Selasa, 23 Juli 2019

Sterilkan Sel Tahanan, Satgas Rutan Gelar Sidak

Puluhan Warga Binaan dan Huniannya di periksa petugas. (Foto-Ist)
Jumat, 03 Nov 2017 | 07:14 WIB - Lebak Hukum & Kriminal

IBC, Lebak - Satuan tugas Keamanan dan Ketertiban (Satgas Kamtib) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Rangkasbitung,   menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak) penggeledahan Kamar Hunian dan Fisik Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), yang berlangsung  Rabu 1-November-2017.

Pada sidak tersebut Satgas Kamtib berhasil mengamankan barang-barang seperti Sendok stainles, barang pecah belah, korek gas, gunting dan uang tunai dalam jumlah kecil. Namun dalam operasi tersebut petugas tidak menemukan penghuni yang menyimpan atau menggunakan narkoba dan handphone.

Kepala Rutan Rangkasbitung, Aliandra Harahap mengatakan bahwa kegiatan Sidak oleh satgas ini merupakan kegiatan Rutin yang dilakukan Satgas   Rutan Rangkasbitung untuk memastikan lingkungan Rutan Rangkasbitung aman dan nyaman.

“Sidak ini adalah program yang akan rutin dan insidentil kita laksanakan, tujuanya memastikan lingkungan Rutan nyaman dan bebas dari barang-barang terlarang sesuai peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 6 Tahun 2013 tentang Tata Tertib Lapas dan Rutan”.Ujar Aliandra, Kamis malam 2-November-2017.

Sebelumnya, Karutan menguraikan bahwa didalam Rutan tidak boleh ada barang-barang yang dilarang tesebut, untuk itu Satgas Kamtib yang beranggotakan petugas terbaik Rutan Rangkasbitung menggelar sidak guna memastikan keinginan pimpinannya tersebut terealisasi. 

 Aliandra pun   memberikan kewenangan dan tanggung jawab kepada Satgas Kamtib dalam menjaga keamanan dan ketertiban, termasuk memastikan sterilisasi zona Rutan Rangkasbitung.

“Satgas bersifat independen, lakukan tugas sesuai perintah dan kewenangan, Siapapun yang melakukan pelanggaran tata tertib tindak tegas, berikan sanksi yang tegas. Kami tidak akan melindunginya, baik petugas maupun WBP,” tambah Karutan asal medan ini.

Senada dengan Karutan, Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (Ka.KPR), Adi Santo, mengatakan,  ia dan jajarannya siap mengemban dan melaksanakan perintah dari pimpinan.

“Demi terjaganya lingkungan rutan yang aman, nyaman dan steril kita akan terus giat dalam menggelar sidak tersebut, sidak bisa kapan saja, pokoknya kita semua siap memastikan lingkungan Rutan aman dan tertib,” tegasnya.
 

Reporter: Fahdi Khalid
Redaktur: Akew
Bagikan:

KOMENTAR

Sterilkan Sel Tahanan, Satgas Rutan Gelar Sidak

PEMERINTAHAN

628 dibaca
Silpa APBD Kabupaten Serang TA 2018 Capai Rp403 Miliar
1848 dibaca
Dinilai Sukses, Bupati Minsel Belajar Kelola BUMD ke Bupati Serang
1709 dibaca
Pemkab Serang Terapkan Sistem Berbasis Elektronik

POLITIK

824 dibaca
Tak Penuhi Kuorum, Paripurna DPRD Kabupaten Serang Batal Digelar
1871 dibaca
Pilkada Serentak 2020, Golkar Banten Prioritaskan Usung Kader
1777 dibaca
Eks Relawan Sebut Kepemimpinan WH–Andika Bergaya Otoriter

HUKUM & KRIMINAL

2344 dibaca
Orang Tua Kades di Kecamatan Ciruas Dibacok
1399 dibaca
Tiga Pelaku Curas Biasa Aksi di Wilayah KP3B Diringkus
1447 dibaca
Miliki Catatan Kriminalitas, Dua Perampok Asal Malaysia Tak Bisa Dibawa ke Indonesia

PERISTIWA

1817 dibaca
Bupati Serang: TMMD Bangkitkan Budaya Gotong Royong di Masyarakat 
1958 dibaca
Diduga Terlibat Jual Aset Negara, Kejari Didesak Usut Walikota Serang
1734 dibaca
Peringati HANI 2019, Bupati Serang Canangkan Program Bersih dan Aman

EKONOMI & BISNIS

373 dibaca
Soal Pasir Laut, Bupati Tatu Minta Kajian Tim Ahli Dipublikasikan
536 dibaca
Inilah Gadis di Balik Uang Digital Facebook
Top