:06 WIB
Semua Menangis di Hari Kiamat ditolak 3 Hal Ini
Seorang Muslim Lebih Bernilai Dibandingkan Dunia
Sabtu, 18 Jan 2020 | 14:28 WIB
Seorang Muslim Lebih Bernilai Dibandingkan Dunia
Subhanallah, Kita Lelah Saja Disukai Oleh Allah
Sabtu, 18 Jan 2020 | 00:24 WIB
Subhanallah, Kita Lelah Saja Disukai Oleh Allah

KOMENTAR

Suami Boleh Ceraikan Istri Bila tak Mau Berjilbab
x.ackd

PEMERINTAHAN

232 dibaca
Bupati Serang: APBD Rp 3 Triliun Adalah Amanah Rakyat
326 dibaca
Lantik 277 Pejabat, Bupati Serang Minta Pemerintah Kecamatan Siaga Bencana

POLITIK

281 dibaca
Buka Pendaftaran Calon PPK, KPU Pastikan Tak Ada TitipanĀ 
484 dibaca
KPU Kabupaten Serang Buka Pendaftaran Calon Anggota PPK

HUKUM & KRIMINAL

139 dibaca
Resmob Polda Banten Ringkus Pelaku Curanmor dan Penadah

PERISTIWA

228 dibaca
Banjir, Ratusan Rumah di Kecamatan Kasemen Terendam

EKONOMI & BISNIS

206 dibaca
Andika: Banten Siap Dukung Kebijakan Strategis OJK
Top