Selasa, 23 April 2024

Soal Koalisi 'Rumah Kita', Ini Kata Pimpinan Tiga Partai

Tiga partai lakukan koalisi rumah kita pada Pilwako Serang. (Foto-abdul rahman ahdori/inilahbanten)
Rabu, 06 Sept 2017 | 16:37 WIB - Serang Politik

IBC, Serang-Tiga Pimpinan Partai Politik (Parpol) yang tergabung dalam koalisi 'Rumah Kita' memberikan pernyataan mengenai keseriusannya mengusung Bakal Calon Wali Kota Serang Periode 2018-2023, Ranta Soeharta di Pilkada Kota Serang 2018. Partai tersebut adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Nasional Demokrat (NasDem). Pernyataan para fungsionaris partai tersebut dilakukan dengan melakukan pertemuan di Salah satu Rumah Makan di Jl Bhayangkara Cipocok Jaya Kota Serang, Rabu 6-September-2017.

PKS disampaikan langsung oleh Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW), Miptahudin, sementara Partai Hanura diwakili Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Provinsi Banten, Rano Alfath dan DPW NasDem Banten disampaikan Sekrtaris DPW, Aries Alawi. Hadir juga Ketua DPD PKS Kota Serang, Hasan Basri dan puluhan relawan 'Rumah Kita'. Pada pertemuan itu juga tiga Partai menyatakan untuk berkoalisi di Pilkada Kota Serang 2018.

Ketua DPW PKS Provinsi Banten, Miptahudin, mengatakan Kota Serang sebagai Ibu Kota Provinsi Banten perlu pembenahan serius. Sebab, simbol Provinsi Banten adalah Kota Serang. Menurutnya, atas dasar tersebut maka PKS berkeyakinan perlu ada perubahan sehingga, untuk melakukan perubahan itu maka membutuhkan sosok yang memiliki kapasitas yang mampu menyelesaikan segala persoalan di Kota Serang.

"Kita perlu figur yang punya kapasitas yang mampu menyelesaikan persoalan. Apa yang menjadi sorotan kita, yang punya minat jadi Wali Kota kan banyak, lalu kita berdialog dengan mereka seperti apa visinya. Di DPW dan di DPD Kota sudah melakukan pengkajian mendalam. Calon cuma ada satu dari PKS yaitu Ranta Soeharta, kami akan sampaikan persoalan ini ke DPP untuk di rekomendasikan," kata Miptahudin kepada awak media.

Ia menuturkan, NasDem dan Hanura yang juga hadir pada kesempatan itu secara otomatis bagian dari koalisinya dan mengusung satu nama Ranta Soeharta. Mengenai calon internal dari PKS, ujar dia, pihaknya akan mengupayakan agar bisa direkomendasikan sebagai Bakal Calon Wakil Wali Kota mendampingi Ranta yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten itu.

"PKS NasDem dan Hanura punya  10 kursi. Jadi sudah bisa mengusung calon," tuturnya.

Ia menegaskan setelah pertemuan itu sesegera mungkin dilakukan deklarasi dukungan. Ia pun masih membuka diri bagi partai lain untik bergabung di koalisi bentukannya itu.

"Setelah koalisi ini kita deklarasikan. Bakal calon di sampaikan ke DPP masing masing terlebih dahulu. Kita godog calon wakilnya juga, tapi saya berharap juga mungkin ada beberapa partimbangan memiliki semangat dan satu visi dengan kita," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD Hanura Banten, Rano Alfath, mengatakan sebelum menyatakan bergabung di koalisi 'Rumah Kita' pihaknya sudah melakukan tahapan penjaringan yang prosesnya lumayan panjang. Ada 12 Bakal Calon yang mendaftar ke partainya, sehingga karena Kota Serang berbeda dengan Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang yang hanya memiliki satu calon. Maka pihaknya akan melakukan survei terlebih dahulu di Oktober mendatang.

"Tetapi kembali lagi, DPC dan DPD hanya merekomendasikan ke DPP, karena siapapun yg bakal di rekomendasikan nanti. Kami tidak punya kewenangan itu, itu point pertama. Kedua DPP memberikan kewenangan ke kami untuk koalisi dengan sejumlah partai. Kami dengan PKS dan NasDem yang tujuannya sama yaitu membenahi Kota Serang," katanya.

Ia menegaskan, meski arah koalisi bisa berubah, setidaknya kehadiran dirinya pada pertemuan itu minimal memberikan titik terang siapa yang bakal di rekomendasikan Hanura Banten.

"Tapi siapapun yang bakal diusung itu kewenangnya DPP. Kehadiran kami disini minimal dapat gambaran siapa nanti yg akan di rekomendasikan. Gambaran kehadiran ini adalah bagian koalisi dari PKS dan NasDem," tuturnya.

Kemudian, Sekretaris DPW NasDem Provinsi Banten, Aries Alawi, berkilah jika tugas agenda politik semua wilayah adanya di level provinsi. Menurutnya, meski mekanisme kewenangannya ada di DPP, dirinya bisa meyakinkan rekomendasi DPW bakal direstui.

"Rekomendasi jelas dan tegas tidak ragu lagi. Saya pertegas  rekomendasi direstui. Rencana Senin kita kirim ke DPP, dalam konteks koalisi inilah kita bangun,  kita butuh Serang sebagi Ibu kota seperti kota lain, harus ada perubahan," ucapnya.

Ia mengungkapkan, kehadiran tiga partai pada agenda tersebut adalah bukti bahwa NasDem, Hanura dan PKS sudah bulat untuk berkoalisi.

"Hari ini anda saksikan kami bertiga sudah kumpul, ngopi bareng, makan bareng. Yang jelas Pak Ranta baik Hanura PKS dan NasDem merekomendasikan ke Pusat, setelah rekomendasi keluar kita akan agenda deklarasi bersama,"katanya.

Reporter: Abdul Rahman Ahdori
Redaktur: Akew
Bagikan:

KOMENTAR

Soal Koalisi 'Rumah Kita', Ini Kata Pimpinan Tiga Partai

BERITA TERKAIT

aulmummc zf

INILAH SERANG

625 dibaca
Gubernur Banten Targetkan Indikator Makro Ekonomi 2022 Sebesar 5,6%

HUKUM & KRIMINAL

262 dibaca
Personil Reskrim Polsek Carenang Ringkus Gembong Curanmor

POLITIK

1910 dibaca
Di Kabupaten Serang, Hitung Suara Manual WH-Andika Unggul 55,28 persen
Top