Sabtu, 16 Januari 2021

Suami Beriman Dilarang Membenci Istrinya

[foto istimewa]
Selasa, 30 Okt 2018 | 07:12 WIB - Mozaik Islami

Wasiat isis riwayat al Bukhari dan Muslim, Rasulullah Shallallahualaihi wasalam melarang laki-laki yang bepergian dalam waktu yang lama. Hal itu karena dikhawatir laki-laki itu akan menghasilkan berbagai kekurangan dan cela opera.

Dan barangsiapa mencari-cari aib saudara sesama muslim, Allah akan mencari-cari aibnya. Barangsiapa dicari aibnya oleh Allah, niscaya Allah akan membongkarnya dengan dia di ruang tersembunyi dalam rumah.

Dan ingatlah sabda Rasulullah shalallahualaihi wasalam,

"Janganlah seorang suami yang beriman dari emosi yang beriman. Jika dia tidak satu akhlak darinya, dia pasti meridai akhlak lain darinya." (HR Muslim)

"dan orang-orang yang menuduh istri mereka berzina, padahal mereka tidak memiliki kata-kata dari diri mereka sendiri, kemudian kesaksian satu orang dari mereka adalah bersumpah empat kalli dengan nama Allah yang berlaku untuk orang orang yang benar (dalam tuduhannya) dan kelima kali (Ia mengakui) bahwa laknat Allah akan menimpa dirinya jika ia tergolong orang orang yang berdusta. " (QS An-Nuur: 6-7)

Ayat tersebut memberi ketentuan untuk melindungi istri dari hukuman suami. Karena itu dapat diakses dan harga diri istri. Oleh karena itu, perlu dilakukan menyusun agar suami tidak sembarangan menuduh si istri berzina tanpa bukti yang dipertanggung jawabkan menurut syariat Islam.

Dari Muawiyah Al-Qusrayiri, ia mengatakan: "Saya tidak pernah datang ke Rasulullah." Ia berkata lagi: "Saya bertanya: Ya Rasulullah, apa saja yang Anda per pesanan (untuk kami perbuat) terhadap istri-istri kami?" Ia bersabda: janganlah kamu memukul dan janganlah kamu menjelek-jelekan mereka '. " (HR Abu Dawud)

Rasulullah melarang para suami menjelek jelekan atau merendahkan martabat istri. Suami dilarang menggunakan kata yang bernada merendahkan dan menghina martabat istri baik di hadapannya maupun dihadapan orang lain. Apakah istri dari keluarga yang lebih rendah status ekonominya dibandingkan dirinya.

Hendaknya seorang suami bersabar dan berlindung dari kekurangan yang ada pada telinga, juga istri tidak melaksanakan kewajibannya dangan benar. Rasulullah shalallahualaihi wasalam bersabda,

"Bersikap baiklah kepada para istri. Karena mereka tercipta dari tulang rusuk. Dan tulang rusuk yang paling bengkok adalah bagian atas. Jika Anda ingin meluruskannya niscaya kamu akan mematahkannya. Dan jika Anda membiarkannya maka akan tetap bengkok. Maka selamatlah baik kepada para istri. " (Muttafaqunalaih)

Hadits ini memiliki Pelajaran yang sangat agung, sempurna; meluruskan bengkoknya istri harus dengan lembut tidak tidak tembahkannya, namun juga tidak dibiarkan saja, karena jika dibiarkan, dia tetap bengkok. Apalagi jika bengkoknya itu bisa menjalar menjadi kemaksiatan atau kemunkaran.

Usahakan berkomunikasi dengan lembut dan penuh kesabaran pada suami. Biasanya, masalah banyak muncul karena masalah komunikasi. [Ustazah Dra.Indra Asih/lnilah]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

LAINNYA

Nabi Minta Lampu Dimatikan Ketika Tidur, Ada Apa?
Kamis, 14 Jan 2021 | 23:01 WIB
Nabi Minta Lampu Dimatikan Ketika Tidur, Ada Apa?
Pasangan Suami Istri Ahli Surga
Kamis, 14 Jan 2021 | 22:56 WIB
Pasangan Suami Istri Ahli Surga
Inilah Sepuluh Keutamaan Hari Jumat
Kamis, 14 Jan 2021 | 21:05 WIB
Inilah Sepuluh Keutamaan Hari Jumat
Amalan Supaya Terhindari dari Bahaya
Kamis, 14 Jan 2021 | 09:06 WIB
Amalan Supaya Terhindari dari Bahaya

KOMENTAR

Suami Beriman Dilarang Membenci Istrinya

INILAH BANTEN

72 dibaca
HPN 2021 SMSI Sumbang Jalan dan Sarana Sanitasi
194 dibaca
Kapolda: Jadilah Polisi yang Empati, Mengayomi dan Dekat Dengan Rakyat

INILAH SERANG

45 dibaca
Bupati Tatu Beberkan Reaksi Pasca Divaksin
108 dibaca
Lakalantas Dua Truk di Tol Tangerang-Merak, Satu Meninggal Dunia

HUKUM & KRIMINAL

120 dibaca
Jokowi Minta Aparat Tindaklanjuti Temuan Komnas HAM soal FPI
922 dibaca
Sejumlah Pejabat Polres Serang Dimutasi dan Promosi, Ini Daftarnya

POLITIK

123 dibaca
Partisipasi Masyarakat di Pilkades Diprediksi Tinggi
360 dibaca
Kapan Pelantikan Bupati-Wabup Serang Terpilih, Ini Penjelasan Ketua KPU

PENDIDIKAN

103 dibaca
Nadiem Makarim Bicara Korban Sriwijaya Air
241 dibaca
Tenaga Pengajar Berstatus ASN di Pandeglang Masih Minim
Top