Senin, 16 Mei 2022

Stabilitasi Harga, Pemkab Serang Optimis Serap 42 Ribu Ton Gabah

Kamis, 09 Mar 2017 | 18:27 WIB - Serang Ekonomi & Bisnis

lBAN, Serang—Kementrian Pertanian (Kementan) menargetkan setidaknya minimal 4 juta ton gabah petani setara beras terserap selama 6 bulan pada tahun 2017. Dari target tersebut dibebankan kepada 300 pemerintah kabupaten se Indonesia salah satunya Kabupaten Serang.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui Dinas Pertanin (Distan) sendiri ditarget dapat memenuhi target serapan gabah petani sebanyak 42 ribu ton untuk disalurkan ke Bulog Sub Divre Serang selama 2017. Hal itu diungkapkan Kepala Seksi (Kasi) Tanaman Pangan pada Distan Kabupaten Serang, Zaldi Dhuhana.

“Kabupaten Serang kebagian membantu Bulog Sub Divre Serang sebanyak 42 ribu ton gabah petani selama setahun. Pada Maret sampai April di Kabupaten Serang panen seluas 37 hektare setara 200 ribu ton gabah petani,”ungkapnya kepada lnilahBanten saat ditemui di kantornya pada Kamis, 9 Maret 2017.

Untuk memenuhi target tersebut, sambung Zaldi Dhuhana, pada Jum’at, 10 Maret besok akan ada pertemuan rapat koordinasi teknis serapan gabah petani yang ada di Kabupaten Serang. Rapat tersebut yang di adakan oleh Kodim 0602/Serang.

“Jadi rakor teknis itu menghadirkan pihak Bulog, Dinas Ketahanan Pangan kabupaten dan kota, Dinas Pertanian Kabupaten dan Kota Serang, serta menghadirkan seluruh penyuluh pertanian dan Kepala UPT BPP disetiap kecamatan,” terangnya.

Lanjut Zaldi Dhuhana, rapat koordinasi teknis itu tujuannya adalah untuk menyukseskan target penyerapan gabah sebanyak 42 ribu ton. Target itu merupakan kesepakatan antara Komandan Korem (Danrem) 064/MY Serang, Dinas Pertanian Kabupaten Serang dan Kepala Bulog Sub Divre Serang.

“Jad, kita berharap dengan adanya rapat koordinasi teknis target penyerapan gabah para petani sampai Desember itu sesuai dengan kesepakatan sebanyak 42 ribu ton itu bisa terserap. Tujuannya untuk menstabilitasi harga gabah serta meningkatkan cadangan pangan di gudang bulog,” jelas Zaldi Dhuhana.

Diketahui, Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menargetkan setidaknya minimal 4 juta ton gabah petani setara beras terserap selama 6 bulan. "Target kita minimal 4 juta ton dalam waktu 6 bulan. Itu adalah isi dari Perpres arahan Presiden," kata Mentan Amran.

Harga gabah turun karena produksinya melimpah dan anjlok akibat banyaknya kandungan air di gabah. Untuk itu, Amran meminta Bulog untuk menyerap gabah ditingkat petani dengan harga sesuai HPP (Harga Pembelian Pemerintah) Rp 3.700/kg.

Amran menuturkan untuk mencapai target tersebut, Kementan menargetkan serap gabah petani pada periode Maret hingga Agustus 2017 sebanyak 8,6 juta ton atau 5,46 juta ton setara beras.

Untuk mempercepat serapan gabah ini ia akan meningkatkan kerja Tim Serap Gabah Petani (TIM SERGAB) untuk menyerap gabah petani. Nantinya Bulog akan menyerap kadar air gabah hingga 25% seharga Rp 3.700/kg.

"Kadar air 25% Gabah Kering Panen (GKP) tetap dibeli dengan harga Rp 3.700/kg dan fleksibilitas pembelian gabah hingga 20% di atas harga pembelian pemerintah (HPP) GKP Rp 3.700/kg," ungkapnya seperti dikutip detikcom.

Selain itu, Kementan juga bermitra dengan swasta untuk menggunakan dryer atau pengering gabah dan pergudangan jika ada yang kurang.

Amran menyebut dalam upaya percepatan serapan gabah ini, Kementan pun akan mengoptimalkan kerjasama dengan 187.000 unit penggilingan, mengoptimalkan 50.000 Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) bersama Babinsa/TNI untuk SERGAB.

Ia menargetkan serapan gabah 4 juta ton setara beras, dapat diserap 70% hingga 3 bulan ke depan. Nantinya penyerapan gabah ini akan dilaporkan setiap hari oleh kepala divisi regional (divre) dan subdivre Bulog disusun dan dievaluasi capaiannya setiap hari.

"Kemudian, Kementan akan terus melakukan evaluasi kinerja SERGAB mingguan bagi Kasubdirve Bulog, bulanan bagi Kadivre Bulog dan tiga bulanan bagi direksi Bulog," pintanya.

Reporter: Arif Soleh
Redaktur: Mahesa Rizal
Bagikan:

KOMENTAR

Stabilitasi Harga, Pemkab Serang Optimis Serap 42 Ribu Ton Gabah

BERITA TERKAIT

pemda

INILAH SERANG

147 dibaca
Polres Serang Tangkap Pengedar Pil Koplo saat Tunggu Pelanggan
335 dibaca
Bawa Kambing, Pengemudi dan Penumpang Mobil Nyaris Diamuk Massa
244 dibaca
Pemprov Banten Siapkan Strategi Penanganan Stunting dan Gizi Buruk

HUKUM & KRIMINAL

147 dibaca
Polres Serang Tangkap Pengedar Pil Koplo saat Tunggu Pelanggan
335 dibaca
Bawa Kambing, Pengemudi dan Penumpang Mobil Nyaris Diamuk Massa
992 dibaca
Resmob Polres Serang Ringkus 4 Bandit Kurang dari 24 Jam Usai Terima Laporan Perampasan

POLITIK

242 dibaca
Golkar Banten Sambut Bahagia Koalisi Indonesia Bersatu
1435 dibaca
Instruksikan Pemenangan Airlangga, Andika Keliling ke DPD Golkar Kabupaten dan Kota di Ban...
1256 dibaca
Bakesbangpol Pastikan Tak Ada Ormas Radikal di Kabupaten Serang
Top